Home » Blog » 3 Tips Menggunakan Essential Oil untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

3 Tips Menggunakan Essential Oil untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

essential oil untuk imunitas

essential oil untuk imunitas – Essential oil atau minyak atsiri merupakan minyak alami yang digunakan sebagai aromaterapi dan obat herbal. Bahkan manfaat essential oil untuk imunitas sudah tidak diragukan lagi. Sahabat Sehat dapat menyimak informasi berikut. 

Jenis Essential Oil untuk Meningkatkan Imunitas

Ada berbagai jenis minyak aromaterapi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, yakni:

  1. Eucalyptus Essential Oil

Eucalyptus adalah tanaman yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh guna melawan infeksi. Tanaman ini juga dikenal dengan nama minyak kayu putih. Manfaat essential oil yang satu ini dapat mencegah perkembangan bakteri karena sifat antibakteri.  

Selain itu eucalyptus juga mampu meningkatkan jumlah sel makrofag dan menghancurkan patogen serta melawan infeksi. Komponen aktif yang utama dirasakan saat menghirup minyak atsiri eucalyptus dapat membantu masalah peradangan sistem pernapasan. 

Minyak atsiri yang satu ini juga berguna untuk aromaterapi. Minyak yang terbuat dari 100% Mentha piperita murni ini memiliki keunggulan yang sangat baik. Proses pembuatannya dibuat dengan metode cold pressed. Sahabat Sehat dapat menggunakannya pada diffuser untuk mendapatkan aroma segar. 

  • Lemon Essential Oil

Minyak essential lemon ini termasuk dalam keluarga sitrus yang efektif merangsang sistem limfatik dalam sistem kekebalan tubuh. Selain itu lemon juga memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antimikroba yang tinggi. Lemon terbukti mampu membunuh berbagai jenis jamur guna melindungi tubuh manusia dari bakteri berbahaya. 

  • Ginger Essential Oil

Essential oil untuk imunitas selanjutnya adalah Ginger Essential Oil. Minyak atsiri dari ekstrak jahe ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minyak atsiri jahe akan meningkatkan respons kekebalan antibodi guna mencegah terjadinya inflamasi dari bakteri maupun virus. 

Tips Menggunakan Essential Oil untuk Meningkatkan Imunitas

Anda dapat merasakan manfaat essential oil dari dalam maupun dari luar tubuh guna meningkatkan imunitas. Ikuti tips berikut ini:

  • Essential Oil untuk Uap Aromaterapi

Sahabat Sehat dapat menggunakan minyak atsiri untuk meringankan gejala pilek dan hidung tersumbat. Anda bisa menghirup uapnya dengan cara mencampurkan 1 hingga 2 tetes minyak atsiri aromaterapi ke dalam satu baskom air hangat. Kemudian tundukkan kepala di atas baskom dan tutup menggunakan handuk. 

Agar lebih mudah dan tidak repot dengan baskom, Anda bisa menggunakan cotton bud untuk menghirup aromanya langsung. Jika Anda punya alat uap seperti diffuser maka akan lebih baik. Minyak aromaterapi akan diubah menjadi uap dan disebarkan ke seluruh ruangan. 

Ada berbagai jenis diffuser yakni diffuser keramik dengan lilin atau tenaga listrik. Diffuser aromaterapi tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Apalagi jika penghuni rumah ada yang sedang hamil atau kondisi medis tertentu. 

  • Essential Oil untuk Berendam

Jika Anda ingin lebih rileks dengan minyak atsiri aromaterapi, bisa menggunakannya saat mandi. Tambahkan beberapa tetes minyak atsiri yang dapat meningkatkan imunitas dan meredakan stres seperti Lemon Essential Oil. 

  • Essential Oil untuk Pijat

Manfaat essential oil untuk imunitas tubuh juga dapat dirasakan dengan membalurkan tubuh dengan minyak atsiri. Anda bisa memijat tubuh dengan menambahkan minyak pijat yang dicampurkan minyak atsiri. Aroma yang menenangkan tentu dapat membuat pernapasan lancar, pikiran rileks dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Demikian informasi terkait tips dan manfaat essential oil untuk imunitas. Semoga informasi tersebut dapat membuat Anda mengetahui bahwa essential oil memiliki manfaat yang berguna bagi imunitas. 

Referensi: Motherhood Community