Home » Blog » 6 Cara Menyapih Anak dari ASI agar Anak Tidak Rewel

6 Cara Menyapih Anak dari ASI agar Anak Tidak Rewel

cara menyapih anak dari asi

Menyapih anak menjadi salah satu perjuangan para ibu menyusui. Memang, menyapih anak gampang-gampang susah. Tak jarang, seorang ibu gagal menyapih anak karena merasa tidak tega.

Sahabat sehat, kunci dari cara menyapih anak dari ASI yang efektif adalah keyakinan dan tidak menyerah. Tidak masalah jika masih gagal sekarang. Mari simak cara menyapih anak dari ASI berikut ini!

Pastikan Usia Anak Sudah Siap untuk Berhenti ASI

Umumnya anak yang memasuki usia 2 tahun sudah siap untuk benar-benar lepas dari ASI. Nutrisi yang masuk melalui makanan sehat sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak. Jadi, pastikan ketika ingin mulai menyapih anak di usia sekitar 2 tahun. Selain usia, berat badan bayi dan kesehatan bayi juga harus dalam kondisi baik ketika mulai menyapih.  

  • Kurangi Waktu Menyusui Sedikit demi Sedikit

Cara menyapih anak dari ASI harus sabar dan konsisten. Jika Sahabat sehat menyapih anak secara tiba-tiba, cara ini justru kurang efektif. Anak akan jadi sangat rewel karena ada perubahan rutinitas hariannya yang mendadak. Maka, mulailah menyapih secara bertahap. Kurangi waktu menyusui dari hari ke hari secara konsisten. Cara melepas ASI secara bertahap juga membuat si kecil lebih siap.  

Alihkan Perhatian Anak dengan Makanan Pengganti 

Pada masa awal menyapih biasanya anak masih belum terbiasa. Sambil mengurangi waktu menyusui cobalah untuk mengalihkan perhatiannya setiap memasuki waktu menyusui tiba. Misalnya dengan memberikan secangkir susu, biskuit, potongan buah atau kue kesukaannya. Beri pengertian sederhana bahwa anak perlu asupan makanan sehat selain dari ASI karena dirinya sudah beranjak besar. 

Lebih Sering Ajak Anak Bermain Bersama

Cara menyapih anak dari ASI yaitu membuat anak sedikit demi sedikit lupa dengan rutinitas menyusu. Lebih sering ajak anak bermain bersama. Selain bermain, Sahabat sehat bisa mengajak anak beraktivitas yang menyenangkan seperti memasak bersama, membacakan buku cerita, berjalan santai di sekitar rumah dan sebagainya. 

Biasakan Anak Minum dari Gelas atau Cangkir

Jika selama ini anak masih suka minum menggunakan botol, mulai kurangi kebiasaan ini. Ubah kebiasannya dengan membiasakan anak minum melalui cangkir atau gelas. Ajak anak memilih gelas favoritnya agar lebih bersemangat minum di gelas. Isi gelas dengan minuman seperti jus buah atau yogurt untuk mengalihkan ingatannya dari kebiasaan minum ASI. 

Biasakan Anak Tidur Tanpa Menyusu

Cara menyapih anak dari ASI yang cukup sulit yaitu melepas kebiasaan menidurkan anak sambil menyusu. Sahabat sehat, mulailah mengurangi atau mengubah kebiasaan ini. Berikan segelas susu hangat sebagai pengganti ASI sebelum tidur. Bacakan cerita atau ajak anak mengobrol sebelum tidur untuk mengalihkan perhatiannya. 

Cara menyapih anak dari ASI ini memang bukan cara yang singkat, butuh proses untuk membiasakan anak lepas ASI. Namun, inilah cara yang efektif dan tidak membuat anak menjadi rewel. Anak pun akan merasa lebih nyaman dalam mengubah kebiasaan secara perlahan tapi pasti. Sambil menjalani proses menyapih tetap penuhi kebutuhan nutrisi anak dan ibu menyusui. Dapatkan kebutuhan ibu dan anak yang lengkap di sini. 

 

Referensi: Alodokter

Photo by Sarah Chai from Pexels