Home » Blog » 5 Jenis Minyak Kelapa, Kenali Perbedaan dan Kegunaannya

5 Jenis Minyak Kelapa, Kenali Perbedaan dan Kegunaannya

Sahabat sehat, kita tahu bahwa manfaat minyak kelapa dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam. Minyak kelapa bermanfaat untuk menambah kelezatan masakan, untuk kesehatan kulit dan rambut, hingga dijadikan suplemen kesehatan.

Sahabat sehat, selain mengetahui manfaat minyak kelapa, kita juga perlu tahu jenis minyak kelapa. Dengan mengetahui jenis minyak ini, tentu kita bisa lebih tepat dalam penggunaannya. 

Yuk, Sahabat sehat, simak 4 jenis minyak kelapa berikut ini!

1. Minyak Kelapa Industri / Crude Coconut Oil

Minyak kelapa industri dikenal juga dengan minyak kelapa kopra. Minyak kelapa jenis ini diolah dari kelapa kopra, dengan proses  RBC (refining, bleaching and deodorizing). Kopra dicacah sebelum diperah minyaknya. Minyak kelapa industri dimanfaatkan untuk bahan baku minyak goreng, biodesel, mentega, kosmetik, sabun dan pakan ternak. 

2. Minyak Kelapa Kelentik

Minyak kelapa kelentik adalah minyak kelapa yang diolah secara tradisional dengan cara basah. Minyak kelapa kelentik biasa dibuat oleh para petani kelapa atau ibu rumah tangga. Cara membuatnya, dengan memasak santan kelapa, hingga minyaknya terpisah dari blondo atau karamel. Warna minyak kelapa kelentik biasanya kuning kecokelatan. 

Minyak kelapa kelentik biasa digunakan untuk pemakaian bagian luar tubuh, seperti kulit dan rambut. Minyak jenis ini juga dijadikan sebagai minyak urut tradisional.

3.  Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) 

Virgin coconut oli disebut juga minyak kelapa murni. Virgin coconut oil diolah dari ekstak buah kelapa pilihan, agar mendapatkan hasil minyak terbaik. Virgin coconut oil diolah dengan teknik pemanasan terkendali atau bahkan tanpa pemanasan sama sekali, bisa juga diolah dari proses fermentasi. Dengan proses pembuatan tersebut, senyawa esensial seperti kandungan lemak tak jenuh dan vitamin tetap terjaga utuh. 

Dalam virgin coconut oil terkandung asam laurat yang berguna sebagai antiobiotik alami, anti-bakteri dan anti-jamur. Virgin coconut oil memiliki kadar asam lemak bebas yang sangat rendah dibanding jenis minyak kelapa industri atau minyak kelapa kelentik. 

4. Minyak Kelapa Organik Ekstra (Extra Virgin Coconut Oil)

Jenis minyak kelapa extra virgin coconut oil adalah salah satu jenis minyak kelapa kualitas terbaik.Extra virgin coconut oil mengandung MCT (Medium Chain Triglycerides) yaitu jenis asam lemak yang baik untuk tubuh.  Extra virgin coconut oil memiliki rasa yang cenderung tawar, sedang virgin coconut oil masih punya sedikit rasa khas kelapa. 

Extra virgin coconut oil banyak digunakan dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Extra virgin coconut oil bisa digunakan sebagai pelengkap makanan sehat dan juga aman untuk diminum langsung dalam takaran yang cukup. 

5. Fractionated Coconut Oil

Fractionated coconut oil adalah jenis minyak kelapa  yang dibuat dari kelapa dengan proses fraksionasi. Fraksionasi adalah memisahkan berbagai jenis lemak secara alami. Fractionated coconut oil tidak mempunyai bau atau rasa kelapa. Harga fractionated coconut oil relatif lebih mahal dari jenis minyak kelapa lainnya. 

Fractionated coconut oil termasuk jenis minyak kelapa yang sangat aman dikonsumsi dengan cara meminum langsung. Rasanya hampir mirip dengan air jadi tidak terlalu mengganggu ketika tertelan. Jenis minyak kelapa ini biasa digunakan dalam bidang kesehatan sebagai suplemen kesehatan. 

Itulah 5 jenis minyak kelapa yang dapat Sahabat sehat temui di pasaran. Sahabat sehat bisa memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan. Hampir semua jenis minyak kelapa sebenarnya bisa digunakan untuk memasak, hanya saja kualitas minyak kelapa akan berpengaruh pada hasil masakan. 

Sahabat sehat bisa memilih jenis minyak kelapa dengan label coconut cooking oil untuk mendapat hasil masakan terbaik. Sedangkan untuk pelengkap makanan seperti saus salad, campuran jus dan sup, bisa menggunakan virgin coconut oil atau extra virgin coconut oil. 

Referensi: Kompas, Klikdokter

Gambar oleh moho01 dari Pixabay