Home » Blog » Yuk Ikuti 5 Cara Sehat Masak Ikan Penuh Nutrisi Berikut Ini

Yuk Ikuti 5 Cara Sehat Masak Ikan Penuh Nutrisi Berikut Ini

cara sehat masak ikan

Sahabat sehat pasti ada yang menjadi penggemar daging ikan. Ikan dikenal memiliki segudang nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun, tahukah sahabat sehat bahwa nutrisi yang terkandung di dalam daging ikan dapat hilang begitu saja akibat cara pengolahannya sebelum disajikan. Pada artikel ini akan dijelaskan cara sehat masak ikan, simak terus ya sahabat sehat!

Yang jelas, cara pengolahan yang dipilih memiliki pengaruh terhadap kadar nutrisi yang terkandung di dalam makanan. Untuk itu, cara masak yang keliru bisa mengurangi manfaat dari makanan sehat yang dikonsumsi.

Terlebih, riset yang dilakukan oleh World Cancer Research Fund menghasilkan kesimpulan bahwa setiap jenis ikan harus diolah dengan cara yang sesuai dengan karakteristik dari ikan tersebut. Jika cara pengolahan benar, maka nutrisi di dala daging ikan dapat bertahan hingga akhirnya masakan disajikan.

Cara Sehat Masak Ikan

Sahabat sehat bisa memilih cara sehat masak ikan sesuai selera kalian. Simak penjabaran di bawah ini:

Menggunakan Microwave

Salah satu cara praktis dan tepat untuk memasak ikan ialah dengan menggunakan microwave. Sebab, nutrisi yang terkandung di dalam ikan dapat bertahan karena suhu panas yang relatif rendah dari microwave. Terdapat pula penelitian yang membuktikan bahwaa penggunaan microwave mampu mempertahanan kandungan asam lemak omega-3 pada ikan.

Tumis

Menumis ialah cara pengolahan ikan yang tepat untuk menghasilkan ikan yang sehat. Cara ini juga bisa diterapkan untuk mengolah ikan berdaging putih maupun makanan-makanan laut lain seperti tiram, kerang, maupun udang. Bukan hanya itu, dari segi rasa juga akan menghasilkan ikan yang gurih.

Sekalipun aktivitas menumis dilakukan dengan cara digoreng, namun cara ini menggunakan minyak yang lebih sedikit. Sehingga, menumis juga menjadi cara pengolahan yang tepat untuk sahabat sehat yang sedang dalam program diet.

Poaching

Poaching ialah cara memasak di mana ikan nantinya direbus di dalam air maupun kaldu panas. Namun, suhu air rebusan tidak mendidih atau kurang lebih hanya 75 derajat Celcius saja. Cara ini sangat tepat jika sahabat sehat ingin mencampur bawang bombay, bawang putih, beserta rempah-rempah dengan kaldu ikan.

Namun, teknik poaching lebih tepat digunakan untuk memasak ikan dengan jenis daging lembut seperti ikan halibut, mujair, tuna ekor kering, maupun ikan kod.

Kukus

Cara sehat masak ikan selanjutnya ialah dengan cara mengukus ikan. Cara ini juga memungkinkan nutrisi pada daging ikan tidak banyak yang hilang. Selain mempertahanan nutrisinya, ikan juga tetap dapat diolah hingga matang secara merata. Hal itu karena alat pengukus yang tertutup rapat mampu menyebarkan panas ke seluruh bagian ikan.

Mengukus sangat tepat bagi sahabat sehat  yang menyukai tekstur juicy maupun lembut. Sebab daging ikan tidak cepat kering jika diolah dengan cara dikukus. Mengukus juga cara yang tepat untuk mengolah ikan berlemak maupun ikan berdaging putih seperti ikan lele, kakap, dan ikan kod.

Panggang

Memanggang ialah salah satu pengolahan yang tidak membutuhkan tambahan minyak. Sahabat sehat hanya perlu membalurkan ikan dengan bumbu seperti marinate dari bawang putih, lemon dan juga merica. Setelah itu ikan siap dipanggang dan matang dalam waktu beberapa menit saja.

Cara sehat masak ikan yang satu ini cocok untuk jenis ikan yang memiliki kandungan minyak tinggi seperti tuna, salmon, ikan layur, dan ikan trout air tawar. Semua jenis ikan yang tadi disebutkan memiliki tekstur yang padat serta aroma yang kuat, dengan begitu daging ikan tidak akan hancur dengan mudah jika dimasak dengan cara dipanggang.

 

Bagaimana sahabat sehat? Apakah sudah menemukan cara sehat masak ikan kesukaan kalian? Yang jelas, sebelum aktivitas memasak dilakukan sahabat sehat harus memastikan bahwa bahan-bahan masak yang digunakan merupakan bahan pilihan yang segar. Sahabat sehat bisa klik di sini untuk mulai mencari bahan masakan yang dibutuhkan ya!

 

Photo by Kindel Media from Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published.