Home » Blog » 5 Tips Diet Apel yang Baik dan Menyehatkan

5 Tips Diet Apel yang Baik dan Menyehatkan

diet apel

Sahabat sehat, diet adalah cara mengatur pola makan yang benar sesuai dengan kebutuhan asupan kalori dan nutrisi tubuh. Diet yang baik dilakukan untuk tujuan kesehatan bukan semata menurunkan berat badan saja. 

Banyak tips-tips diet yang memberikan garansi akan turun sekian kilo dalam waktu singkat. Diet yang bisa menurunkan berat pada waktu singkat belum tentu baik untuk kesehatan. Sahabat sehat, jika ingin diet yang sehat bisa menjalankan diet apel dengan cara yang tepat.

Simak tips diet apel yang baik dan menyehatkan berikut ini!

Hal utama dalam diet apel yang sehat adalah mengatur pola makan. Mengatur pola makan bukan berarti mengurangi jumlah makanan saja. Sahabat sehat perlu mengetahui berapa batas asupan kalori yang diperlukan tubuh. Saat menjalankan diet kebutuhan kalori dan nutrisi harian harus tetap terpenuhi.

Kebutuhan kalori dan nutrisi seseorang bisa berbeda berdasarkan latar belakang kesehatan, jenis kelamin, aktivitas dan sebagainya. Jika diperlukan, lakukan konsultasi dengan dokter gizi untuk menentukan pola makan yang sesuai dengan kebutuhan asupan kalori dan nutrisi.

Saat diet, pilih menu sarapan yang kaya protein dan rendah kalori seperti olahan oat apel. Porsi menu makan siang boleh lebih banyak daripada saat sarapan. Salad sayuran dan apel dengan saus madu cocok sebagai menu makan siang. Makan malam dengan menu yang ringan seperti apel panggang atau smootie apel. 

  • Jadikan Apel Camilan

Di awal program diet apel, kemungkinan tubuh kita masih beradaptasi dan mudah merasa lapar. Hal ini wajar, Sahabat sehat. Jangan mengabaikan rasa lapar tersebut karena bisa berbahaya untuk kesehatan. 

Atasi rasa lapar dengan menjadikan apel segar sebagai camilan atau membuat jus apel tanpa gula. Tentukan porsi yang tepat dalam mengonsumsi buah apel sebagai camilan agar tidak berlebihan.  

  • Cermat Memilih Asupan Makanan

Diet apel berarti menggunakan apel sebagai menu dalam program diet. Hal ini bukan berarti dalam satu hari penuh Sahabat sehat hanya boleh makan apel saja. Sahabat sehat boleh mengonsumsi bahan makanan sehat lain untuk melengkapi asupan nutrisi harian. 

Tipsnya adalah memilih asupan makanan dengan cermat. Jangan sampai asupan kalori dalam tubuh lebih banyak daripada kalori yang dibakar oleh tubuh. Batas konsumsi apel harian adalah 1-3 apel ukuran sedang. 

  • Jalani Pola Hidup Sehat

Apel saja tidak cukup untuk menjaga berat badan ideal dan kesehatan tubuh. Diet apel juga memerlukan dukungan dari pola hidup yang sehat agar hasilnya maksimal. Sahabat sehat wajib memenuhi kebutuhan minum dalam sehari yaitu 2 liter air putih.

Olah raga rutin, tidur cukup dan menghindari pemicu stres adalah hal yang menunjang suksesnya program diet. Hal yang tak kalah penting, kenali keadaan tubuh dengan baik. Jangan sampai diet apel yang diharapkan memberikan berat badan ideal justru menjadi pemicu penyakit bawaan kambuh. 

  • Konsisten 

Tips terakhir untuk diet apel yang baik dan menyehatkan adalah konsisten. Berhasil menurunkan berat badan dalam waktu singkat bukan berarti diet sudah selesai. Jika target berat badan ideal sudah didapatkan, tetap jalani pola hidup sehat agar diet yang sudah dilakukan tidak sia-sia.

Sahabat sehat, semoga tips-tips di atas bisa berguna dalam program diet sehat yang dijalani. Pada dasarnya semua jenis diet bisa berhasil dengan niat, konsistensi dan selalu menjaga pola hidup sehat. Apel fuji punya rasa manis segar dan kaya nutrisi, sehingga sangat cocok untuk menemani program diet apel yang sehat.

Referensi: Fimela

Photo by cottonbro from Pexels