Home » Blog » Kaya Nutrisi dan Vitamin, Ini 14 Jenis Blueberry yang Bisa Ditanam di Indonesia!

Kaya Nutrisi dan Vitamin, Ini 14 Jenis Blueberry yang Bisa Ditanam di Indonesia!

jenis blueberry

Masyarakat Indonesia mungkin masih asing dengan buah blueberry. Mendengar namanya saja jarang, apalagi mencoba semua jenis blueberry yang ada. Padahal, buah berwarna biru keunguan ini sangat lezat dan menyehatkan.

Blueberry sendiri masih tergolong dalam famili Vaccinium atau lebih spesifiknya dalam subfamili Cyanococcus. Blueberry berasal dari Amerika Utara, tapi dapat tumbuh di berbagai daerah sub tropis lainnya. Rasanya yang manis dan segar akan membuat Sahabat Sehat ketagihan saat menyantapnya.

Jenis Blueberry

Buah yang satu ini mungkin sedikit mirip dengan golongan berry lainnya, seperti bilberry, blackberry, atau huckleberry. Namun, sebenarnya cukup mudah membedakan buah ini. Bila disantap dalam keadaan matang, blueberry memiliki daging buah berwarna putih kehijauan.

Secara umum, blueberry berbentuk bulat dan berukuran 5 sampai 16 mm. Akan tetapi, ukuran blueberry bisa saja berbeda, tergantung jenis dan bibitnya. Berbicara soal jenis, mari simak 14 jenis blueberry yang ada di Indonesia:

  1. Blueberry semak rendah
  2. Blueberry utara
  3. Blueberry new jersey
  4. Blueberry semak tinggi utara
  5. Blueberry semak tinggi selatan
  6. Blueberry elliott
  7. Blueberry selatan
  8. Blueberry semak tinggi hitam
  9. Blueberry berbulu
  10. Blueberry kanada
  11. Blueberry tanah gersang
  12. Blueberry semak tinggi dataran tinggi
  13. Blueberry selatan
  14. Blueberry mata kelinci

Kandungan Gizi Blueberry

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, blueberry memang mengandung banyak nutrisi dan mineral yang berguna bagi tubuh. Ingin tahu apa saja kandungan nutrisinya? Simak pada daftar berikut ini:

  • Karbohidrat Kompleks

Dalam satu buah blueberry, terkandung sekitar 84% air, 14% karbohidrat, lemak, serta protein dan lemak dalam jumlah kecil. Dari 14% kandungan karbohidrat tersebut, sebagian besarnya merupakan jenis karbohidrat kompleks.

Selain itu, blueberry juga mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak mengakibatkan naiknya kadar gula darah. Maka dari itu, buah ini baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

  • Serat

Sayuran dan buah memang banyak mengandung serat. Begitu pula dengan blueberry. Kandungan serat pada buah berwarna biru ini baik untuk mengontrol kolesterol, kadar gula darah, hingga berat badan.

  • Vitamin

Selain karbohidrat kompleks dan serat, blueberry juga sangat kaya akan vitamin. Beberapa vitamin yang dikandung blueberry adalah vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan vitamin K. Vitamin C memiliki peran vital dalam menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit.

Lain lagi, vitamin K bermanfaat untuk mempercepat pembekuan darah dan menjaga kesehatan tulang. Meski dalam jumlah sedikit, kandungan vitamin E dan vitamin B6 mampu membantu menjaga kesehatan kulit, mata, saraf, dan lain sebagainya.

  • Mineral 

Buah asal Amerika Serikat ini ternyata juga mengandung banyak mineral, seperti tembaga, mangan, kalium, zat besi, dan seng. Maka dari itu, konsumsi blueberry mampu menyehatkan tulang dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, blueberry juga mampu mengatasi anemia.

  • Antioksidan 

Sahabat Sehat pasti sudah tahu bahwa antioksidan memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Pada blueberry, terdapat vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini mampu merangsang jaringan fibrinogen agar menyembuhkan luka dengan cepat.

Selain itu, buah blueberry juga mengandung antioksidan lain, seperti flavonoid dan antosianin. Antioksidan mampu melancarkan aliran darah, mengurangi resiko kanker, dan mengatasi aterosklerosis.

Meskipun kaya akan manfaat dan nutrisi, nyatanya tidak semua blueberry baik untuk dikonsumsi. Dalam memilih blueberry, Sahabat Sehat harus berhati-hati dan memastikan kesegaran blueberry.

Sahabat Sehat bisa membeli blueberry segar dengan harga terjangkau di Sesa.ID . Diimpor dari Amerika Serikat secara langsung, blueberry ini bisa didapatkan dengan harga Rp39.900 saja.

 

Referensi: Mrhifanie