Home » Blog » Waspadai 4 Ciri-ciri Kelebihan Minum Air Putih Berikut Ini

Waspadai 4 Ciri-ciri Kelebihan Minum Air Putih Berikut Ini

ciri-ciri kelebihan minum air putih

Tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar organ dapat menjalankan fungsinya dengan optimal. Jika Sahabat Sehat kurang minum air putih, tentu kebutuhan cairan tidak akan terpenuhi. Lalu apa jadinya jika Sahabat Sehat kelebihan minum air putih? Bahaya kah? Apa ciri-ciri kelebihan minum air putih

Meminum air putih yang ideal adalah ketika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Artinya, tidak kurang dan tidak pula berlebih. Jika cairan tubuh menumpuk, maka Sahabat Sehat tidak akan luput dari masalah-masalah kesehatan. Simak penjelasan di bawah ini agar Sahabat Sehat lebih memahami masalah overhidrasi. 

Overhidrasi

Apa itu overhidrasi? Overhidrasi adalah keadaan dimana tubuh mengalami penumpukan cairan. Penumpukan cairan yang berlebih dapat menyebabkan tubuh mengalami keracunan cairan (hyponatremia) yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Berikut masalah kesehatan serius yang disebabkan oleh overhidrasi karena berlebihan minum air putih:

  1. Masalah pada jantung
  2. Masalah pada ginjal
  3. Sering sakit kepala
  4. Sering Buang Air Kecil 
  5. Pembengkakan pada sel tubuh

Masalah yang dapat ditimbulkan dari minum air putih yang berlebih merupakan masalah yang serius, bukan? Maka penting kiranya untuk mengetahui asupan cairan yang ideal bagi tubuh agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan. 

Ciri-ciri Kelebihan Minum Air Putih

Apakah Sahabat Sehat tahu asupan air putih yang ideal untuk tubuh? Hal ini penting untuk diketahui agar tidak minum dalam jumlah kurang maupun berlebih. 

Bagaimana Sahabat Sehat mengetahui apakah asupan air putih yang diminum sudah ideal? Jika kurang, Sahabat Sehat mungkin langsung dapat mengetahuinya dari berbagai ciri seperti susah Buang Air Besar (BAB), nyeri sendi, dan sebagainya. 

Lalu, bagaimana cara mengetahui jika asupan cairan sudah berlebih? Berikut ciri-ciri kelebihan minum air putih yang kami sajikan untuk Sahabat Sehat. Jika Sahabat Sehat mengalami salah satu gejala berikut, sebaiknya Sahabat Sehat harus mengatur ulang asupan cairan bagi tubuh. 

  • Rasa Lelah

Jika Sahabat Sehat pernah merasa lelah padahal sedang tidak melakukan aktivitas berat, maka ada baiknya untuk waspada dan cermati lagi kebutuhan asupan cairan bagi tubuh. Pasalnya, hal ini mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. 

Ginjal yang bertugas menyaring cairan akan mengalami kendala dalam melakukan tugasnya jika cairan yang masuk terlalu berlebih. Karena pekerjaan yang terlalu berat, maka memungkinkan untuk terciptanya reaksi stress dan hormon. Itulah asal mula rasa lelah yang dirasakan. 

  • Sering Buang Air Kecil

Menurut penelitian, orang dengan kesehatan yang baik buang air kecil 6 sampai 8 jam sehari. Namun, jika intensitas Buang Air Kecil Sahabat Sehat terlalu sering, maka mungkin ada gejala overhidrasi akibat kelebihan minum air putih.

Biasanya, orang yang overhidrasi Buang Air Kecil akan merasakan terganggunya aktivitas sehari-hari, bahkan ketika tidur di malam hari. 

  • Urin yang Berwarna Bening

Urin memang sudah biasa acuan untuk melihat kondisi kesehatan tubuh, termasuk untuk melihat apakah tubuh kelebihan cairan atau tidak. 

Urin orang dengan kesehatan yang baik berwarna kuning muda. Namun, apa jadinya jika urin berwarna bening? Hal tersebut adalah cara tubuh memberitahu bahwa asupan cairan sudah terlalu berlebihan. 

Ketika Sahabat Sehat mengalami gejala ini, tidak perlu khawatir berlebihan karena hal tersebut bukanlah tanda munculnya penyakit serius. Namun, hal tersebut dapat Sahabat Sehat jadikan acuan untuk memperbaiki asupan cairan bagi tubuh.

  • Sering Sakit Kepala

Sakit kepala dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya akibat kelebihan minum air putih. Hal ini terjadi akibat berkurangnya konsentrasi garam dalam darah, sehingga terjadi pembengkakan pada sel-sel tubuh. 

Salah satu organ yang mengalami pembengkakan adalah otak yang menyebabkan adanya tekanan pada kepala yang memicu rasa sakit. 

Setelah mengetahui ciri-ciri kelebihan minum air putih, kini Sahabat Sehat dapat memperhatikan gejala-gejala yang ada pada tubuh. Pilihlah air putih yang sehat seperti Hydra Thera Drinking Water 2 L (sesa.id) untuk membantu pemenuhan kebutuhan cairan tubuh yang ideal. 

 

Referensi: Kompas

Gambar oleh Pixabay dari Pexels