Home » Blog » Yuk, Kenalan dengan Zero Waste Lifestyle dan Manfaatnya!

Yuk, Kenalan dengan Zero Waste Lifestyle dan Manfaatnya!

Zero Waste Lifestyle dan Manfaatnya
Photo by Daria Shevtsova from Pexels

 

Zero Waste LifestyleWah, sudah mendekati earth day nih! Tiap 22 April seluruh dunia memperingatinya sebagai Hari Bumi. Hari itu adalah hari ulang tahun kelahiran Gerakan Lingkungan Modern pada tahun 1970.

Seiring dengan berjalannya waktu, tanpa kita sadari, tempat pembuangan sampah mulai meluap, lautan tercemar, dan landfill ditinggalkan dengan miliaran ton sampah yang tidak dapat terurai selama ratusan tahun dan tidak dapat didaur ulang. Hal inilah yang memicu Gerakan Lingkungan Modern sebagai landasan adanya earth day!

Dengan menumpuknya miliaran ton sampah di berbagai tempat pembuangan sampah, kita telah mencapai titik di mana gerakan zero waste benar-benar dperlukan untuk menjaga masa depan ekosistem kita.

Tren zero waste mulai digaungkan di berbagai belahan dunia dalam rangka menyelamatkan bumi dari kepunahan. Sebenarnya apa sih gaya hidup zero waste? Yuk kita kenalan dengan gaya hidup zero waste!

 

Apa Sih Zero Waste Lifestyle itu?

Zero waste atau bebas sampah adalah sebuah konsep yang mengajak kita untuk menggunakan produk sekali pakai dengan lebih bijak untuk mengurangi jumlah dan dampak buruk dari sampah. Tujuannya adalah agar sampah tidak berakhir di TPA, menjaga sumber daya dan melestarikan alam. 

Rethink (berpikir kembali), Refuse (menolak), Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang) dan Rot (membusukkan sampah) adalah metode 6R yang menjadi metode dipakai untuk menerapkan gaya hidup tanpa sampah dan menggunakan sumber daya alam secara bijak dan terarah. 

Tidak sedikit yang pesimis dan sarkastik dengan istilah nol sampah dan menganggap bahwa itu tidak mungkin dilakukan. Mana mungkin manusia hidup di zaman modern seperti ini tidak menghasilkan sampah?

Perlu kamu ketahui bahwa gaya hidup zero waste bukan berarti mengkriminalkan barang-barang plastik, barang sekali pakai dan sejenisnya. 

Konsep zero waste lebih kepada pengendalian diri kita untuk tidak lagi konsumtif dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Kita menjadi lebih sadar terhadap apa yang kita beli dan konsumsi, dan bagaimana dampaknya terhadap lingkungan.

Manfaat Zero Waste Lifestyle untuk Kehidupan

Setelah mengetahui apa sih gaya hidup nol sampah ini, mari kita lihat manfaat. Ada banyak perspektif untuk menilik manfaat gaya hidup nol sampah yang sedang tren di kalangan masyarakat dunia.

Banyak yang sudah mulai melek akan pentingnya menjaga kelestarian alam, mengikuti gaya hidup nol sampah, dan bijak dalam menggunakan sumber daya alam.

Dan tahukah kamu, bahwa Zero Waste tidak hanya baik kepada lingkungan. Banyak aspek-aspek kehidupan lain yang bisa mendapatkan manfaatnya. Berikut beberapa manfaat gaya hidup zero waste:

Untuk Lingkungan

Salah satu tujuan utama dari praktik nol sampah adalah agar kita dapat menghindarkan plastik dari lautan maupun tempat pembuangan akhir sampah.

Karena bahayanya pada lingkungan dari gas-gas metana yang dihasilkan (hasil dari sampah yang tidak dipilah dengan baik) dan perubahan iklim. Dengan berminim sampah, maka polusi pun akan semakin berkurang dan kita bisa bernafas dengan lebih baik dan sehat.

Perlu ada tindakan preventif, khususnya di kalangan masyarakat sebagai konsumen dari barang dan jasa yang potensial menjadi sumber penghasil sampah terutama plastik.

Di Indonesia, upaya pencegahan di level konsumen bisa jadi langkah strategis mengurangi timbulan sampah plastik sudah diberlakukan di beberapa daerah namun melempem seiring dengan berjalannya waktu. 

Selain itu, kesadaran konsumen untuk mulai meninggalkan produk seperti sedotan dan kantong plastik sekali pakai dapat menekan pemerintah, khususnya di level daerah untuk mengeluarkan kebijakan pelarangan beberapa jenis produk plastik yang menjadi pencemar utama lingkungan.

Untuk Kesehatan

Sebagian makanan berkemasan yang kita biasa temukan di supermarket adalah makanan instan atau yang mengandung pengawet dan bahan-bahan kimia.

Usahakan untuk pilihan masak pun gunakan makanan yang tidak berkemasan dimana biasanya pasti segar dan organik seperti sayuran, buah, daging segar dan lain-lain. 

Sabun, shampoo, pembersih rumah pun seperti itu, perlengkapan mandi serta kebutuhan sehari-hari yang zero waste adalah perlengkapan yang tanpa kemasan dan alami.

Tentunya tidak terkontaminasi ‘racun’ yang terkandung dalam bahan-bahan penyerap sintetis di dalamnya. Sahabat Sehat bisa berbelanja makanan sehat dan organik di sesa.id! Ada beragam makanan sehat, alami, dan pastinya segar yang siap menjadi teman gaya hidup zero waste kamu.

Untuk Finansial 

Dengan zero waste lifestyle, hidup jadi lebih berkesadaran dan bijak dalam membuat keputusan konsumsi, maka hal ini pastinya akan berpengaruh terhadap kondisi finansial kamu.

Pengeluaran untuk makanan-makanan berkemasan seperti snack-snack atau minuman-minuman yang mudah sekali ditemukan di pasaran akan sangat terkontrol dan berkurang drastis.

Sahabat Sehat bisa membawa bekal, peralatan makan, botol minum sendiri, serta reuseable bag sebagai langkah awal gaya hidup bebas sampah ini.

Botol minum keren juga bisa kamu dapatkan di sesa.id yang menjual produk Klean Kanteen dengan kampanye #BringYourOwnBottle yang membuat kampanye zero waste lifestyle -mu makin kece. Selain menghemat biaya membeli air mineral kemasan, kamu juga turut membantu mengurangi sampah.

Ada beberapa produk yang dijual di SESA yang menggunakan post consumer recycled plastic, lho! Apa sih artinya?

Artinya botol plastik yang digunakan untuk mengemas produk terbuat dari 100 persen hasil dari daur ulang yang sudah disetujui oleh FDA (Food and Drugs Administration). Beberapa produk yang dijual di SESA yang sudah menggunakan post consumer recycled plastic adalah aromatica dan dr. Bronner’s.

Nah, itulah beberapa manfaat menerapkan gaya hidup zero waste di dalam kehidupan kita. Jadikan momentum Hari Bumi yang jatuh tanggal 22 April tahun ini sebagai langkah awal untuk kembali pada kearifan lokal dalam upaya minimalisasi sampah terutama plastik. 

 

Beragam kebutuhan memasak, peralatan dapur, hingga makanan dan minuman organik dan sehat dapat kamu temukan di sesa.id! Yuk lengkapi segala kebutuhan #SehatSekarang -mu dan agar makin #SehatKomplit sekarang juga! Temukan kami di ecommerce favoritmu atau kunjungi website sesa.id! Selamat Hari Bumi!