Home » Blog » Wajib Tahu 9 Ciri-Ciri Rambut Sehat Dari Akar Hingga Ujung

Wajib Tahu 9 Ciri-Ciri Rambut Sehat Dari Akar Hingga Ujung

ciri ciri rambut sehat

Wanita sangat identik dengan rambut menjuntai, berkilau nan indah. Rambut seakan menjadi mahkota yang memancarkan aura kecantikan dalam diri mereka. Walau demikian, tak banyak dari mereka mengenal ciri-ciri rambut sehat dengan benar.

Justru lewat mengenal ciri rambut sehat dapat menjadi parameter kondisi rambut. Siapa tahu Anda menganggap rambut baik-baik saja padahal sedang mengalami kerusakan. Perawatan pada rambut sama halnya dengan tubuh, perlu edukasi dan informasi yang tepat.

Kenali Ciri-ciri Rambut Sehat

Sahabat sehat tak perlu risau mencari informasi seputar ciri-ciri rambut sehat. Disini, kami akan ulas secara singkat dan jelas untuk Anda. Yuk, simak!

Tekstur Rambut Lembut

Rambut sehat menandakan cukupnya nutrisi yang diperlukan kulit kepala, sehingga tekstur rambut menjadi lembut ketika disentuh.

Rambut Berkilau

Rambut berkilau merupakan hasil dari ternutrisinya kutikula yang berada pada lapisan luar rambut. Kutikula berfungsi melindungi kulit kepala dari paparan lingkungan luar langsung. Kutikula yang sehat akan memantulkan cahaya, itulah mengapa rambut terlihat bersinar.

Kulit Kepala Sehat

Kondisi kulit kepala yang sehat dapat dilihat dari jumlah rambut yang tumbuh merata dan berjumlah tiga helai dalam setiap pori, Jika terdapat spot pori yang hanya memiliki sedikit helain rambut dapat dikatakan bukan ciri-ciri rambut sehat. Selain itu, kulit kepala sehat ditandai dengan tidak adanya ketombe seperti serpihan putih.

Rambut Kuat

Ciri selanjutnya ialah kekuatan, rambut sehat tidak mudah rontok karena akar mempertahankan kekuatan dari dalam. Rambut mudah patah dan rontok disebabkan kerusakan kutikula, parameternya dapat Anda lihat dari jumlah helai rambut yang tertinggal ketika disisir.

Elastisitas Rambut Baik

Tidak jauh berbeda dengan kulit, rambut memiliki elastisitas jika kelembapan dan kesehatan kutikula terjaga. Seperti apa elastisitas rambut? Dapat Anda rasakan saat mengatur rambut, akan terasa lebih mudah bahkan menggunakan jari sekalipun.

Tumbuh Baik

Anda dapat mengamati pertumbuhan rambut, jika cepat panjang menandakan rambut dalam keadaan sehat. Durasi dapat dihiting dalam 1 bulan, pertumbuhan rambut terjadi berkisar ½ inci. Bila selama berbulan-bulan Anda merasa rambut tak tumbuh, dapat disimpulkan rambut tak memiliki ciri-ciri rambut sehat.

Sedikit Rontok

Kerontokan rambut memang tak bisa dihindari 100% dalam jangka panjang, banyak faktor yang mempengaruhi kondisi rapuhnya rambut. Tapi, jumlah rambut rontok menjadi parameter kesehatan rambut Anda. Berdasarkan American Academy of Dermatology, mengungkapkan bahwa manusia mengalami kerontokan rambut sebanyak 50 hingga 100 helai per hari. Jika lebih dari itu, dapat dipastikan kondisi rambut Anda sedang bermasalah.

Tidak Terjadi Frizzy

Frizzy merupakan suatu kondisi rambut mengembang dan keriting (cenderung kusut) saat berada pada lingkungan lembap. Mengapa bisa? Hal itu terjadi akibat rusaknya kutikula rambut yang akan menyerap titik air di tempat lembap dan menerobos batang rambut. Itulah alasan dibalik rambut Anda mudah mengembang dan keriting (frizzy).

Lolos Percobaan Kutikula

Percobaan umum terhadap nilai ciri-ciri rambut sehat ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, siapkan wadah berisi air, kemudian letakkan sehelai rambut di atas air. Amati yang terjadi, bila rambut mengapung menandakan rambut Anda sehat. Sebaliknya, jika tenggelam menandakan rambut tidak sehat karena kutikula terbuka dan menyerap air.

Sahabat sehat, mulailah perawatan rambut secara alami agar ciri-ciri rambut sehat bisa Anda dapatkan. Kini, produk berbasis vegan bisa jadi pendamping sejati Anda untuk ciptakan rambut sehat idaman tanpa efek samping, contohnya shampo satu ini.

 

Referensi: Insider
Photo by Chermiti Mohamed from Pexels