Home » Blog » 6 Manfaat Minum Madu Setiap Hari bagi Kesehatan

6 Manfaat Minum Madu Setiap Hari bagi Kesehatan

manfaat minum madu setiap hari

Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, menjaga kesehatan adalah hal terpenting yang harus dilakukan. Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan meminum madu secara rutin. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat minum madu setiap hari.

Manfaat Minum Madu Secara Rutin

Seperti yang diketahui,  madu merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi, mulai dari antioksidan, vitamin, hingga garam mineral. Dalam kehidupan sehari-hari, madu kerap dimanfaatkan sebagai pengganti gula alami karena tidak mengandung bahan kimia.

Semakin hari, masyarakat semakin menyadari betapa ampuhnya khasiat madu bagi kesehatan. Maka dari itu, tak jarang oknum-oknum memalsukan keaslian madu demi meraup keuntungan yang berlipat ganda.

Terlepas dari semua hal itu, apa manfaat minum madu setiap hari bagi kesehatan? Sahabat Sehat akan menemukan jawabannya setelah menyimak poin-poin berikut ini:

banner belanja madu

  • Meningkatkan Energi

Sahabat Sehat pasti sudah tahu jika madu murni diproduksi oleh lebah. Dalam satu sendok makan madu, terkandung sekitar 17 gr gula dan 64 kalori. Gula yang terkandung dalam madu adalah glukosa, fruktosa, sukrosa, dan maltosa, sehingga aman untuk penderita diabetes.

Dengan adanya kandungan gula dan karbohidrat tersebut, energi dalam tubuh manusia akan meningkat dengan cepat. Selain itu, Sahabat Sehat juga akan menyimpan cadangan energi karena fruktosa diserap dengan lambat.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Bila Sahabat Sehat menderita penyakit hipertensi atau darah tinggi, maka mengonsumsi madu secara rutin sangat disarankan. Madu mengandung antioksidan yang kerap dikaitkan dengan penurunan darah tinggi. Meskipun tidak membantu banyak, penelitian menyebut bahwa konsumsi madu setiap hari dapat menurunkan sedikit tekanan darah.

  • Mengatasi Insomnia

Kesulitan tidur di malam hari adalah hal lumrah di era modern ini. Siapa saja bisa mengalami insomnia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Bila Sahabat Sehat sulit tidur di malam hari, cobalah untuk mengonsumsi madu.

Manfaat minum madu setiap hari ini bisa didapatkan karena madu melepas serotonin yang mengatur kualitas tidur. Untuk membuat tidur semakin nyenyak, Sahabat Sehat bisa mencampurkan madu dengan teh atau susu hangat.

  • Menjaga Kadar Kolesterol

Menurut penelitian, konsumsi madu secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol. Madu mampu mengurangi LDL atau kolesterol jahat secara signifikan sambil meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

Pada sebuah studi, ditemukan bahwa madu dapat mengurangi LDL sebanyak 5,8% dan meningkatkan HDL sebanyak 3,3%. Selain itu, madu juga menjadi gula alami yang berperan penting dalam proses penurunan berat badan.

banner belanja madu

  • Meminimalisir Penyakit Jantung

Selanjutnya, madu berperan penting dalam menekan resiko penyakit jantung. Berkat kandungan antioksidan dan fenol yang terdapat di dalamnya, madu mampu mengurangi resiko penyakit mematikan, seperti jantung dan stroke.

Dengan mengonsumsi madu secara rutin, arteri di jantung akan membesar, sehingga peredaran darah ke jantung menjadi lebih lancar. Selain itu, madu juga mengambil peran dalam menghambat pembentukan gumpalan darah.

  • Mengobati Batuk

Batuk merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak diderita anak-anak. Meskipun tidak berbahaya, nyatanya penyakit ini sangat membuat tidak nyaman. Berkat sifat antibakteri, madu mampu menyembuhkan batuk membandel di malam hari.

Setelah melihat berbagai manfaat tersebut, apakah Anda tertarik untuk membeli madu? Sayangnya, tidak semua madu yang dijual di pasaran berkualitas baik. Beberapa pihak menjual madu yang sudah diberi campuran bahan kimia agar lebih menguntungkan.

Namun, tak perlu bingung. Sahabat Sehat bisa mendapatkan semua manfaat minum madu setiap hari jika membeli madu uray di Sesa.id. Berbeda dari yang lain, madu uray Sesa diproduksi langsung oleh lebah liar, sehingga nutrisi dan khasiatnya masih terjaga keasliannya.

Referensi: Kompas

Gambar oleh ExplorerBob dari Pixabay