Home » Blog » 6 Produk Olahan Ikan Tenggiri

6 Produk Olahan Ikan Tenggiri

produk olahan ikan tenggiri

Produk olahan ikan tenggiri bisa Anda buat untuk menambah menu sehat dan nikmat di rumah. Ikan tenggiri merupakan salah satu ikan yang tersedia banyak di lautan Indonesia. Maka, tak heran jika banyak olahan ikan tenggiri yang bisa Sahabat Sehat jumpai.

Berikut ini adalah 6 produk olahan ikan tenggiri :

Produk Olahan Ikan Tenggiri : Bakso Ikan Tenggiri

Bakso merupakan makanan yang sudah akrab di lidah orang Indonesia. Ternyata, daging ikan tenggiri bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk dibuat menjadi produk bakso. Cara membuatnya pun sangat mudah seperti membuat bakso pada umumnya.

Hanya saja, bahan baku bakso yang biasanya adalah daging sapi diganti dengan daging ikan tenggiri. Citarasa gurih dari daging ikan tenggiri akan sangat semakin terasa lezat jika diolah menjadi bakso.

Sosis Ikan Tenggiri

Sosis tidak hanya melulu menggunakan bahan baku daging sapi atau daging ayam saja. Ikan juga bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan sosis. Salah satu ikan yang cocok dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat sosis adalah ikan tenggiri.

Daging ikan tenggiri yang lembut dan gurih sangat cocok sekali apabila diolah menjadi sosis. Selain itu, dengan membuatnya menjadi sosis akan menambah variasi dari produk olahan ikan tenggiri. Produk sosis biasanya lebih disukai oleh anak-anak sehingga bahan baku ikan tenggiri sangat cocok karena bergizi.

Abon Ikan Tenggiri

Ikan tenggiri juga bisa diolah menjadi abon ikan tenggiri. Proses pengolahan abon masih sama seperti pengolahan abon daging pada umumnya. Hanya saja, pada bagian bahan baku diganti dengan daging ikan tenggiri yang sudah disuwir dan digoreng.

Abon akan terasa lebih gurih dan legit menggunakan bahan baku ikan tenggiri. Selain itu, abon ini juga akan mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi karena terbuat dari ikan tenggiri segar. Abon ikan tenggiri akan mempunyai umur simpan yang lebih lama dibandingkan dengan ikan tenggiri segar.

Nugget Ikan Tenggiri

Nugget ikan tenggiri terbuat dari daging ikan tenggiri tanpa tulang yang dicampurkan dengan bahan lainnya. Bahan yang biasa dicampurkan adalah bumbu, tepung terigu, tepung tapioka, dan tepung roti sebagai pelapisnya.

Biasanya, nugget terbuat dari bahan baku daging sapi atau daging ayam. Namun, dengan semakin berkembangnya produk olahan pangan nugget bisa dibuat dari bahan baku lain. Salah satunya adalah dengan menggunakan daging ikan tenggiri yang masih segar.

Hasil olahan nugget ikan tenggiri nampak menarik karena dilapisi oleh tepung roti. Rasanya yang gurih khas dari ikan tenggiri membuatnya menjadi semakin lezat ketika dimakan. Nugget ikan tenggiri sangat cocok untuk Sahabat Sehat yang ingin menikmati olahan produk ikan tenggiri dengan simpel.

Fish Finger Ikan Tenggiri

Produk fish finger ikan tenggiri sebenarnya pembuatannya sama saja seperti pembuatan nugget ikan tenggiri. Hal yang membedakannya adalah bentuknya yang dibuat memanjang seperti bentuk jari. Olahan fish finger ikan tenggiri ini juga lezat dan memiliki tampilan yang cantik.

Croquete Ikan Tenggiri

Croquete merupakan makanan yang dibuat dari campuran kentang yang dilumat halus lengkap dengan bumbu, daging, dan lapisan pelapis. Bahan baku daging pada croquete bisa diganti dengan daging ikan tenggiri.

Dengan menggunakan daging ikan tenggiri, croquete akan menjadi lebih gurih dan lezat. Selain itu, juga akan menambah variasi produk olahan ikan tenggiri.

Referensi : Prov. Gorontalo

Photo by Valeria Boltneva from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.