Home » Blog » 6 Manfaat Minyak Kelapa Alami untuk Kecantikan

6 Manfaat Minyak Kelapa Alami untuk Kecantikan

manfaat minyak kelapa alami

Manfaat minyak kelapa untuk keperluan memasak maupun kesehatan telah cukup populer. Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) telah marak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan Sebagian besar orang awam percaya akan manfaat komponen yang satu ini yaitu bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Virgin coconut oil tak hanya menjadi alternatif untuk memasak pengganti minyak kelapa sawit tapi dapat diminum langsung, tambahan smoothies dan olahan berbagai dessert yang pasti tetap bisa dinikmati manfaat sehatnya dengan mengombinasikan dengan bahan-bahan lain yang juga sama sehatnya seperti tepung organik maupun gula aren organik.

Namun, para ahli nutrisi masih memperdebatkannya. Pasalnya, minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Tahukah Sahabat Sehat bahwa minyak kelapa juga dapat bermanfaat untuk kecantikan? Simak beberapa manfaat kelapa alami di bawah ini yuk!

 

1. Pelembap Wajah Alami

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembap yang baik untuk kaki, tangan, dan siku Anda. Minyak ini juga dapat digunakan untuk pelembap wajah bagi Anda yang memiliki tipe kulit yang kering. Tuangkan beberapa tetes VCO, usapkan ke wajah dan leher sambil melakukan pijatan ringan.

2. Rambut Berkilau

Mengoleskan minyak kelapa ke rambut akan membuatnya lebih berkilau dan terlindungi dari kerusakan. Sebab, minyak ini dinilai dapat menyerap ke kulit kepala dan lebih baik dari jenis minyak dari mineral.

Meski begitu, manfaat minyak kelapa ini sepertinya tidak berlaku untuk semua jenis rambut. Jika Anda ingin mencoba, tentu tidak ada salahnya.  Setelah keramas, keringkan rambut dengan handuk. Kemudian, oleskan minyak kelapa ke batang rambut. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas kembali.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

minyak kelapa sering dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat minyak kelapa yang satu ini dipercaya datang dari komponen khas bernama MCT. Komponen tersebut dinilai akan membuat lemak yang ada di dalam minyak kelapa, langsung diolah menjadi energi dan tidak menumpuk terlalu lama di tubuh.

4. Antibakteri yang Baik untuk Tubuh

Virgin coconut oil atau VCO memiliki sifat antibakteri. Sehingga, minyak jenis ini bisa digunakan untuk memerangi infeksi di tubuh. Selain itu, minyak kelapa mengandung asam lauric yang dapat membunuh bakteri, virus dan jamur.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Minyak kelapa terbukti bisa mempercepat penyembuhan luka, karena dapat meningkatkan produksi kolagen dan menghambat terjadinya peradangan di kulit. Sahabat Sehat dapat mencoba dengan mengoleskan minyak kelapa pada luka gores yang tidak parah dan menutup lukanya dengan perban.

Namun, berhati-hatilah dalam menggunakannya dan pastikan bahan maupun alat yang Anda gunakan benar-benar sudah steril, untuk menghindari infeksi.

6. Mencegah Bau Mulut

Bau mulut pasti bikin tak nyaman dan kurang percaya diri, kan? Nah, ternyata berkumur dengan minyak kelapa dapat mencegah bau mulut dan meredakan gusi meradang. Campurlah air dengan 1 sdm minyak kelapa. Lalu, berkumurlah selama 5 menit.

Nah, sudah tahu kan beberapa manfaat minyak kelapa tak hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan. Untuk mendukung #SehatSekarang -mu, SESA ingin merekomendasikan minyak kelapa yang bisa Sahabat Sehat beli di sesa.id! Ada beragam merk mulai dari Javara, MD, dan Minyak Kelapa Murni Organik dari SESA!

Photo by Dana Tentis from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.