Home » Blog » 3 Resep Telur Puyuh Kecap ala Rumahan untuk Menambah Nafsu Makan

3 Resep Telur Puyuh Kecap ala Rumahan untuk Menambah Nafsu Makan

resep telur puyuh kecap

Telur puyuh kecap merupakan resep yang sudah sangat lama dijadikan sebagai Sahabat Sehat untuk menambah nafsu makan di rumah. Telur puyuh sangat bermanfaat untuk sahabat sehat yang sedang melakukan program menambah berat badan. Sahabat sehat juga harus mengetahui bahwa telur puyuh memiliki banyak kandungan B2 yaitu sebanyak 23% dari kebutuhan harian.

Banyak sekali resep telur puyuh yang bisa sahabat sehat praktikkan di rumah tetapi sahabatnya juga bisa membuat resep telur puyuh kecap apabila cenderung menyukai rasa manis.

Resep Telur puyuh juga memiliki banyak sekali varian. Bumbu utama yang harus sahabat miliki adalah garam, bawang putih, bawang merah, lada, ketumbar dan kecap manis. Bahan lainnya menyesuaikan dengan resep telur puyuh yang sahabat sehat buat. Berikut adalah resep telur puyuh kecap ala rumahan untuk menambah nafsu makan. 

Resep Telur Puyuh Kecap ala Angkringan

Resep telur puyuh kecap ala angkringan juga sangat mudah untuk dibuat di rumah bahan-bahan yang dibutuhkan selain dari bumbu utama yang sudah disebutkan di atas adalah minyak goreng, telur puyuh sebanyak 25 pcs, dan ketumbar. Haluskan bumbu yang sudah disebutkan sampai harum lalu masukkan kecap ke dalam tumisan bumbu halus tersebut. Setelah tercampur rata sahabat sehat bisa langsung menambahkan telur puyuh dan diaduk sampai seluruh bumbu menyatu. 

Sabar sehat juga harus memeriksa rasa dengan menambahkan garam, gula, atau merica bubuk sampai rasa yang diinginkan didapatkan. Hai ini dapat sahabat saya sesuaikan karena beberapa orang menyukai rasa yang cenderung asin atau pun cenderung manis. Apabila telur puyuh sudah mulai berubah warna sahabat sehat bisa menambahkan air sedikit demi sedikit. Ketika air sudah kering sahabat sehat bisa mematikan api dan menunggu hingga telur menjadi dingin lalu tusuk telur dalam bentuk sate. 

Resep Telur Puyuh Asin

Sahabat sehat yang menyukai rasa Telur puyuh yang lebih asin dapat mencoba resep ini. Bumbu yang digunakan sama seperti bumbu utama tetapi kecap yang digunakan adalah kecap asin.

Rebus terlebih dahulu telur puyuh selama 7 menit dan setelah telur puyuh matang sahabat saya bisa mendidihkan campuran air, bawang putih, bawang merah, kecap asin, dan gula. Setelah mendidih masukkan telur puyuh yang tadi sudah sahabat sehat kupas. 

Tinggal tunggu sampai warna dari kecap asin meresap ke dalam telur puyuh dan telur puyuh berubah warna menjadi kecokelatan.

Sahabat sehat bisa menyajikan resep telur puyuh  ini menggunakan air dari rebusan ataupun tidak. Sangat banyak varian dari resep telur puyuh yang bisa sahabat sehat buat. 

Resep Telur Puyuh Kecap Semur

Resep yang terakhir adalah resep telur puyuh kecap semur. Sebelum itu Sahabat sehat harus bisa memastikan untuk menggunakan telur puyuh dengan kualitas terbaik. Telur puyuh dengan kualitas tinggi dapat sahabat sehat miliki melalui Sesa.id.

Bahan ataupun bumbu yang perlu ditambahkan adalah kemiri, ketumbar, daun salam, serai, dan lengkuas. Sahabat sehat harus melakukan semua bumbu lalu menumis sampai harum dan tambahkan air sebanyak yang diinginkan.

Langkah selanjutnya memasukkan seluruh bahan seperti telur ataupun menambah kentang dan tahu dan jangan lupa untuk menambahkan kecap sesuai sahabat sehat inginkan. Jangan terlalu sering mengaduk dan melakukan koreksi rasa sesekali. 

Referensi: Kompas, Cookpad
Photo by RODNAE Productions from Pexels