Home » Blog » Suplemen Makanan Sumber, Manfaat Serta Efek Konsumsinya

Suplemen Makanan Sumber, Manfaat Serta Efek Konsumsinya

Suplemen makanan

Beberapa orang dewasa dan anak-anak di Indonesia mengonsumsi satu atau lebih vitamin atau suplemen makanan. Suplemen makanan, seperti yang didefinisikan oleh European Food Safety Authority (EFSA), “adalah sumber zat gizi atau zat lain yang terkonsentrasi dengan efek zat gizi atau fisiologis yang dimaksudkan untuk melengkapi diet normal.

Selain vitamin, suplemen makanan dapat mengandung mineral, herbal atau tumbuhan lainnya seperti, asam amino, enzim, dan banyak bahan lainnya. Suplemen makanan tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk tablet, kapsul, permen karet, dan bubuk, serta minuman dan energy bar. Salah satu suplemen populer termasuk vitamin D dan B12; mineral seperti kalsium dan zat besi; herbal seperti echinacea dan bawang putih; dan produk seperti glukosamin, probiotik, dan minyak ikan.

Suplemen makanan dimaksudkan untuk memperbaiki kekurangan gizi, mempertahankan asupan gizi tertentu yang memadai, atau untuk mendukung fungsi fisiologis tertentu. Mereka bukan produk obat dan karena itu tidak dapat memberikan tindakan farmakologis, imunologis atau metabolik.

Oleh karena itu penggunaannya tidak dimaksudkan untuk mengobati atau mencegah penyakit pada manusia atau untuk mengubah fungsi fisiologis. Suplemen makanan diatur sebagai makanan.

Kebutuhan suplemen makanan selalu meningkat karena meningkatnya masalah kesehatan (yaitu, penyakit yang berhubungan dengan sindrom metabolik), perubahan kebiasaan makan, kurangnya aktivitas fisik, pekerjaan terikat meja, dan jadwal pekerjaan yang ketat, yang menyebabkan meningkatnya konsumsi junk food yang kurang zat  gizi disertai dengan kandungan energi yang tinggi mengakibatkan pola makan yang tidak tepat.

Jika diet sahabat sehat kekurangan zat gizi tertentu, sahabat sehat mungkin memerlukan suplemen untuk mengisi celah itu. Seringkali, sahabat sehat hanya perlu mengonsumsi suplemen dalam kurun waktu yang sementara. Misalnya, jika sedang hamil, sahabat sehat mungkin perlu mengonsumsi suplemen sampai bayi lahir, atau sampai selesai menyusui.

Dalam beberapa kasus lain, sahabat sehat mungkin perlu mengonsumsi suplemen untuk waktu yang lebih lama, termasuk jika sahabat sehat memiliki kondisi kesehatan kronis.

DAPATKAN SUPLEMEN MAKANAN SEHAT DI SESA.ID

Manfaat Suplemen Makanan

Biasanya, sahabat sehat harus bisa mendapatkan semua zat gizi yang dibutuhkan dari diet seimbang. Namun, suplemen dapat memberi sahabat sehat zat gizi tambahan ketika diet sahabat sehat kurang atau kondisi kesehatan tertentu (seperti kanker, diabetes, atau diare kronis) memicu defisiensi.

Dalam kebanyakan kasus, suplemen multivitamin/mineral akan menyediakan semua mikronutrien yang dibutuhkan tubuh sahabat sehat. Mereka umumnya aman karena hanya mengandung sejumlah kecil setiap zat gizi (yang diukur dengan nilai harian, atau DV (dietary value)).

Misalnya, vitamin B3 (niasin) dosis besar dapat membantu meningkatkan kolesterol “baik” high-density lipoprotein (HDL), sementara asam folat telah lama digunakan untuk mengurangi risiko cacat lahir yang disebut spina bifida. Antioksidan, seperti seperti vitamin C dan vitamin E, dapat mengurangi efek toksik obat kemoterapi (memungkinkan pasien untuk mentoleransi dosis kemoterapi yang lebih besar).

BACA JUGA: 

Kecuali jika kekurangan spesifik telah diidentifikasi, suplemen biasanya tidak diperlukan jika sahabat sehat makan dan berolahraga dengan benar. Penggunaan suplemen yang tepat dapat membantu sahabat sehat  menghindari efek samping dan toksisitas yang terkait dengan penggunaan berlebihan.

Beberapa suplemen makanan dapat membantu sahabat sehat mendapatkan zat gizi penting dalam jumlah yang cukup jika sahabat sehat tidak makan berbagai makanan bergizi. Namun, suplemen tidak dapat menggantikan berbagai makanan yang penting untuk diet sehat dan gizi seimbang.

Beberapa suplemen makanan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan membantu mengelola beberapa kondisi kesehatan. Sebagai contoh:

Contoh Suplemen Makanan untuk Kesehatan

  1. Kalsium dan vitamin D membantu menjaga tulang tetap kuat dan mengurangi pengeroposan tulang.
  2. Asam folat mengurangi risiko cacat lahir tertentu.
  3. Asam lemak omega-3 dari minyak ikan dapat membantu beberapa orang dengan penyakit jantung.
  4. Kombinasi vitamin C dan E, seng, tembaga, lutein, dan zeaxanthin dapat memperlambat kehilangan penglihatan lebih lanjut pada orang dengan degenerasi makula terkait usia.
  5. Chicken essence berpotensi meredakan kelelahan fisik dan meningkatkan kinerja olahraga
  6. Probiotik yang bermanfaat untuk pencernaan
  7. Vitamin A untuk kesehatan mata
  8. Vitamin B12 yang dapat mmebantu menjaga kesehatan syaraf dan sel darah, mencegah anemia, dan membantu proses pembuatan DNA
  9. Meningkatkan system kekebalan tubuh seperti suplemen yang mengandung akar astragalus, jahe, orange peel.
  10. Memberi Wanita Hamil Lebih Banyak zat gizi

Jika Anda baru-baru ini mengetahui bahwa sahabat sehat sedang hamil, dokter kemungkinan akan meminta untuk mengkonsumsi sebotol vitamin neonatal. Vitamin ini dirancang untuk memberi sahabat sehat dan bayi zat gizi yang diperlukan untuk menjaga kehamilan yang sehat. Banyak dari suplemen ini mengandung asam folat, vitamin B, kolin, dan asam lemak omega-3 di dalamnya yang akan membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi dan membuat tidur lebih mudah dan nyenyak

Beberapa suplemen yang tersedia saat ini bagi mereka yang memiliki masalah tidur.diantaranya mengandung melatonin, yang dapat membantu mengatur tidur sahabat sehat seefektif obat tidur yang diresepkan dalam beberapa kasus tanpa semua efek samping yang menyertainya.

Sumber Suplemen Makanan 

Selain vitamin dan mineral esensial, suplemen populer termasuk:

  1. Kondroitin
  2. Echinacea
  3. Minyak ikan
  4. Bawang putih
  5. Ginkgo
  6. Teh hijau
  7. Ginseng
  8. Glukosamin
  9. John’s wort
  10. Saw palmetto. Saw palmetto adalah pohon palem mirip semak yang berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara. Secara historis, itu digunakan untuk berbagai kondisi, termasuk gangguan pada organ reproduksi pria dan wanita dan batuk karena berbagai penyakit.

Vitamin

Vitamin adalah senyawa organik yang dibutuhkan oleh organisme sebagai zat gizi vital dalam jumlah terbatas. Senyawa kimia organik (atau kumpulan senyawa terkait) disebut vitamin bila tidak dapat disintesis dalam jumlah yang cukup oleh suatu organisme dan harus diperoleh dari makanan.

Contoh suplemen vitamin yang banyak kita temui adalah vitamin D yang bermanfaat bagi kesehatan tulang, vitamin C dan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan, vitamin A untuk kesehatan mata, asam folat atau Vitamin B9, dan vitamin B komples untuk membantu berbagai metabolisme dalam tubuh.

Mineral dan Trace Elements

Mineral, termasuk trace elements, adalah zat anorganik yang memiliki fungsi fisiologis dalam tubuh. Elemen harus disediakan dalam makanan, karena tidak dapat diubah. Contoh suplemen mineral yang banyak beredar dipasaran adalah kalsium, zinc, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Suplemen selain vitamin dan mineral

Produk nonvitamin nonmineral (NVNM) diklasifikasikan lebih lanjut ke dalam subkategori spesifik, termasuk asam lemak tak jenuh ganda omega-3 (PUFA), tumbuhan (termasuk herbal), probiotik, dan serat. Termasuk juga didalamnya adalah produk yang mengandung tumbuhan/herbal, kolagen, kafein, betain, dan sebagainya.

Beberapa kelompok dan kondisi berikut ini adalah yang direkomendasikan mengkonsumsi suplemen:

  1. Ibu hamil atau ibu menyusui
  2. Kelompok vegetarian
  3. Berapa orang yang mempunyai alergi terhadap makanan atau intoleransi
  4. Lansia
  5. Pasien dengan penyakit tertentu, misalnya kanker, penyakit ginjal, penyakit jantung, atau tulang

Apakah ada efek samping yang harus diwaspadai saat mengonsumsi suplemen makanan?

Jika sahabat sehat mengonsumsi suplemen makanan sesuai petunjuk, mengikuti semua pedoman, dan konsultasikan dengan dokter, risikonya rendah. Beberapa efek samping dari suplemen makanan termasuk sakit perut, mulas, perut terasa bergas, dan kembung. Kejadian yang lebih serius dapat terjadi jika sahabat sehat tidak mematuhi instruksi. Mual, pendarahan, sakit kepala, dan kerusakan hati adalah sebagian bahaya yang mungkin timbul dengan penggunaan yang tidak aman.

Lebih penting, penyedia layanan kesehatan dapat memberikan panduan tentang apakah suplemen makanan dapat berinteraksi dengan obat yang sahabat sehat pakai. Beri tahu dokter tentang masalah apa pun yang sahabat sehat alami dengan suplemen makanan. FDA meminta sahabat sehat juga memberi tahu mereka jika sahabat sehat mengalami masalah atau penyakit dari produk tersebut.

Sahabat sehat kemungkinan besar mengalami efek samping dari suplemen makanan jika meminumnya dengan dosis tinggi atau sebagai ganti obat yang diresepkan, atau jika  mengonsumsi banyak suplemen yang berbeda.

banner_sesa_web_9_

Informasi Penting

Beberapa suplemen dapat meningkatkan risiko perdarahan atau, jika dikonsumsi sebelum operasi, dapat mengubah respons terhadap anestesi. Suplemen juga dapat berinteraksi dengan beberapa obat dengan cara yang dapat menyebabkan masalah. Berikut adalah beberapa contoh:

  1. Vitamin K dapat mengurangi kemampuan warfarin pengencer darah untuk mencegah darah dari pembekuan.
  2. John’s wort dapat mempercepat pemecahan banyak obat dan mengurangi efektivitasnya (termasuk beberapa antidepresan, pil KB, obat jantung, obat anti-HIV, dan obat transplantasi).
  3. Suplemen antioksidan, seperti vitamin C dan E, dapat mengurangi efektivitas beberapa jenis kemoterapi kanker.

Produsen dapat menambahkan vitamin, mineral, dan bahan suplemen lainnya ke makanan yang sahabat sehat makan, terutama sereal sarapan dan minuman. Akibatnya, sahabat sehat mungkin mendapatkan lebih banyak komposisi ini daripada yang sahabat sehat pikirkan, dan lebih banyak mungkin tidak lebih baik.

Misalnya, terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan sakit kepala dan kerusakan hati, mengurangi kekuatan tulang, dan menyebabkan cacat lahir. Kelebihan zat besi menyebabkan mual dan muntah dan dapat merusak hati dan organ lainnya.

Berhati-hatilah dalam mengonsumsi suplemen makanan jika sedang hamil atau menyusui. Juga, berhati-hatilah dalam memberikan suplemen kepada anak, kecuali jika direkomendasikan oleh penyedia layanan kesehatan mereka. Banyak suplemen yang belum teruji keamanannya pada wanita hamil, ibu menyusui, atau anak-anak.

Apa pun tujuan sahabat sehat saat mengonsumsi suplemen, satu hal yang pasti: Suplemen bukan pengganti makanan padat dan padat gizi.“Suplemen dimaksudkan sebagai pelengkap – artinya mereka meningkatkan manfaat yang sudah diberikan dengan makan makanan yang lengkap,” Suplemen tidak boleh digunakan sebagai pengganti makanan asli. Jangan meremehkan apa yang bisa dilakukan salad kaya zat gizi dibandingkan dengan pil yang dibuat di pabrik.

Vitamin dan mineral sangat penting untuk membantu tubuh berkembang dan berfungsi sebagaimana mestinya. Sementara kebanyakan orang mendapatkan semua yang direkomendasikan dengan mengkonsumsi makanan sehat, sementara yang lain membutuhkan sedikit tambahan zat gizi. Di situlah suplemen masuk – memberi dukungan yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. 

  • https://ods.od.nih.gov/factsheets/WYNTK-Consumer/
  • https://www.efsa.europa.eu/en/topics/topic/food-supplements
  • Project: A review on dietary supplements: Health benefit, market trends, and challenges
  •  https://www.researchgate.net/publication/345713810_A_Review_on_Dietary_Supplements_Health_Benefits_Market_Trends_and_Challenges
  • https://www.verywellfit.com/benefits-and-risks-of-taking-dietary-supplements-2506547
  • https://www.jpeds.com/article/S0022-3476(20)31503-1/fulltext#tblEI
  • https://www.healthdirect.gov.au/dietary-supplements