Home » Blog » 5 Cara Perawatan Rambut Kering Secara Alami agar Tidak Cepat Rusak

5 Cara Perawatan Rambut Kering Secara Alami agar Tidak Cepat Rusak

cara perawatan rambut kering secara alami

Rambut kering berpotensi mengalami kerusakan rambut parah. Benar, tekstur kering pada rambut cenderung mudah rapuh, patah hingga akhirnya rontok. Kondisi tersebut dapat dikatakan kerusakan rambut parah dan perlu usaha extra untuk mengembalikan kesehatannya.

Cara perawatan rambut kering secara alami bisa jadi upaya pencegahan dan pemulihan yang tepat. Pasalnya dengan bahan natural, kesehatan rambut dapat pulih secara alami dan tanpa efek samping di kemudian hari.

Jangan abaikan kondisi rambut Anda saat ini, lakukan perawatan agar rambut semakin sehat ternutrisi dan berkilau tanpa biaya perawatan salon. Sehat plus hemat, Anda pasti mau!

5 Cara Perawatan Rambut Kering Secara Alami

Lantas, apa saja cara tepat merawat kondisi rambut kering secara alami? Kami hadirkan cara dan solusinya berikut ini!

Gunakan Masker Rambut Alami

Sama halnya dengan kulit wajah, masker pada rambut difungsikan sebagai peningkat elastisitas dan kelembapan. Selain itu, masker rambut menjadi media menyalurkan vitamin agar mudah diserap rambut dan kulit kepala.

Menggunakan masker berbahan alami lebih disarankan, terutama kondisi rambut kering yang parah. Beberapa bahan alami dapat Anda olah menjadi masker rambut, diantaranya alpukat, jahe dan lidah buaya.

Aplikasikan Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak alami dikenal dapat mengatasi berbagai permasalahan rambut dan kulit. Salah satunya sebagai cara perawatan rambut kering secara alami. Kandungan omega 3, vitamin E, vitamin K dan asam lemak membantu menutrisi rambut agar semakin lembap ternutrisi.

Oleskan minyak zaitun ke suluruh rambut dan kulit kepala, kemudian tunggu selama kurang lebih 1 jam agar meresap sempurna. Selanjutnya bilas menggunakan shampo natural dan pastikan benar-benar bersih agar tak menyebabkan ketombe.

Perbanyak Asupan Omega 3

Disamping memperbaiki nutrisi rambut dari luar, kebutuhan nutrisi dalam tubuh juga perlu diperhatikan. Konsumsi makanan tinggi omega 3 dapat meningkatkan kualitas rambut Anda. Peran asam lemak omega 3 mampu melancarkan sirkulasi darah di kepala dan menutrisi folikel rambut.

Kutikula rambut pun menjadi lebih sehat, berkilau dan kuat. Asam lemak omega 3 bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi minyak ikan kod, ikan salmon, sarden, kacang merah dan kenari.

Potong Ujung Rambut Teratur

Cara perawatan rambut kering secara alami lainnya dengan rajin memangkas ujung rambut bermanfaat meningkatkan kesehatan rambut. Rambut panjang umumnya akan bercabang, bila dibiarkan terus-menerus akan berdampak pada keringnya tekstur rambut. Potong ujung rambut secara berkala tiap sebulan sekali agar pertumbuhan rambut optimal dan sehat.

Keramas Sewajarnya

Membersihkan rambut dan kulit kepala dengan keramas merupakan cara terbaik menjaga kesehatan rambut. Tapi, lakukan sewajarnya dengan durasi tepat yakni dua kali sehari dan tidak dilakukan setiap hari. Mengapa? kulit kepala akan kehilangan minyak alami untuk melembapkan, efek kering tersebut hanya akan memperparah kondisi rambut kering dan timbulnya ketombe.

Gunakan Shampo Untuk Lembapkan Rambut

Shampo sangat berguna menjaga kebersihan rambut, tetapi beberapa formulasi dalam produk pembersih rambut tidak cocok untuk tipikal rambut kering. Seperti kandungan SLS (Sodium Lauryl Sulphate) atau zat pembusa sejenis mengakibatkan kondisi rambut kering semakin parah. Bagi Anda dengan kondisi rambut super kering, mengembang hingga rontok dapat mencoba teknik pemulihan rambut dengan Shampo natural berbahan dasar vegan.

Sahabat sehat bingung memilih shampo natural di pasaran? Kami sarankan produk shampo milik brand Aromatica, diperkaya campuran botani alami membantu detoksifikasi kulit kepala dan rambut secara intensif tanpa campuran bahan kimia. Cari produknya? Kunjungi SESA.ID, ya!

 

Photo by mododeolhar from Pexels