Home » Blog » 5 Tips Mendapatkan Manfaat Apel untuk Diet Secara Maksimal

5 Tips Mendapatkan Manfaat Apel untuk Diet Secara Maksimal

manfaat apel untuk diet

Hai, Sahabat sehat! Di masa pandemi seperti sekarang, berat badan jadi lebih mudah naik karena kita banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Rajin konsumsi buah apel bisa menjadi cara diet yang efektif dan tidak menyiksa. 

Banyak cara mengonsumsi buah apel. Apel bisa dimakan langsung atau diolah menjadi aneka masakan. Apel segar bisa diolah menjadi pie apel, selai apel, salad apel, smoothie apel, keripik apel dan sebagainya. Sayangnya, tidak semua olahan apel baik dikonsumsi untuk diet. 

Jadi, bagaimana cara dapatkan  manfaat apel untuk diet? Kita harus menjaga nutrisi dari apel yang dikonsumsi supaya bisa mendapatkan manfaat apel untuk diet. Simak tips berikut, yuk!

Batas konsumsi apel saat sedang diet adalah 1-2 buah apel. Konsumsi apel secara berlebihan juga tidak terlalu disarankan. Sahabat sehat tetap perlu asupan nutrisi lengkap dari beberapa jenis bahan makanan lain agar gizi yang didapat seimbang.

Kulit apel mengandung antioksidan dan vitamin. Manfaat apel untuk diet makin optimal dengan mengonsumsi apel segar yang tidak dikupas. Konsumsi apel untuk camilan di luar jam makan bisa membantu program diet. Apel cocok dikonsumsi ketika siang hari sambil menunggu jam makan siang atau menjelang malam sebelum tidur.  

  • Konsumsi Jus Apel Tanpa Gula

Supaya tidak bosan, apel bisa diolah menjadi segelas jus apel sehat. Sahabat sehat bisa memilih jenis apel sesuai selera. Apel malang punya rasa sedikit asam, sedangkan apel merah punya rasa yang manis. 

Hindari menambahkan gula tinggi kalori pada jus apel untuk diet.  Jika Sahabat sehat suka rasa manis bisa tambahkan madu atau campurkan jus apel dengan pilihan buah yang manis seperti pisang.

  • Smoothie Apel Mix Sayuran

Smoothie hampir mirip dengan jus, tetapi cara mengolahnya berbeda. Smoothie diolah dari buah-buahan dan sayuran yang sudah dibekukan dan biasanya diberi tambahan susu atau yogurt. Pilihlah susu atau yogurt yang khusus untuk diet jika ingin membuat smoothie.

Sahabat sehat bisa memilih jenis sayuran apa saja sesuai selera untuk di-mix dalam segelas smoothie apel.  Sayuran berguna untuk melengkapi kandungan nutrisi dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Smoothie apel mix sayuran cocok untuk menu sarapan atau camilan malam hari.

  • Salad Buah Apel

Manfaat apel untuk diet bisa didapatkan dari seporsi salad buah yang sehat. Tips membuat salad buah apel yang cocok untuk diet adalah dengan pilihan saus yang tepat. Pilih saus salad buah yang rendah kalori dan punya manfaat menjaga sistem metabolisme tubuh. Saus salad apel untuk diet bisa dibuat dari dari madu, extra virgin olive oil atau yogurt tawar. 

  • Oatmeal Apel untuk Sarapan

Apel cocok ditambahkan pada seporsi oatmeal saat sarapan. Selain membuat oats lebih lezat, potongan apel juga memberikan manfaat untuk diet sehat. Supaya rasa oats apel lebih mantap, Sahabat sehat bisa tambahkan topping granola atau yogurt tawar. 

 

Pilihan apel yang baik akan mempengaruhi hasil dari program diet Sahabat sehat. Pilihlah apel yang masih segar dan kaya nutrisi. Apel fuji tidak mengandung bahan kimia selama proses mematangkan buah. Apel fuji sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet.

Manfaat apel untuk diet tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tapi juga memberikan manfaat kesehatan. Jangan lupa, diet sehat harus disertai dengan olah raga, asupan makanan rendah kalori dan nutrisi yang seimbang. 

Referensi: Detikhealth

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels