fbpx
Skip to content
Home » Blog » Hyaluronic Acid: Sumber, Manfaat dan Tips Mengkonsumsinya, Selengkapnya

Hyaluronic Acid: Sumber, Manfaat dan Tips Mengkonsumsinya, Selengkapnya

SUMBER HYALURONIC ACID ATAU ASAM HIALURONAT

Hyaluronic acid atau Asam hialuronat adalah senyawa yang ditemukan di seluruh tubuh Sahabat sehat. Senyawa ini memainkan peran kunci dalam banyak aspek kesehatan, terutama yang berkaitan dengan kulit, mata, dan persendian Sahabat sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa hyaluronic acid dapat mengurangi munculnya kerutan dan meningkatkan hidrasi, tekstur, dan elastisitas. Senyawa ini juga dapat mendukung penyembuhan luka dan pengobatan mata kering, refluks asam, dan osteoarthritis.

Tubuh Sahabat sehat dapat memproduksi Asam hialuronat, tetapi senyawa ini juga tersedia dalam suplemen oral, suntikan, dan produk topikal seperti serum. Selain itu, Sahabat sehat bisa mendapatkannya dari makanan tertentu. Plus, beberapa makanan memberikan nutrisi yang digunakan tubuh Anda untuk meningkatkan produksi hyaluronic acid.

DAPATKAN SUPLEMEN KESEHATAN DI SESA.ID

Berikut adalah 7 Makanan Sehat yang Tinggi Hyaluronic Acid atau Bahan Penyusunnya

  1. Kaldu Tulang

Kaldu tulang dibuat dengan merebus tulang dan jaringan ikat hewan dalam cairan selama 12 – 48 jam. Kaldu tulang menghasilkan produk beraroma yang kaya akan banyak gizi, termasuk hyaluronic acid. Kaldu tulang juga mengandung protein dalam jumlah yang baik, dengan sekitar 10 gram dalam setiap porsi 1 cangkir (240 ml). Selain itu, ini adalah sumber senyawa prolin, glutamin, kondroitin, dan glukosamin yang baik.

Prolin dan glutamin adalah dua jenis asam amino – bahan penyusun protein. Prolin dan glutamin mempromosikan produksi protein dalam tubuh Anda. Chondroitin dan glukosamin mendukung kesehatan sendi. Kaldu tulang juga kaya akan kolagen, sejenis protein yang telah terbukti meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit.

  1. Jeruk

Jeruk tidak mengandung Asam hialuronat, tetapi mengandung naringenin. Naringenin adalah flavonoid, sejenis senyawa tanaman dengan sifat antioksidan kuat. Ini juga ditemukan secara alami pada buah jeruk, tomat, dan buah ara lainnya.  Naringenin memblokir aktivitas hyaluronidase, enzim yang bertanggung jawab untuk pemecahan hyaluronic acid.

Oleh karena itu, makan lebih banyak jeruk dapat membantu Sahabat sehat mempertahankan kadar Asam hialuronat yang sehat dalam tubuh Sahabat sehat.

Jeruk juga rendah kalori dan penuh dengan vitamin C, mikronutrien esensial yang berfungsi ganda sebagai antioksidan kuat. Vitamin C mendukung sintesis kolagen, protein paling melimpah di tubuh Sahabat sehat yang penting untuk struktur kulit, otot, rambut, sendi, dan banyak lagi. Vitamin ini juga membantu melindungi kulit Sahabat sehat dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV).

BACA JUGA: 

  1. Tahu

Meskipun tahu tidak mengandung senyawa ini, tahu mengandung fitoestrogen yang tinggi – zat yang meniru efek hormon estrogen. Estrogen telah terbukti meningkatkan kadar senyawa ini dalam tubuh untuk mendukung kesehatan kulit dan mencegah masalah seperti kekeringan dan kerutan.

Fitoestrogen dari tahu dan produk kedelai lainnya diyakini memiliki efek serupa. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat meningkatkan produksi Asam hialuronat, meningkatkan kadar kolagen, dan melindungi dari stres oksidatif, yang dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan.

Tahu juga menyediakan protein dalam jumlah yang baik dalam setiap penyajiannya, bersama dengan beberapa nutrisi penting lainnya seperti mangan, kalsium, dan selenium.

  1. Kale

Kale adalah sayuran berdaun hijau yang memiliki zat gizi yang kuat. Setiap porsi kangkung yang dimasak memasok serat, vitamin A dan K, kalsium, tembaga, dan mangan dalam dosis tinggi (23). Ini juga tinggi magnesium, mineral penting yang terlibat dalam lebih dari 300 reaksi enzimatik dalam tubuh Sahabat sehat. Magnesium tidak hanya dibutuhkan untuk produksi energi, fungsi otot, dan kesehatan tulang, tetapi juga terlibat dalam produksi hyaluronic acid

  1. Almond

Almond adalah kacang pohon yang populer karena rasa dan keserbagunaannya yang kaya. Mereka juga sangat bergizi,karena mengandung banyak protein, serat, dan lemak sehat jantung di setiap porsi. Plus, mereka sarat dengan magnesium, yang mendukung kesehatan kulit dengan meningkatkan produksi hyaluronic acid tubuh Sahabat sehat.

Terlebih lagi, almond adalah sumber vitamin E yang bagus, nutrisi mikro yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dan memerangi stres oksidatif. Ini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan melindungi dari kerusakan kulit.

  1. Edamame

Edamame adalah jenis kedelai. Edamame sering direbus atau dikukus dan disajikan dengan taburan garam. Seperti tahu dan produk kedelai lainnya, edamame mengandung fitoestrogen, yang dapat meningkatkan kadar hyaluronic acid tubuh Sahabat sehat.

Edamame juga menyediakan mangan, yang diperlukan untuk mengaktifkan prolidase, enzim yang terlibat dalam metabolisme kolagen.  Selain itu, edamame adalah sumber protein yang sangat baik dan dapat membantu Sahabat sehatmemenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting lainnya, termasuk folat, vitamin C dan K, dan zat besi. .

  1. Ubi jalar

Bukan rahasia lagi bahwa ubi jalar sangat bergizi — kaya serat, vitamin A dan C, dan mangan. Mereka juga menyediakan banyak magnesium dalam setiap porsi, yang memungkinkan tubuh Sahabat sehat memproduksi hyaluronic acid secara efisien. Ubi jalar juga mengandung beragam antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel oksidatif dan penyakit kronis.

Selanjutnya, ubi jalar juga mengandung banyak beta karoten, senyawa yang telah terbukti meredakan peradangan, menetralkan radikal bebas berbahaya, dan melindungi dari kerusakan kulit dan kulit terbakar.

Manfaat Hyaluronic Acid

  1. Membuat kulit lebih sehat dan kenyal, kira-kira setengah dari hyaluronic acid dalam tubuh Sahabat sehat ada di kulit, di mana ia mengikat air untuk membantu mempertahankan kelembapan. Namun, proses penuaan alami dan paparan hal-hal seperti radiasi ultraviolet dari matahari, asap rokok, dan polusi dapat menurunkan jumlahnya di kulit. Mengkonsumsi suplemen hyaluronic acid dapat mencegah penurunan ini dengan memberi tubuh Sahabat sehat jumlah ekstra untuk dimasukkan ke dalam kulit.
  2. Penyembuhan luka,Hyaluronic acid juga memainkan peran kunci dalam penyembuhan luka.  Senyawa ini secara alami ada di kulit, tetapi konsentrasinya meningkat ketika ada kerusakan yang perlu diperbaiki.
  3. Meringankan Nyeri Sendi dengan Menjaga Tulang Dilumasi Dengan Baik Hyaluronic acid juga ditemukan di persendian, di mana ia menjaga ruang di antara tulang Anda terlumasi dengan baik. Ketika persendian dilumasi, tulang cenderung tidak saling bergesekan dan menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman. Suplemen hyaluronic acid sangat membantu bagi orang yang menderita osteoartritis, sejenis penyakit sendi degeneratif yang disebabkan oleh keausan pada sendi dari waktu ke waktu.
  4. Menenangkan Gejala Asam Lambung
  5. Pertahankan Kekuatan Tulang

Bagaimana Saya Bisa Mengonsumsi Hyaluronic Acid?

Ada banyak cara Sahabat sehat dapat mengonsumsi hyaluronic acid (baik sendiri atau dalam produk kombinasi). Banyak tersedia over-the-counter. Beberapa membutuhkan resep dokter.

NOW HYALURONIC ACID

NOW Hyaluronic Acid

Beberapa cara berbeda (tersedia tanpa resep) supaya sahabat sehat dapat mengonsumsi hyaluronic acid meliputi:

  1. Melalui mulut: hyaluronic acid hadir dalam suplemen makanan dan pil. Bahkan ada bentuk cair yang bisa sahabat sehat campur dengan air dan minuman. Mengkonsumsi hyaluronic acid melalui mulut dapat memiliki banyak manfaat. Ini termasuk mengurangi nyeri arthritis, meningkatkan kesehatan kulit dan banyak lagi.
  2. Pada kulit sahabat sehat: Produk hyaluronic acid datang dalam berbagai bentuk yang sahabat sehat pakai pada kulit sahabat sehat. Termasuk sampo, lotion, krim, gel, salep, patch dan serum. Sahabat sehat juga dapat membeli bubuk hyaluronic acid dan mencampurnya dengan air untuk membuat serum hyaluronic acid yang dapat sahabat sehat aplikasikan ke kulit.
  3. Memiliki khasiat yang bermanfaat bila digunakan pada kulit sahabat sehat. Senyawa Ini sangat berguna untuk mengurangi munculnya kerutan dan garis usia
  1. https://www.healthline.com/nutrition/hyaluronic-acid-benefits#TOC_TITLE_HDR_6
  2. https://www.healthline.com/nutrition/hyaluronic-acid-diet
  3. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/22915-hyaluronic-acid
  4. https://www.researchgate.net/publication/23656785_Intra-Articular_Drug_Delivery_A_Fast_Growing_Approach/figures?lo=1

 

Sumber Gambar:

sesa.id

pexels.com