Home » Blog » Inilah 7 Buah Penambah Imun Tubuh Agar Tak Mudah Terjangkit Penyakit

Inilah 7 Buah Penambah Imun Tubuh Agar Tak Mudah Terjangkit Penyakit

buah penambah imun tubuh

buah penambah imun tubuh – Sistem kekebalan tubuh bisa dipahami secara sederhananya sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sel – sel yang paling penting dalam sistem imun dan kekebalan tubuh adalah sel darah putih.

Banyak cara yang bisa sahabat sehat lakukan agar tetap sehat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meningkatkan sistem imun tubuh bisa dengan olahraga teratur atau dengan makan makanan sehat.

Dengan makan makanan tertentu yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi di tengah pandemi yang hingga kini masih belum berakhir. Salah satu makanan penting dalam meningkatkan imun tubuh adalah buah – buahan.

Berikut ini adalah buah penambah imun tubuh yang sahabat sehat dapat di konsumsi sehari – hari:

  • Jeruk

Saat mendengar buah jeruk otak kita pasti langsung menghubungkannya dengan vitamin C, karena buah yang satu ini memang dikenal kaya akan kandungan vitamin C nya.

Tubuh kita tidak dapat memproduksi atau menyimpan vitamin C, maka dengan mengkonsumsi buah jeruk secara rutin kita bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Jumlah harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 75 – 90 miligram. Namun, hindari mengkonsumsi lebih dari 2000 miligram per hari.

  • Pepaya

Buah khas dari kawasan tropis ini mengandung vitamin A, B, C, dan K yang bermanfaat untuk meningkatkan imun dan daya tahan tubuh. Kandungan gizi yang dimiliki pepaya bisa memenuhi rekomendasi gizi harian, seperti kalium, magnesium, serta folat.

Tak hanya vitamin, pepaya juga mengandung enzim papain yang memiliki efek anti-inflamasi dan membantu melancarkan pencernaan. Jadi, sahabat sehat perlu untuk menyetok buah penambah imun tubuh yang satu ini.

  • Semangka

Buah manis yang segar dan penuh air ini, mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk meningkatkan imun tubuh, seperti vitamin A, C, B1, B5, dan B6, serta potasium dan glutathione.

Terdapat pula enzim likopen yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Semangka yang mengandung banyak air dan elektrolit, sangat baik dikonsumsi saat panas atau setelah berolahraga, agar tubuh terhindar dari resiko dehidrasi.

  • Delima

Buah delima kaya akan vitamin C, serat, antioksidan, serta antiradang. Ekstrak buah ini ditemukan senyawa bermanfaat yang dapat melawan bakteri berbahaya seperti E-coli, salmonella, yersinia, clostridium, shigella, listeria, dan staphylococcus aureus.

Sehingga buah delima dapat membantu melengkapi kebutuhan gizi harian. Selain itu, buah delima juga dipercaya dapat meringankan radang gusi, penumpukan plak, serta menghambat bakteri di mulut penyebab penyakit periodontal.

  • Kiwi

Salah satu buah dengan nutrisi tinggi lain adalah kiwi. Berkat kandungan gizi yang beragam, kiwi menjadi pilihan buah penambah imun tubuh yang dapat dikonsumsi bagi siapa saja. Buah kiwi kaya akan vitamin C, E, K, folat, dan asam amino, serta mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

  • Jambu biji

Buah yang satu ini banyak disarankan oleh dokter dan ahli gizi sebagai makanan pendamping. karena mengandung vitamin C, serta enzim likopen yang berfungsi sebagai antioksidan dan mampu membunuh sel – sel kanker dalam tubuh.

  • Leci

Buah leci juga masuk dalam buah yang tinggi akan kandungan vitamin C nya, karena setiap satu buah leci mampu memenuhi 7,5% kebutuhan nutrisi harian. Selain itu, buah leci mengandung asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat untuk otak, jantung, dan pembuluh darah.

Itulah buah – buahan yang dapat meningkatkan imun tubuh dan mudah sekali didapatkan, baik di kios buah, mini market, hingga supermarket. Sahabat sehat bisa menyimpan buah – buahan ini untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian agar tak mudah terjangkit penyakit.

Referensi: Kontan

Gambar oleh silviarita dari Pixabay