Home » Blog » Harus Terus di Rumah. Belajar 9 Jenis Pasta agar Pintar Masak Setelah Pandemi

Harus Terus di Rumah. Belajar 9 Jenis Pasta agar Pintar Masak Setelah Pandemi

jenis pasta

jenis pasta – Bosan di rumah terus karena pandemic? Mendingan sahabat sehat belajar berbagai jenis pasta agar bisa memasak pasta berbeda. 

Siapa yang tidak pernah mendengar pasta? Makanan satu ini cukup populer di Indonesia. Cara masak yang sederhana, mudah dan juga praktis membuat pasta memiliki banyak penggemar. Tidak hanya itu makanan khas Italia ini juga mampu menggugah selera. Sahabat sehat, Tahukah ternyata ada banyak jenis pasta di dunia? 

Arti pasta dari bahasa Italia adalah adonan dari bahan makanan sedangkan dalam bahasa inggris adalah berbagai jenis makanan yang diberi bumbu dan saus. Adonan pasta dari italia terbuat dari campuran terigu, olive oil, garam dan telur.  Jadi, pasta dengan bahan makanan seperti mie biasa dikenal dengan pastasciutta. Di Indonesia, jenis pasta paling populer adalah spaghetti, lasagna atau makaroni. 

Pasta dijual dalam bentuk kemasan sehingga bisa tahan lama jika disimpan. Kandungan air dari pasta kering hanya sekitar 10%, oleh karena itu bisa disimpan hingga 3 tahun. Pasta juga terdiri dari beberapa ukuran dan bentuk. Di Italia, terdapat lebih dari 650 jenis pasta bahkan setiap tahunnya dapat meningkat. 

Tidak hanya itu, pilihan pasta juga dapat bergantung pada komposisi dan manfaatnya. Sahabat Sehat bisa mengecek sesa.id. Jika ingin membeli pasta yang sehat, rendah kalori dan tinggi fiber. Bagi sahabat sehat yang tidak memakan daging atau hanya mengonsumsi sayuran saja, tenang saja produk pasta skinny pasta ini bisa dimakan oleh vegan. 

Di bawah ini terdapat 9 jenis pasta yang wajib diketahui agar bisa menyajikan pasta sehat dan juga lezat untuk keluarga selama pandemi: 

Spaghetti 

Pada dasarnya spaghetti sudah sangat populer di dunia dan Indonesia tentunya. Makanan mie yang berbentuk panjang dan dimasak dengan saus. Sahabat Sehat bisa menambahkan keju parmesan atau dagung cincang untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Maccaroni 

Jenis pasta yang satu ini memiliki bentuk lurus, melengkung dan terdapat lubang di tengahnya. Biasanya macaroni lebih sering dipanggang dengan keju atau dijadikan sebagai isian sup. 

Lasagna 

Lasagna merupakan pasta dengan isian daging dan sayur-sayuran. Bentuk pasta lasagna lebih tipis dan lembaran. 

Fusilli 

Jenis pasta lainnya juga adalah fusilli. Bentuk fusilli spiral dan pendek. Biasanya ada banyak cara memasaknya, sahabat sehat bisa mencampurkan saus kiri, menambahkan sayuran, dan daging. 

Fettucine 

Fettucine dalam bahasa Italia berarti pita kecil. Seperti namanya bentuk pasta fettucine panjang dan pilih mirip seperti kwetiau. Umumnya dihidangkan dengan saus tomat dan daging. 

Penne 

Jenis pasta yang Sahabat Sehat harus ketahui juga adalah penne. pasta ini berbentuk seperti pena yaitu tabung yang berukuran kecil dan diagonal. 

Ravioli 

Jenis pasta yang terbuat dari adonan pasta tipis dan memiliki isian. Bentuknya bisa bujur sangkar, setengah lingkaran, dan lingkaran. Ravioli juga dijual di restoran Indonesia dan disajikan dengan saus. 

Farfalle 

Istilah farfalle berasal dari bahasa Italia yang artinya kupu-kupu. Seperti namanya, jenis pasta ini berbentuk seperti kupu-kupu. Sahabat Sehat bisa sajikan dengan semua jenis saus tetapi paling enak jika menggunakan saus tomat atau saus krim. 

Angel hair 

Pasta ini merupakan pasta yang tipis dibandingkan dengan spaghetti. Oleh karena itu, Sahabat Sehat harus memasaknya sebentar saja. Tidak terlalu membutuhkan waktu lama. campurkan sayur-sayuran, daging dan saus tomat. 

Itulah beberapa jenis pasta yang dapat diketahui dan dimasak selama pandemic. Tidak hanya itu, pasta tersebut sudah banyak dijual di restoran Indonesia. Jadi, Sahabat sehat ingin mencoba pasta yang mana nih? 

Referensi: Cashbac

Photo by Klaus Nielsen from Pexels