Home » Blog » Apa Manfaat Madu? Ini 7 Manfaat Beserta Kandungan Nutrisinya bagi Kesehatan Tubuh

Apa Manfaat Madu? Ini 7 Manfaat Beserta Kandungan Nutrisinya bagi Kesehatan Tubuh

apa manfaat madu

Madu digunakan sejak berabad-abad lalu dan dipercaya sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Rasa manis pada madu dapat meningkatkan imunitas tubuh hingga menjaga kesehatan jantung. Lalu, apa manfaat madu lainnya yang bisa Sahabat Sehat dapatkan ketika mengonsumsinya?

Cairan yang berasal dari lebah ini mengandung nutrisi yang sangat beragam dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Madu kaya akan kandungan berbagai vitamin, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin B kompleks, flavonoid, dan sebagainya.

Manfaat Madu bagi Kesehatan

Madu memiliki rasa manis yang dapat meningkatkan mood sekaligus stamina pada tubuh, terutama jika mengonsumsinya saat olahraga atau bekerja. Bukan hanya itu, mengonsumsi madu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan wajah. Simak daftar manfaatnya berikut ini:

  • Meningkatkan Energi

Madu mengandung 64 kalori dan 17 gram gula dalam setiap sendoknya. Ada beberapa kandungan gula dalam madu, seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa.

Kandungan tersebut merupakan sumber energi yang baik bagi kesehatan. Tubuh akan menyerap glukosa dengan cepat, lalu memberikan energi secara langsung. Sementara itu, tubuh menyerap fruktosa lebih lambat untuk memberikan energi lanjutan.

Meski rasanya manis, madu mampu menjaga kadar gula darah daripada jenis gula pada umumnya.

  • Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Madu bekerja sebagai antioksidan alami yang bisa melindungi tubuh dan wajah dari radikal bebas. Kandungan vitamin yang beragam dan senyawa fitonutrien pada madu mampu mencegah terjadinya kerusakan sel dan jaringan tubuh sebagai akibat dari aktivitas oksidasi.

Mengonsumsi madu secara rutin dapat memperkuat sel imun dalam tubuh, mencegah diabetes, hingga meminimalisir resiko serangan jantung.

  • Menyembuhkan Luka

Ada beberapa jenis luka yang bisa sembuh karena mengonsumsi madu secara rutin. Mulai dari lecet, luka bakar, bahkan luka diabetes.

Berbagai penelitian mengatakan bahwa madu efektif untuk membuat luka cepat kering dan sembuh. Madu dipercaya mampu membunuh bakteri dan menutup luka dengan pembentukan kulit baru.

  • Mengobati Batuk

Madu mampu membunuh bakteri karena kandungan antimikroba di dalamnya. Selain itu, rasa manis yang berasal dari madu juga memicu produksi air liur yang bisa melembabkan tenggorokan kering dan gatal ketika ingin batuk.

  • Mencerahkan Kulit

Selain membuat tubuh sehat, madu juga mampu memberikan sederet manfaat untuk wajah. Apa manfaat madu untuk kulit wajah?

Sifat pengelupas pada madu dipercaya mampu menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga dapat mencerahkan kulit yang kusam. Sahabat Sehat bisa mengoleskan madu ke wajah setelah mencuci wajah dengan bersih menggunakan sabun dan air.

  • Melembabkan Bibir

Tekstur madu yang cair dan lengket ternyata sangat berguna untuk bibir, lho. Apa manfaat madu untuk bibir? Ketika Sahabat Sehat mengoleskan madu ke bibir, madu akan menyerap ke dalam kulit dan memicu terciptanya bibir yang halus dan kenyal.

  • Sebagai Eksfoliasi

Sahabat Sehat bisa membuat masker wajah menggunakan madu murni sebagai eksfoliasi. Kandungan enzim pada madu dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di wajah. Sahabat Sehat dapat menjadikan madu sebagai scrub dengan campuran bahan lainnya agar hasilnya lebih maksimal.

Namun, sebelum menggunakannya pada seluruh wajah, Sahabat Sehat dapat mencobanya di beberapa area kulit, seperti bawah telinga. Hal tersebut berguna untuk mengetahui apakah kulit akan mengalami alergi dan iritasi atau tidak.

Nah, kini Sahabat Sehat sudah tahu apa manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan. Mengonsumsi madu secara rutin mampu membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas.

Dimana membeli madu organik yang asli?

Meski sangat mudah ditemukan, Sahabat Sehat juga perlu memilih madu yang berkualitas baik untuk hasil yang maksimal. Sahabat Sehat dapat membeli madu organik Sesa yang asli, aman untuk dikonsumsi, dan tentunya dengan harga terjangkau.

 

Referensi: Alodokter

Gambar oleh 家伟 liu dari Pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *