Home » Blog » Jenis-Jenis Telur dan Ciri-Cirinya. Penting untuk Tahu Sebelum Masak

Jenis-Jenis Telur dan Ciri-Cirinya. Penting untuk Tahu Sebelum Masak

jenis jenis telur dan ciri cirinya

jenis-jenis telur dan ciri-cirinya – Membicarakan tentang telur memang tidak ada habisnya. Ada jenis jenis telur dan ciri cirinya bisa diketahui sebelum sahabat sehat membeli dan mengkonsumsinya. Apakah telur tersebut bermanfaat untuk kesehatan? Ataukah kandungan di dalam telur itu cukup untuk memenuhi asupan nutrisi dan gizi pada tubuh? Inilah penjelasannya. 

1. Telur Ayam 

Jenis telur ini menjadi yang paling umum ditemukan di pasaran. Banyak sekali yang menjual telur ayam ini. Ada dua jenis varian telur ayam yaitu telur ayam negeri dan telur ayam kampung. Tetapi saat ini, mulai ada telur ayam omega 3 yang mengandung kandungan omega 3 yang sangat tinggi.

Telur Ayam Negeri

Ciri dari telur ayam negeri ini adalah ukurannya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan telur ayam kampung. Warna kulit cangkang telur ini juga coklat. Sedangkan telur ayam kampung memiliki ukuran lebih kecil dan cangkangnya berwarna putih. Sementara itu, kuning telur ayam kampung lebih kuning dan besar dibandingkan ayam negeri. 

Sementara itu telur ayam negeri reguler biasanya diproduksi dari ayam petelur yang dikandangkan. Biasanya peternak memberikan makanan yang berguna untuk merangsang proses bertelur ayam. Sedangkan telur ayam kampung ini biasanya didapatkan dari ayam kampung yang berkeliaran bebas mencari makan.

Tetapi, terkadang peternak juga ada yang mengurung ayam kampung di kandang agar menghasilkan lebih banyak telur. Telur vegetarian juga menjadi varian telur lainnya. Ayam betina diberikan makanan vegetarian. Ayam tersebut dipelihara dalam ruangan dan dilarang memakan serangga ataupun cacing di tanah. 

Telur Ayam Omega 3

Sedangkan telur omega 3 memiliki ukuran seperti telur ayam kampung tetapi kuningan telur lebih kuning dan pekat sehingga tidak mudah pecah. Cangkang telur ayam omega 3 ini juga jauh lebih keras sehingga tak mudah retak. Hal ini cukup untuk menjaga kualitas dari telur ayam omega 3 itu sendiri. 

2. Telur Angsa 

Telur ini sepertinya kurang lazim untuk dikonsumsi. Tak banyak yang mengkonsumsi telur ini sebagai lauk utama karena memang jarang ditemukan. Telur angsa ini memiliki ukuran jauh lebih besar dan paling besar dibandingkan dengan telur-telur lainnya. Berat telur angsa ini mencapai 120 gram. Putih telur jauh lebih kental dibandingkan telur ayam regular. Sementara itu, bila sahabat sehat kurang suka amis, maka telur ini kurang cocok untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan telur ini memiliki bau amis seperti telur bebek. 

Telur Bebek 

Lalu apa lagi jenis jenis telur dan ciri cirinya? Telur bebek menjadi jenis telur lainnya yang bisa dikonsumsi. Telur ini memiliki warna cangkang yang unik dan indah karena berwarna hijau kebiru-biruan. Sementara itu, ukuran telur ini jauh lebih besar dibandingkan dengan telur ayam.

Untuk bagian kuning telur bebek ini berwarna kuning tua atau orange dan berukuran jauh lebih besar. Sementara itu, bau dari telur ini jauh lebih amis dibandingkan dengan telur ayam. Biasanya telur bebek ini digunakan untuk telur asin dan isian martabak. 

Telur Puyuh 

Jenis telur lainnya adalah telur puyuh. Telur ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan juga mungil dibandingkan dengan jenis-jenis telur lainnya. Kulitnya juga cukup tipis dengan corak unik berbintik. Karena bentuknya yang kecil, biasanya telur ini dipakai untuk bahan campuran bakso, sup, ataupun masakan lainnya. 

Itulah tadi beberapa jenis jenis telur dan ciri cirinya. Sahabat sehat bisa memilih jenis telur yang sesuai dan ingin dikonsumsi.

Referensi : Klikdokter, Watonsinau

Photo by Karolina Grabowska from Pexels