Home » Blog » 5 Faktor yang Berpengaruh terhadap Imunitas dan Cara Memperkuatnya

5 Faktor yang Berpengaruh terhadap Imunitas dan Cara Memperkuatnya

imunitas adalah

Imunitas adalah sistem daya tahan tubuh yang dimiliki oleh setiap manusia, yang akan berperan dalam menangkal serangan substansi asing (infeksi penyakit) yang masuk dalam tubuh. Infeksi penyakit tersebut bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit, virus, dan sebagainya.

Substansi asing yang masuk tersebut disebut dengan antigen ataupun imunogen.

Respon imun

Respon imun adalah suatu respon yang diberikan oleh tubuh ketika antigen ataupun imunogen tersebut terpapar dalam tubuh. Respon imun sendiri terbagi dalam dua fase, yaitu respon imun alami, dan respon imun adaptif.

Respon imun alami terjadi pada tubuh ketika awal terpapar imunogen. Jika sistem imun alami ini cukup kuat, maka tubuh tidak akan terinfeksi atau sakit. Namun, jika sistem imun tidak cukup kuat, maka tubuh akan dengan mudah terserang penyakit dan timbul gejala-gejala sakit.

Sistem imun alami di antaranya adalah sel APC (antigen presenting cells) dan sel NK (natural killer). Sementara sel dalam respon imun adaptif adalah sel limfosit T dan sel limfosit B.

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap sistem imun

Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap imunitas adalah sebagai berikut.

  • Genetik

Faktor genetik dapat mempengaruhi kondisi kekebalan tubuh seseorang, namun faktor ini tidak terlalu terjadi dalam banyak kasus. Komponen sistem imun yang dipengaruhi oleh faktor genetik akan merespon terhadap infeksi penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

  • Lingkungan

Faktor yang berpengaruh dalam imunitas adalah diantaranya lingkungan. Ini memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan faktor genetik.  Faktor lingkungan terutama akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh jangka panjang. 

Meskipun memiliki kondisi genetik yang sama, namun tinggal di lingkungan berbeda, maka akan berpengaruh juga terhadap kondisi sistem imun seseorang.

  • Makanan

Pola makan yang tidak sehat akan membuat tubuh rentan terhadap serangan penyakit. Sementara produk-produk makanan yang baik bagi kekebalan tubuh adalah makanan yang mengandung vitamin, mineral, kaya serat, produk-produk fermentasi, dan sebagainya.

  • Usia

Semakin tua usia seseorang, maka akan semakin menurun produksi sel-sel kekebalan tubuh.

  • Kondisi kesehatan

Orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu akan memiliki sistem imun yang lebih lemah dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat penyakit.

Cara Memperkuat Imunitas

Untuk memperkuat imunitas, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

  • Konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi sistem imun dalam tubuh. Selain itu, sayur dan buah mengandung serat yang akan membantu memperlancar kondisi pencernaan Sahabat Sehat.

Pilih buah dan sayur yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, bisa dilakukan dengan memilih buah dan sayur yang memiliki warna cerah.

  • Olahraga teratur

Olahraga rutin akan membantu menjaga fisik tetap sehat dan bugar. Tubuh juga akan terhindar dari penyakit kronis seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan sebagainya.

  • Tidur yang cukup

Cara selanjutnya adalah dengan mendapatkan tidur yang cukup sesuai dengan usia Anda.  Jangan biasakan tidur larut dan bangun siang. Dapatkan kualitas tidur yang baik dengan menjauhkan segala gawai sebelum tidur.

  • Kelola stress

Jika tubuh mengalami stress yang berlebih, maka penyakit akan lebih mudah menyerang. Oleh karena itu, atur jadwal yang rutin untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dan beri jeda untuk istirahat pada setiap pekerjaan yang Anda kerjakan.

  • Konsumsi suplemen

Suplemen akan membantu dalam meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh. Kandungan yang diperhatikan dalam memilih suplemen untuk imunitas adalah yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin D, propolis, zat besi, dan sebagainya.

Beli pada toko jual suplemen untuk kekebalan tubuh yang terpercaya supaya hasilnya pun dapat terlihat nyata.

Referensi: UGM

Gambar oleh RitaE dari Pixabay