Home » Blog » Yuk, Kenali dan Miliki 6 Ciri-Ciri Kulit Sehat dan Terawat 

Yuk, Kenali dan Miliki 6 Ciri-Ciri Kulit Sehat dan Terawat 

Ciri-Ciri-Kulit-Sehat

Kulit bersih merupakan manifestasi dari kebersihan dan perawatannya. Menjaga kebersihan diri terutama kulit sangat penting, selain faktor estetika, faktor kesehatan menjadi paling utama. Semua wanita tentunya mendambakan kulit sehat, untuk itu penting mengenali ciri-cirinya.

Dengan kulit sehat, penggunaan kosmetik seperti make-up hingga skincare akan terasa lebih maksimal ketika diaplikasikan pada wajah. Pada dasarnya tidak hanya wanita, para pria perlu memperhatikan ciri-ciri kulit sehat dan terawat demi kesehatan tubuh.

1. Kulit Terhidrasi Baik

Kelembapan pada kulit menyimpulkan telah terhidrasi sempurna. Kulit sehat memiliki kelembapan yang baik, sebab tektur kulit pun terlihat kenyal dan tidak kering. Konsumsi banyak air putih mencegah dehidrasi yang berdampak pada kelembapan kulit, usahakan Sahabat sehat selalu minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Selain daktor dari dalam, penggunaan pelembap atau lotion disarankan untuk menjaga hidrasi kulit dari paparan sinar UV.

2. Warna Kulit Rata

Jenis kulit tiap orang beragam, semua indah dan sehat bila dirawat dengan tepat. Warna kulit apapun terlihat sehat dan terawat bila memiliki warna yang merata. Kulit bermasalah umumnya memiliki perbedaan pigmentasi warna yang berbeda-beda, hal itu disebabkan meningkatnya produksi melanin. Faktor penyebab dapat berasal dari paparan sinar matahari, flek hitam, hingga noda bekas jerawat.

3. Tesktur Permukaan Kulit

Kulit sehat dan terawat memiliki permukaan yang halus dan lembut ketika diraba. Bahkan ketika tergores tidak menimbulkan corak putih pada bekas goresan. Sedangkan permukaan kulit bermasalah terasa kering, kasar, kendur, keriput, hingga terdapat benjolan kecil. Masalah kulit tidak sehat harus segera diatasi agar tidak sampai memicu penyakit lainnya.

4. Sensasi Pada Kulit

Pada kulit sehat, kasus iritasi tergolong kecil bahkan mudah diatasi tanpa memberikan rasa tidak nyaman kulit dalam waktu lama. Lain halnya dengan kulit tidak sehat, ketika mencoba produk perawatan kulit dan hasilnya tidak cocok, maka akan timbul sensasi tidak nyaman, seperti rasa gatal, rasa panas, rasa terbakar atau kulit tertarik karena kering.

5. Penampakan Kulit

Kulit sehat dan terawat akan terlihat lebih segar dan bercahaya, siapapun akan terkagum. Hal tersebut disebabkan kulit wajah ternutrisi dengan baik. Faktor dari dalam seperti konsumsi air putih cukup, buah, sayur dan mengurangi makanan berminyak. Faktor dari luar seperti tepat penggunaan produk perawatan wajah sesuai jensi kulit.

6. Terhindar Dari Jerawat

Kulit yang sehat meminimalkan resiko tumbuhnya jerawat, sebab kondisi berjerawat terjadi bila kulit jarang dibersihkan dan tidak ternutrisi, baik dari dalam maupun penggunaan produk perawatan. Merawat kulit akan mengurangi menumpuknya sebum penyabab jerawat meradang, bukan sepenuhnya mencegah jerawat, ya..

Dengan semua ciri-ciri kulit sehat yang telah dipaparkan, pentingnya merawat kesehatan kulit tidak perlu dipertanyakan lagi. Keindahan kulit tidak didapatkan dengan instan, perlu waktu, usaha dan kesadaran setiap individu untuk mewujudkannya. Akan ada banyak cara yang bisa Sahabat sehat lakukan untuk mendapatkan ciri-ciri kulit sehat dan terawat.

Mengubah pola hidup sehat bisa menjadi solusi untuk menunjang kesehatan kulit dari dalam. Sedangkan sebagai penunjang kulit dari luar, Sahabat sehat bisa menggunakan produk perawatan kesehatan kulit seperti liquid soap by Dr.Bronner’s. Mengapa? karena formulasinya cocok untuk segala jenis kulit, anda bisa mendapatkan banyak benefit selain membersihkan tubuh. Penasaran produknya? yuk, cari tahu di sini.

 

Referensi : Liputan6.com

7 Gambar oleh Hulki Okan Tabak dari Pixabay