Home » Blog » 4 Cara Menggunakan Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil untuk Mendapatkan Segudang Manfaatnya

4 Cara Menggunakan Minyak Zaitun Extra Virgin Olive Oil untuk Mendapatkan Segudang Manfaatnya

cara menggunakan minyak zaitun extra virgin olive oil

Extra Virgin Olive Oil menyimpan banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh, kulit hingga rambut. Kandungan dalam Extra virgin olive oil yang utama adalah antioksidan, vitamin E dan K.

Selain itu, extra virgin olive oil mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan organ tubuh. Beberapa manfaat dari extra virgin olive oil jika dikonsumsi adalah melancarkan metabolisme, menyehatkan saluran pencernaan, menjaga kesehatan jantung, menjaga imun tubuh. 

Kita perlu tahu, cara menggunakan minyak zaitun extra virgin olive oil untuk mendapatkan segudang manfaatnya. Inilah 4 cara menggunakan minyak zaitun extra virgin olive oil yang Sahabat sehat perlu tahu!

Kebutuhan Masak

1. Diminum Langsung

Minyak zaitun extra virgin olive oil punya aroma yang khas buah zaitun, aromanya tetap terasa setelah diminum. Rasa minyak zaitun extra virgin olive oil agak pedas. Cara menggunakan minyak zaitun extra virgin olive oil untuk kesehatan tubuh dengan cara meminumnya langsung.

Extra virgin olive oil jenis minyak zaitun yang paling aman dikonsumsi. Takaran extra virgin olive oil yang aman untuk tubuh adalah 1-2 sendok makan per hari. Extra virgin olive oil bisa dikonsumsi pagi sebelum sarapan atau malam hari menjelang tidur. 

2. Memasak

Aneka masakan bisa dikreasikan dengan menambahkan extra virgin olive oil. Selain menambah cita rasa khas dari minyak zaitun, aneka olahan makanan semakin sehat dan kaya nutrisi. Extra virgin olive oil bisa diolah dalam aneka masakan, seperti berikut ini: 

  • Menumis

Extra virgin olive oil adalah jenis minyak sayur yang cocok untuk menumis masakan dalam suhu rendah. Aroma khas dari extra virgin olive oil memberikan cita rasa yang lebih kaya. Selain itu, kandungan nutrisi dalam sayuran dan bahan makanan yang ditumis dengan extra virgin olive oil lebih terjaga dan sehat. 

  • Memasak Pasta

Aneka olahan pasta selalu menarik dijadikan alternatif menu makanan sehari-hari. Sahabat sehat bisa membuat kreasi pasta yang lebih sehat dengan tambahan extra virgin olive oil. 

  • Memanggang

Aroma khas extra virgin olive oil akan semakin keluar saat digunakan sebagai minyak untuk memanggang. Smoked beef atau daging tuna panggang akan terasa lebih lezat dan harum dengan tambahan extra virgin olive oil.

  • Sup 

Menambah cita rasa sup sayuran dengan satu sendok extra virgin olive oil ide yang menarik. Cita rasa lemak nabati dari extra virgin olive oil akan membuat semangkuk sup jadi lebih gurih, lezat dan tentunya sehat. 

Kebutuhan Masak

3. Campuran Jus

Sahabat sehat suka meminum jus buah dan sayur? Jangan lupa, tambahkan satu sendok teh extra virgin olive oil ke dalam jus buah dan sayur untuk mendapatkan manfaat dari nutrisi minyak zaitun. Apel, lemon, wortel, seledri, bisa menjadi pilihan buah dan sayur yang cocok dipadukan dengan extra virgin olive oil.

4. Dressing Salad

Jika Sahabat sehat pecinta salad, coba kreasikan dressing salad dengan extra virgin olive oil. Saus atau dressing salad sebenarnya sudah cukup banyak digunakan di beberapa restoran. Selain extra virgin olive oil mampu menambah cita rasa lezat pada salad. Extra virgin olive oil juga kaya manfaat untuk kesehatan.

Sudah siap berkreasi masakan dengan extra virgin olive oil, Sahabat sehat? Oh ya, selain dipakai dalam masakan extra virgin olive oil juga bisa digunakan pada kulit dan rambut. Caranya mudah saja, cukup aplikasikan extra virgin olive oil pada kulit dan rambut yang butuh perawatan. Dapatkan extra virgin olive oil dengan kualitas terbaik di sini.

Referensi: Hellosehat
Gambar oleh RitaE dari Pixabay