Home » Blog » 7 Essential Oil untuk Imun Booster. Wangi dan Menyehatkan

7 Essential Oil untuk Imun Booster. Wangi dan Menyehatkan

essential oil untuk imun booster

essential oil untuk imun booster – Sahabat sehat, di bulan-bulan musim kemarau, musim hujan bahkan musim pancaroba, tubuh akan merespon berbagai kondisi alam yang berubah-ubah. Sistem kekebalan tubuh tubuh adalah salah satu mesin utama untuk menjaga kita supaya dapat tetap beraktivitas di setiap perubahan musim. 

Kita perlu menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga dapat tetap sehat dan merasa bahagia. Kapasitas tubuh manusia berbeda-beda, ada beberapa orang yang rentan sakit ketika musim kemarau.

Atau karena kondisi tubuhnya kurang sehat jika terlalu banyak terkena panas matahari. Bisa juga karena kurangnya paparan sinar matahari memainkan faktor penting dalam kesehatan orang tersebut.

Pentingnya Vitamin D untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin D memiliki banyak manfaat kesehatan tetapi sangat penting untuk sistem kekebalan yang berfungsi dengan baik.

Sel pembunuh kita, atau sel T (sel yang secara aktif mencari patogen berbahaya untuk dihancurkan dalam aliran darah), membutuhkan vitamin D untuk mengaktifkannya. Jika ada kekurangan vitamin D, efektivitas sistem kekebalan adaptif ditekan.

Namun ada sebagian orang yang rentan terkena penyakit ketika musim hujan karena kondisi tubuhnya akan menurun jika terlalu banyak terkena dingin. Hal tersebut dikarenakan kemampuan sel imun untuk melakukan apoptosis (penghancuran diri untuk mencegah penyebaran virus ke sel lain) terganggu, membuat sel imun dalam posisi yang tidak menguntungkan dari invasi kuman.

Faktor yang Mengurang Kekuatan Sistem Imun

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kekuatan sistem kekebalan tubuh. Berbagai faktor menentukan seberapa baik kinerja mekanisme pertahanan kita. Faktor seperti stres, kualitas tidur, diet, dan olahraga memengaruhi vitalitas sistem kekebalan Anda.

Mengikuti diet bergizi dengan tidur 7 hingga 8 jam dan olahraga yang cukup akan membuat Anda setidaknya berada di jalur yang benar. Selain menjaga asupan makanan yang sehat. Sahabat sehat juga dapat melakukan aktivitas yang memiliki sifat terapeutik, misalnya dengan menggunakan minyak esensial.

Minyak Esensial untuk Kekebalan Tubuh

Minyak esensial dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mendukung tubuh kita untuk menaklukkan cuaca panas atau angin dingin dan hari-hari yang kelabu.

Essential oil untuk imun booster, mampu membentengi sistem imun kita karena kandungan senyawa yang memiliki sifat farmakologis. Senyawa ini, termasuk karbohidrat, eter, alkohol, aldehida, dan keton. Itulah mengapa minyak esensial memiliki aroma dan sifat biologis tertentu untuk tujuan pengobatan dan terapi.

Mereka dapat memperkuat sistem kekebalan atau menghilangkan bakteri dan virus berbahaya. Sementara semua minyak esensial mengandung sifat antivirus, nematisida, antijamur, insektisida, dan antioksidan sampai batas tertentu.

Jenis-jenis Minyak Esesnsial untuk Sistem Imun

Beberapa minyak esensial memiliki lebih dari satu manfaat dari yang lain. Tergantung pada karakteristiknya. Berikut beberapa jenis minyak esensial yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. 

  • Lemon

Minyak esensial lemon dapat meningkatkan suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa hal itu mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Selain itu, minyak esensial lemon menawarkan kualitas antibakteri dan antioksidan kuat yang memberikan keajaiban bagi sistem kekebalan. Minyak esensial lemon juga terkait dengan peningkatan produksi limfosit, yang merupakan jenis utama sel kekebalan tubuh.

  • Rosemary

Minyak esensial rosemary memiliki sifat antibakteri yang mampu membantu melindungi tubuh. Mirip dengan minyak kayu putih, minyak esensial rosemary memiliki efek positif dalam melindungi tubuh dari penyakit saluran napas.

Hal itu dikarenakan tingginya persentase 1,8-cineole yang memiliki efek anti-inflamasi pada penyakit saluran napas. Selain itu, minyak ini memiliki kualitas  untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena manfaat psikologis.

Penelitian menunjukkan khasiat rosemary dapat membuat nyaman; mengurangi tingkat kortisol dan meningkatkan kekuatan sistem imun.

  • Cinnamon Bark

Cinnamon atau kayu manis mempunyai sifat yang mampu mendukung kekebalan tubuh yaitu dengan adanya fungsi antibakteri dan antiseptik. Kayu manis memiliki kedua sifat tersebut dan karenanya dapat membantu meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap kuman di berbagai musim.

Namun hati-hati, kayu manis dianggap sebagai minyak “panas”, yang berarti sahabat sehat harus selalu mengencerkannya untuk menggunakannya dengan aman

  • Tea Tree

Minyak esensial tea tree mampu melawan infeksi dan menghambat bakteri berbahaya. Dengan kualitas antibakteri dan antijamur yang kuat karena tingkat alfa-sabine yang tinggi dan kualitas anti-skeptis.

Minyak esensial Tea Tree adalah penguat kekebalan yang terkenal. Penelitian menunjukkan bahwa protein yang secara signifikan ditekan terkait dengan respon inflamasi.

  • Papermint

Peppermint adalah salah satu minyak esensial yang populer. Peppermint dapat digunakan untuk membantu meredakan sakit kepala dan gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan peppermint mempunyai sifat detoksifikasi dan diyakini membantu mengurangi keinginan mengidam gula.

Peppermint memiliki sifat antibakteri, antivirus dan anti-inflamasi, yang membantu memerangi infeksi virus dan jamur, termasuk luka dingin. Peppermint sangat cocok untuk inhalasi, mangkuk uap, difusi, dan aplikasi topikal encer.

  • Oregano

Oregano kaya akan antioksidan dan pejuang patogen yang berfungsi efektif. Oregano dapat melawan bakteri, virus, dan mikroorganisme lain yang dapat menyebabkan penyakit.

Minyak oregano bermanfaat dalam mengobati berbagai masalah kesehatan. Minyak ini tergantung pada kondisi tubuh yang dialami saat ini. Karena oregano sangat terkonsentrasi, namun upaya moderasi juga diperlukan untuk menghindari hasil yang tidak menguntungkan.

  • Clove

Clove atau cengkeh, minyak esensial cengkeh adalah salah satu minyak esensial antibakteri yang paling kuat. Persentase eugenolnya yang tinggi antara 70-76% mampu mendukung sifat antimikroba dan antijamur yang kuat yang membersihkan molekul berbahaya dari udara.

Disarankan bahwa minyak esensial cengkeh mempromosikan regenerasi sel dan protein tertentu yang terkait dengan sistem kekebalan dan peradangan. 

Sistem imun tubuh bekerja sebagai pertahanan pertama tubuh untuk melindungi kita dari virus, penyakit, dan patogen yang masuk ke tubuh kita.

Jika ada organisme berbahaya masuk ke dalam tubuh kita, sistem imun akan menemukan jalannya ke aliran darah kita, antibodi menyerang penyusup dan membersihkan organ berbahaya dari sistem tubuh kita. Dari berbagai jenis essential oil untuk imun booster yang telah diulas, adapula produk esensial oil yang telah diracik khusus untuk meningkatkan sistem imun.

Produk tersebut mendukung sahabat sehat untuk menstabilkan sistem imun demi kesehatan dan keberlangsungan hidup serta memberikan tawaran aroma yang wangi. 

Sistem kekebalan akan aktif ketika menemukan sesuatu yang tidak dikenalinya sebagai miliknya. Garis pertahanan pertama adalah sistem kekebalan non-spesifik, atau bawaan, dan bertindak sebagai perlindungan umum untuk melawan mikroba yang masuk melalui selaput lendir kulit.

Sistem pertahanan kedua adalah sistem kekebalan spesifik, atau adaptif, di mana ia mendeteksi, menyerang, dan menetralkan patogen berbahaya. Essential oil untuk imun booster perlu dipertimbangakan dan baik digunakan untuk menjaga tubuh.

Referensi: Essential Oil Haven

Credit gambar : NOW Essential Oil