Home » Blog » Fakta Unik Pemanis Alami Daun Stevia Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Fakta Unik Pemanis Alami Daun Stevia Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

daun stevia adalah

Sahabat Sehat pasti sering mendengar penggunaan daun stevia yang dikenal sebagai bahan pemanis alami dalam olahan makanan dan minuman, bukan? Ya, daun stevia adalah salah satu bahan pemanis yang aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes melitus maupun untuk program diet. Bahkan, daun stevia yang banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau memiliki berbagai khasiat efektif yang baik untuk kesehatan tubuh.

Daun stevia adalah…

Sebelum membahas mengenai khasiat yang diberikan dari daun stevia, Sahabat Sehat perlu mengetahui lebih jauh mengenai bahan pemanis alami ini. Daun stevia merupakan salah satu produk pemanis alami yang berasal dari Amerika Latin yang telah digunakan sejak ratusan tahun silam. Dikenal dengan nama latin Stevia rebaudiana, daun ini dibudidayakan di berbagai negara seperti Amerika, Vietnam, Argentina, China dan lain – lain.

Stevia sering dijadikan bahan pemanis alami olahan makanan dan minuman dengan tingkat kemanisan 250 – 300 kali lipat dari gula pasir. Dengan kadar kalori rendah, penggunaan daun stevia ini hanya sedikit saja untuk memberi rasa manis di dalam minuman maupun makanan.

Sehingga tak heran jika daun stevia sering kali dijadikan sebagai bahan alternatif pengganti gula pasir untuk olahan makanan dan minuman.

Manfaat daun stevia bagi kesehatan

Terlepas dari kegunaannya sebagai bahan pemanis alami untuk makanan dan minuman, daun stevia memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berbagai khasiat daun stevia bagi kesehatan antara lain sebagai berikut :

Efektif menurunkan berat badan

Mengingat kandungan kalori yang rendah di dalamnya, stevia ini cocok dijadikan sebagai asupan dalam program diet. Sehingga, Sahabat Sehat tidak perlu khawatir ketika membuat teh, kopi maupun jus jika menambahkan bahan pemanis alami yang satu ini. Sebab, berat badan akan tetap terjaga dengan ideal dan program diet akan berhasil dijalankan.

Membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil

Ahli mengklaim orang yang mengonsumsi daun stevia secara rutin selama 1 bulan lamanya, akan membantu dalam menstabilkan kolesterol dalam tubuh. Hal ini mengartikan bahwa daun stevia sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Cocok dikonsumsi penderita diabetes

Untuk menjaga kadar gula darah tubuh tetap stabil, maka penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi daun stevia sebagai pengganti gula pasir. Pasalnya, daun stevia adalah produk bahan alami yang rendah kalori dan mampu menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh. 

Membantu mencegah terjadinya risiko kanker pankreas

Dengan komponen sterol dan antioksidan di dalamnya, stevia mampu mencegah risiko terjadinya risiko kanker pankreas sebesar 23 %. Sehingga, tak heran jika daun stevia sering dikatakan unggul ketimbang bahan pemanis lainnya.

Efektif menurunkan tekanan darah dalam tubuh

Adanya kandungan glikosida di dalam ekstrak daun stevia ini, terbukti mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Tak hanya itu, dengan kemampuan sebagai kardiotonik ini menjadikan daun tevia mampu menormalkan tekanan darah dan mengatur detak jantung.

Mencegah risiko terjadinya penyakit ginjal

Tidak hanya berguna untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung, daun stevia juga dapat mencegah terjadinya risiko penyakit ginjal. Sehingga tak heran jika banyak penderita gagal ginjal mengonsumsi daun stevia sebagai pemanis alami yang aman bagi kesehatan. 

Mampu menjaga kesehatan gigi

Masalah gigi yang sering dialami oleh Sahabat Sehat menjadi salah satu hal yang disebabkan oleh konsumsi gula yang berlebihan. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menggunakan daun stevia. Sebab, daun stevia adalah bahan pemanis alami non kalori yang aman untuk dikonsumsi semua kalangan dan membantu menjaga kesehatan gigi.

Referensi: Klikdokter, Popmama

________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.