Home » Blog » 5 Manfaat Minyak Esensial untuk Imun Tubuh

5 Manfaat Minyak Esensial untuk Imun Tubuh

minyak esensial untuk imun tubuh

minyak esensial untuk imun tubuhHalo sahabat sehat, pada artikel ini kita akan mengulas tentang minyak esensial atau lebih sering kita sebut dengan sebutan essential oil. 

Apa itu Minyak Esensial?

Minyak esensial itu sendiri adalah senyawa aromatik. Minyak esensial atau senyawa aromatik tanaman digunakan untuk aromaterapi atau terapi menggunakan minyak esensial.

Jenis terapi ini merupakan salah satu terapi tradisional yang telah digunakan hampir 6.000 tahun dengan penggunaan yang bertujuan meningkatkan suasana hati manusia serta kesehatan.

Minyak esensial terbuat dari ekstrak bunga, kulit kayu, biji-bijian, akar, batang, daun dan berbagai bagian tumbuhan lainnya.

NAHA atau National Association for Holistic Aromatherapy mengartikan bahwa aromaterapi guna berfungsi untuk aplikasi terapeutik atau sebagai penyembuhan untuk holistik dari minyak esensial atau zat aromatik.

Banyak dari minyak esensial yang sudah ditemukan mempunyai bermacam tingkat alur antimikroba. Telah diyakini pula mempunyai nematisida,  antijamur, antivirus, insektisida, serta antioksidan.

Bentuk dari pengolahan aromaterapi antara lain, yakni aplikasi topikal, pijat, serta proses pengirupan udara menuju paru-paru.

Manfaat Minyak Esensial untuk Tubuh

Di kondisi bumi saat ini dengan cuaca ekstrim dan mudah berubah-ubah, tubuh manusia rentan sekali terserang penyakit. Sahabat sehat perlu menjaga kestabilan imun tubuh. Dalam ulasan ini, akan memberi informasi terkait manfaat minyak esensial terhadap kestabilan imun tubuh.

Pada beberapa kasus, menurunnya imun tubuh juga dipengaruhi oleh pikiran dan suasana hati. Perlu sahabat sehat ketahui, pikiran dan suasana hati dapat dikontrol dengan beberapa aktivitas yang membuat diri kita menjadi rileks dan terkontrol. 

Minyak esensial mempunyai banyak fungsi bergantung pada bahan ekstrak minyak yang digunakan. Salah satu varian aroma minyak esensial yang dapat mendukung aktivitas relaksasi yaitu varian aroma lavender. Aroma lavender dapat membantu menghilangkan stres, kelelahan, depresi, dan sakit kepala. 

Sahabat sehat dapat menggunakan minyak esensial dengan cara diffuser atau menjadikan minyak esensial sebagai olesan yang dicampur dengan minyak lain sebagai larutan tambahan.

Sahabat sehat, jika akan melakukan kegiatan terapi menggunakan minyak esensial, ada baiknya mengetahui beberapa manfaat dari minyak esensial terlebih dahulu untuk menambah kesadaran pikiran akan pentingnya manfaat minyak esensial untuk imun tubuh

  • Minyak esensial menciptakan semangat alami dalam langkah Anda.

Jika Anda mencoba untuk tidak bergantung pada siklus sehari-hari dengan kafein yang kita konsumsi, kita bergantung pada bahan konsumsi tersebut setiap berada di siklus tersebut.

Jadi sahabat sehat perlu memulai dengan aktivitas lain yang alami seperti menambahkan beberapa campuran esensial ke diffuser saat sahabat sehat membutuhkan. Menggunakan minyak esensial, memberi manfaat yang alami dan tidak memberikan bahaya. 

  • Minyak esensial dapat menyeimbangkan hormon sahabat sehat.

Hormon kita terikat pada hampir setiap fungsi tubuh kita. Ketika tidak selaras, hormon dapat memicu pencernaan yang buruk (terutama ketika kita wanita sedang PMS. Hormon dapat memberi kita kabut otak atau hanya membuat kita merasa “tidak aktif.” Campuran minyak esensial memiliki sifat adaptogenik yang membantu kita mengelola stres internal secara alami. 

  • Minyak esensial dapat digunakan untuk membantu aktivitas bersantai.

Sama seperti minyak esensial yang dapat membantu Anda rileks. Kemampuan untuk membantu kita bersantai. Diffuser dengan tambahan minyak esensial membuat suasana hati sahabat sehat merasa tenang.

Minyak esensial lavender misalnya, telah ditunjukkan dalam penelitian untuk benar-benar meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal ini menjadi pilihan tepat untuk bersantai karena aromanya yang hangat dan kaya memberikan perasaan nyaman.

  • Minyak esensial membantu mengatasi sesak di dada.

Aroma dari minyak esensial ternyata dapat membantu Anda bernapas lebih mudah, minyak kayu putih adalah salah satunya.

Beberapa ekstrak minyak esensial lainnya juga mempunyai manfaat yang serupa karena memiliki sifat anti-inflamasi dan ketika dihirup, dapat membantu melawan iritasi pernapasan dan membuka sistem pernapasan. Minyak peppermint juga dapat membantu membuka saluran udara di hidung, dan sangat efektif saat melawan flu biasa.

  • Minyak esensial mampu meringankan stres.

Sahabat sehat pasti sudah tidak asing dengan salah satu manfaat ini.  Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami stres. Beberapa penelitian telah menemukan manfaat minyak esensial untuk memerangi stres, kecemasan, dan bahkan depresi.

Beberapa aroma minyak esensial telah terbukti mengurangi kecemasan pada wanita. Ini mungkin berguna dengan membantu mengurangi serangan panik, dan bahkan syok.

Sahabat sehat, itulah pentingnya minyak esensial untuk imun tubuh. Minyak esensial tentu memiliki banyak manfaat, bukan? Ciptakanlah hidup sehat agar tidak mudah terserang penyakit.

Referensi: Healthline

Credit gambar: NOW Indonesia