Home » Blog » 4 Jenis Ikan yang Bisa Dimasak dan Baik untuk Kesehatan

4 Jenis Ikan yang Bisa Dimasak dan Baik untuk Kesehatan

jenis jenis ikan yang dimasak

Ikan merupakan salah satu bahan pangan yang kaya akan kandungan zat yodiumnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar dapat membentuk hormon trikosin. Yodium yang ada pada ikan sebesar 83 mikrogram atau 100 gram ikan. 

Ada banyak jenis-jenis ikan yang dimasak untuk memenuhi kebutuhan protein, kalsium, phospor yang diperlukan untuk membentuk tulang. Ikan juga sumber alami asam lemak omega 3, DHA, EPA yang akan cegah artesusklerosis. 

Jenis- jenis Ikan Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Baik jenis ikan air tawar maupun jenis ikan laut memiliki berbagai jenis dan ragamnya. Berikut adalah berbagai ikan yang bisa meningkatkan kesehatan untuk tubuh :

Banner Promo Seafood

Ikan Cakalang

Cakalang merupakan jenis ikan yang masih berada satu spesies dengan ikan tuna. Perbedaannya hanya pada tumbuh kembangnya saja jika tuna beratnya bisa hingga 650 Kg cakalang hanya bisa berkembang sekitar 20 Kg. 

Memiliki kandungan protein tinggi yang dapat menjaga elastisitas pada kulitmu. Selain itu kaya akan kandungan Vitamin  D, Vitamin A, Vitamin C. Cakalang memiliki bentuk serupa dengan tuna tetapi pada bagian kepala lebih tebal dan ukurannya lebih kecil. Di bagian  tubuhnya terdapat garis lurus dan sirip yang terbelah menandakan salah satu jenis ikan yang dapat bergerak dengan cepat. Ikan jenis ini merupakan salah satu ikan yang rakus dan pemangsa ika -ikan yang kecil. 

Ikan Kakap

Ikan kakap sangat mudah ditemukan di perairan Indonesia. Ciri dari ikan jni adalah memiliki mulut yang lebar dan sedikit maju ke depan, tubuh bulat, pipih dan lonjong sedangkan pada bagian sirip menyatu pada punggungnya. Ikan kakap akan mudah ditemukan di Kepulauan Riau dan mudah ditemui pada perairan yang hangat, bersih dan di sekitaran laut yang tidak jauh dari pantai. Kakap merupakan ikan yang biasanya hidup berkelompok di terumbu karang. 

Di Indonesia ada dua jenis kakap yang paling populer yaitu ikan kakap putih dan ikan kakap merah yang memiliki perbedaan yaitu jika pada ikan kakap merah dagingnya lebih tebal dibandingkan kakap putih. Harga ikan kakap juga tergolong mahal tetapi harga mahal  sebanding dengan nutrisi yang dimilikinya seperti kandungan selenium yang tinggi yang merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas, mengandung Vitamin E untuk kesehatan kulit. 

Ikan Gabus 

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dipercaya akan kandungan protein dan gizi yang setara dengan ikan salmon. Ikan gabus mengandung 25% protein lebih banyak dibandingkan ikan yang lain, kandungan albumin yaitu sebuah protein yang ada pada darah yang diproduksi oleh hati cukup tinggi. 

Di dalam ikan gabus juga mengandung Vitamin A, zat besi, omega-3, fosfor, Vitamin B1 dan air. Manfaat lain ikan gabus adalah untuk mempercepat penyembuhan luka karena adanya kandungan albumin mampu mengatasi permasalahan kekurangan gizi, protein dapat membantu pembentukan otot, mengatasi hipoalbuminemia, meningkatkan proses pertumbuhan dan baik untuk sistem pencernaan. 

Ikan Lele

Jenis  ikan yang dimasak dari air tawar selanjutnya adalah ikan lele yang sangat gampang ditemukan dan dibudidayakan. Kandungan gizi pada ikan lele tidaklah main-main meliputi lemak, kalsium, protein, fosfor, selenium, kalsium, natrium, Vitamin A, B12, B1.

Ikan lele memiliki bau yang amis namun merupakan sumber protein untuk tumbuh kembang anak. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin konsumsi ikan lele diantaranya dapat mencerdaskan otak, mencegah anemia, meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi sistem saraf, menyehatkan jantung dan menyehatkan tulang dan gigi. 

Banner Promo Seafood
sumber: Alodokter

Gambar oleh misskursovie2013 dari Pixabay

Tags: