Home » Blog » Baik untuk Kesehatan, Ini 6 Manfaat Minum Air Garam Sebelum Tidur!

Baik untuk Kesehatan, Ini 6 Manfaat Minum Air Garam Sebelum Tidur!

manfaat minum air garam sebelum tidur

Salah satu minuman kesehatan yang paling sederhana adalah air garam. Sahabat Sehat dapat membuat minuman ini dengan cara mencampurkan air putih hangat dan garam, kemudian aduk hingga rata. Sebagai tambahan informasi, mari simak manfaat minum air garam sebelum tidur di artikel ini.

Manfaat Air Garam

Rasa air garam yang asin membuat banyak orang lebih menyukainya dibandingkan obat-obatan yang pahit. Mengonsumsi air garam dapat dilakukan kapan saja, baik itu pagi, siang, sore, maupun malam hari. Masing-masing periode waktu minum air garam memiliki manfaatnya tersendiri.

Bila Sahabat Sehat sering mengonsumsi air garam sebelum tidur, maka enam manfaat ini yang akan didapatkan:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Pertama, air garam berperan penting dalam membantu sistem pencernaan. Seperti yang diketahui, dalam tahap awal pencernaan, air liur manusia memproduksi enzim amilase. Dalam tubuh, garam akan memberikan stimulasi produksi enzim dan asam klorida yang mampu mengurangi makanan.

Kehadiran garam alami juga dapat membantu perangsangan enzim pencernaan berupa protein dan klorida. Kandungan nutrisi yang terdapat pada garam juga baik untuk usus dan membantunya memecah makanan.

2. Detoksifikasi Tubuh

Air garam yang memiliki rasa asin ini ternyata bersifat antibakteri. Dengan mengonsumsi air garam secara rutin sebelum tidur, racun dan bakteri dalam tubuh Sahabat Sehat akan diminimalisir. Bahkan, beberapa pendapat menyebut bahwa konsumsi air garam mampu menjaga kesehatan organ dalam tubuh.

3. Meredakan Sariawan

Manfaat minum air garam sebelum tidur yang satu ini pasti sudah banyak diketahui. Faktanya, berkumur air garam dapat membantu meredakan nyeri dan mempercepat proses penyembuhan sariawan di dalam mulut.

Mungkin Sahabat Sehat akan merasa perih jika air garam menyentuh luka sariawan. Tapi, tenang saja, sariawan akan segera sembuh dalam waktu kurang dari 1 minggu. Untuk hasil yang lebih optimal, Sahabat Sehat bisa berkumur air garam 3 kali sehari.

4. Memperbaiki Kondisi Kulit

Manfaat air garam selanjutnya adalah mampu memperbaiki kondisi kulit. Hal ini dikarenakan air garam sangat kaya akan mineral, seperti kromium, seng, yodium, dan belerang.

Kehadiran aneka kandungan ini dapat membuat kondisi kulit tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan. Kandungan seng sendiri mampu mengatur kelenjar minyak dan membantu penyembuhan luka.

Sementara itu, kromium mampu mengatasi kulit kering dan infeksi. Lain lagi, sulfur membantu proses pembersihan ruam dan eksim. Terakhir, yodium membantu menyuplai oksigen sambil meningkatkan metabolisme kulit.

5. Menurunkan Berat Badan

Sahabat Sehat pasti sudah sering mendengar diet air putih. Lantas, bagaimana jadinya jika air putih dikonsumsi bersamaan dengan garam? Faktanya, air garam juga dapat membantu program penurunan berat badan.

Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan kandungan garam dapat mengurangi nafsu makan seseorang. Jika Sahabat Sehat tidak nafsu makan, maka secara otomatis berat badan akan berkurang.

Dengan mengkonsumsi segelas air garam di malam hari secara rutin, Sahabat Sehat bisa menjaga nafsu makan agar tetap seimbang. Agar manfaat ini bisa lebih optimal, sebaiknya kombinasikan dengan olahraga dan penerapan gaya hidup sehat.

6. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Apakah Sahabat Sehat sering mengalami kesulitan tidur? Meskipun terkesan sepele, nyatanya insomnia dapat menyebabkan dampak negatif, mulai dari yang sederhana seperti kurang fokus hingga yang fatal seperti terserang penyakit mematikan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Sahabat Sehat harus mulai mengkonsumsi air garam secara rutin setiap malam hari. Pasalnya, garam mengandung beberapa mineral alami yang mampu merilekskan sistem saraf dan mengurangi hormon stres. Seperti yang diketahui, sulit tidur memang umumnya disebabkan karena stres yang berlebih.

Berbagai manfaat minum air garam sebelum tidur diatas bisa didapatkan jika Sahabat Sehat mengkonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan. Untuk membuat air garam yang sehat, Sahabat Sehat bisa menggunakan Drinking Water Hydra Thera yang bebas dari semua jenis cemaran dan memiliki sifat diuretik kuat.

Referensi: Klikdokter
Gambar oleh stokpic dari Pixabay
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.