Home » Blog » Dosis Vitamin B Complex yang Disarankan Untuk Tubuh

Dosis Vitamin B Complex yang Disarankan Untuk Tubuh

dosis vitamin b complex

Vitamin B larut dalam air, yang berarti tubuh kita tidak menyimpannya. Untuk alasan ini, diet Sahabat sehat harus menyediakannya setiap hari. Lalu berapakah dosis vitamin B complex yang baik untuk tubuh berdasarkan kategori dewasa, anak dan balita. Mereka memiliki banyak fungsi penting dan sangat penting untuk menjaga kesehatan yang baik.

Suplemen vitamin B kompleks biasanya mengandung:

  1. B1 (tiamin). Tiamin memainkan peran penting dalam metabolisme dengan membantu mengubah nutrisi menjadi energi. Sumber makanan terkaya termasuk daging babi, biji bunga matahari, dan rumput bibit gandum
  2. B2 (riboflavin). Riboflavin membantu mengubah makanan menjadi energi dan juga bertindak sebagai antioksidan. Makanan tertinggi dalam riboflavin termasuk daging organ, daging sapi, dan jamur.
  3. B3 (niasin). Niasin berperan dalam pensinyalan seluler, metabolisme, dan produksi serta perbaikan DNA. Sumber makanan termasuk ayam, tuna.
  4. B5 (asam pantotenat). Seperti vitamin B lainnya, asam pantotenat membantu tubuh Sahabat sehat memperoleh energi dari makanan dan juga terlibat dalam produksi hormon dan kolesterol. Hati, ikan, yogurt, dan alpukat adalah sumber yang baik.
  5. B6 (piridoksin). Pyridoxine terlibat dalam metabolisme asam amino, produksi sel darah merah, dan penciptaan neurotransmiter. Makanan tertinggi vitamin ini termasuk buncis, salmon, dan kentang.
  6. B7 (biotin). Biotin sangat penting untuk metabolisme karbohidrat dan lemak dan mengatur ekspresi gen. Ragi, telur, salmon, keju, dan hati adalah salah satu sumber makanan terbaik biotin.
  7. B9 (folat). Folat dibutuhkan untuk pertumbuhan sel, metabolisme asam amino, pembentukan sel darah merah dan putih, dan pembelahan sel yang tepat. Ini dapat ditemukan dalam makanan seperti sayuran berdaun hijau, hati, dan kacang-kacangan atau dalam suplemen dalam bentuk asam folat.
  8. B12 (kobalamin). Mungkin yang paling terkenal dari semua vitamin B, B12 sangat penting untuk fungsi neurologis, produksi DNA, dan perkembangan sel darah merah. B12 ditemukan secara alami dalam sumber hewani seperti daging, telur, makanan laut, dan susu.

DAPATKAN VITAMIN B COMPLEX DI SESA.ID

Meskipun vitamin ini memiliki beberapa karakteristik, mereka semua memiliki fungsi yang unik dan dibutuhkan dalam jumlah yang berbeda.

Sementara zat gizi penting lainnya, kolin, sebelumnya dianggap sebagai vitamin B kompleks dan memiliki beberapa kesamaan dengan mereka, sebenarnya bukan vitamin atau mineral.

Siapa yang harus mengonsumsi vitamin B kompleks?

Karena vitamin B ditemukan dalam banyak makanan, kemungkinan besar Sahabat sehat tidak berisiko mengalami defisiensi selama Anda mengikuti diet yang lengkap. Namun, keadaan tertentu meningkatkan kebutuhan vitamin B, membuat suplemen diperlukan. Diantaranya adalah kelompok berikut:

1. Orang yang sedang hamil atau menyusui

Selama kehamilan, permintaan vitamin B, terutama B12 dan folat, meningkat. Ini karena mereka dibutuhkan untuk mendukung perkembangan janin.

BACA JUGA: Vitamin B Complex Untuk Apa dan Ketahui Bagaimana Fungsinya Terhadap Tubuh

Pada orang yang sedang hamil atau menyusui – terutama mereka yang mengikuti diet vegetarian atau vegan – suplementasi dengan vitamin B kompleks sangat penting.

Kekurangan B12 atau folat selama kehamilan atau saat menyusui dapat menyebabkan kerusakan neurologis yang parah atau cacat lahir pada janin atau bayi.

2. Lansia

Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh kita untuk menyerap vitamin B12 menurun dan nafsu makan menurun, sehingga sulit bagi sebagian orang untuk mendapatkan cukup B12 melalui diet saja. Kemampuan tubuh untuk melepaskan B12 dari makanan sehingga dapat diserap tergantung pada jumlah asam lambung yang cukup.

vitamin b complex

Garden Of Life MyKind Organic B Complex

Namun, diperkirakan 10-30% orang berusia di atas 50 tahun tidak menghasilkan cukup asam lambung untuk menyerap B12 dengan baik. Jika lansia minum obat untuk mengurangi asam lambung untuk mengobati refluks asam ini juga dapat menghambat penyerapan B12.

Kekurangan B12 telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat depresi dan gangguan mood pada orang tua.  Kekurangan vitamin B6 dan folat juga umum terjadi pada orang dewasa yang lebih tua.

3. Mereka yang memiliki kondisi medis tertentu

Orang dengan kondisi medis tertentu — seperti penyakit celiac, kanker, penyakit Crohn, alkoholisme, hipotiroidisme, dan anoreksia — lebih mungkin mengalami kekurangan zat gizi, termasuk vitamin B.

Selain itu, mutasi genetik MTHFR dapat memengaruhi cara tubuh kita memetabolisme folat, yang dapat menyebabkan defisiensi folat dan masalah kesehatan lainnya.

vitamin code raw b12 garden-of-life-30-caps-2

Garden Of Life Vitamin Code Raw B12 

Terlebih lagi, orang yang telah menjalani operasi penurunan berat badan tertentu juga cenderung kekurangan vitamin B. Dalam keadaan ini, orang sering disarankan untuk melengkapi dengan vitamin B kompleks untuk memperbaiki atau menghindari kekurangan.

4. Vegetarian dan vegan

Vitamin B12 secara alami ditemukan dalam produk hewani seperti daging, susu, telur, dan makanan laut. Vegan dan vegetarian yang ketat dapat berisiko mengalami kekurangan B12 jika mereka tidak mendapatkan cukup vitamin ini melalui makanan atau suplemen yang diperkaya.

Vitamin B kompleks setiap hari dapat membantu memastikan bahwa orang yang memilih untuk mengikuti diet yang menghilangkan produk hewani mendapatkan cukup nutrisi penting ini.

5. Orang-orang yang memakai obat-obatan tertentu

Obat yang sering diresepkan dapat menyebabkan kekurangan vitamin B. Misalnya, penghambat pompa proton, yang merupakan obat yang menurunkan asam lambung, dapat menurunkan penyerapan B12.

Sedangkan metformin, obat diabetes yang populer, dapat menurunkan kadar B12 dan folat. Pil KB juga dapat menghabiskan beberapa vitamin B, termasuk B6, B12, folat, dan riboflavin).

Sahabat sehat, setelah kita mengetahui manfaat vitamin B Complex, macamnya, dan bagaimana kita memilih makanan yang mengandung vitamin tersebut, kini saatnya kita membahasa dosis vitamin B Complex sesuai dengan kebutuhan kita.

vitamin B 100 NOW

NOW Vitamin B 100 

Kebutuhan dan Dosis Vitamin B Complex

Berikut kebutuhan harian masing-masing jenis vitamin B untuk kelompok anak usia di atas 4 tahun dan dewasa, serta kelompok ibu hamil dan menyusui dalam satuan miligram (mg) dan microgram (mcg).

  1. Tiamin (B-1): 1,2 mg untuk dewasa dan anak >5 tahun; 1,4 mg untuk ibu hamil dan menyusui
  2. Riboflavin (B-2): 1,3 mg untuk dewasa dan anak >5 tahun; 1,6 mg untuk ibu hamil dan menyusui
  3. Niasin (B-3): 16 mg untuk dewasa dan anak >5 tahun; 18 mg untuk ibu hamil dan menyusui
  4. Asam pantotenat (B-5): 5 mg untuk dewasa dan anak >5 tahun; 7 mg untuk ibu hamil dan menyusui
  5. Vitamin B-6: 1,7 mg untuk dewasa dan anak >5 tahun; 2 mg untuk ibu hamil dan menyusui
  6. Biotin (B-7): 30 mcg untuk dewasa dan anak >5 tahun; 35 mcg untuk ibu hamil dan menyusui
  7. Folat (B-9): 400 mcg untuk dewasa dan anak >5 tahun; 600 mcg untuk ibu hamil dan menyusui
  8. Vitamin B-12: 2,4 mcg untuk dewasa dan anak >5 tahun; 2,8 mcg untuk ibu hamil dan menyusui

https://sesa.id/catalogsearch/result/index/?p=2&q=vitamin+b

Dosis vitamin B Complex untuk balita adalah

  1. Vitamin B1 0,2 – 0,5 mg
  2. Untuk vitamin B2 0,3 – 0,6 mg
  3. Vitamin B3 2 – 8 mg
  4. Asam pantotenat (B5) 1,7 -3 mg
  5. Vitamin B6 0,1 – 1 mg
  6. Folat (vitamin B9) 80 – 300 mcg
  7. Vitamin B12 0,4 – 2 mcg


    1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK482360/
    2. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27029320/
    3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4863271/
    4. https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/pantothenic_acid#section=Top
    5. https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/pyridoxine
    6. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19319844/
    7. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3257642/
    8. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3798919/
    9. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3237236/
    10. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4341306/
    11. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia

    Sumber Gambar:

    • Sesa.id
    • Unsplash.com