Home » Blog » Ternyata Segini Kandungan Kalori Apel Fuji, Buah tepat untuk Diet Sehat

Ternyata Segini Kandungan Kalori Apel Fuji, Buah tepat untuk Diet Sehat

Kalori Apel Fuji

Buah apel dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan karena mengandung beragam zat gizi di dalamnya. Sahabat sehat pasti tidak asing dengan salah satu jenis apel yang pasti banyak dijumpai di pasaran yakni jenis Apel Fuji atau bahasa latinnya Malus sylvestris. Tahukah sahabat sehat berapa kalori Apel Fuji? Untuk mengetahuinya simak ulasan berikut ini.

Apel fuji merupakan salah satu buah yang populer dari beberapa jenis apel yang  banyak diketahui. Apel jneis ini memiliki karakteristik dari ukuran yang cukup besar dengan kangdungan air yang tinggi, memiliki rasa yang manis dengan kandungan gula sekitar 15%, bertesktur keras namun renyah dan memiliki kulit merah kekuningan.

Kandungan Kalori Apel Fuji

Apel fuji memiliki kalori yang berbeda sesuai dengan ukuran buahnya. Umumnya apel fuji memiliki berat kurang lebih 300 gram perbuahnya.  Lalu seberapa besar dan apa saja kandungan zat gizi dalam buah ini? Berikut adalah beberapa zat gizi yang terkandung dalam Apel fuji setiap 100 gram, seperti :

  • Kalori (kal) : 52 kkal
  • Karbohidrat: 13.81 gram
  • Protein : 0.26 gram
  • Serat: 2.4 gram
  • Vitamin A : 90 SI
  • Vitamin B6: 0.049 miligram
  • Vitamin B2: 0.028 miligram
  • Vitamin E: 0.2 miligram
  • Kalsium : 6 miligram
  • Kalium: 119 miligram
  • Fosforus: 14 miligram
  • Mangan: 0.034 miligram
  • Zat besi: 0.3 miligram
  • Tembaga: 0.027 miligram

Manfaat Apel Fuji

Manfaat Apel Fuji 

DAPATKAN APEL FUJI PREMIUM DI SESA.ID

Fakta Lainnya Kandungan Apel Fuji

  • Apel fuji juga mengandung vitamin C yang memenuhi 11% kebutuhan laki-laki dan 13%  kebutuhan perempuan.
  • Selain itu juga mengandung antioksidan flavonoid, polifenol dan bio flavonoid yang tinggi, yang dapat menangkal radikal bebas.
  • Dengan kandungan zat gizi yang cukup beragam apel fuji memiliki manfaat menjadikan buah ini memiliki banyak penggemar.

Kenapa Apel Fuji jadi Buah yang Bagus Untuk Diet Sehat?

Sahabat pasti tidak asign dengan istilah “Diet” bukan ? Dalam pemahaman masyarakat umum, diet dikenal dengan tujuan untuk  menurunkan berat badan. Padahal, diet sendiri bukan hanya soal menurunkan berat badan semata.

Diet merupakan pengaturan pola makan sesuai dengan kondisi tubuh. Oleh karena itu, diet bukan hanya soal penurunan berat badan namun juga dapat disesuaikan dengan kondisi tubuh misalnya, diet untuk peningkatan berat badan dan diet untuk penderita beberapa penyakit tertentu.

Diet yang banyak diketahui dan dilakukan oleh masyarakat umum dikenal dengan istilah sebagai “Diet Rendah Kalori”. Nah, diet rendah kalori bertujuan untuk menurunkan berat badan dengan prinsip, defisit kalori atau kalori yang dikonsumsi lebih rendah dari kalori yang dikeluarkan.

Diet ini memiliki berbagai macam jenis yang dapat disesuaikan dengan kamampuan dan kondisi tubuh. Salah satu yang dianjurkan yakni penerapan pola makan “Gizi Seimbang” yang sudah menjadi program Kementerian Kesehatan RI yang dapat dilakukan jangka panjang dengan tujuan mempertahankan status gizi normal.

Pemilihan makanan sangat berpengaruh pada keberhasilan diet untuk menurunan berat badan. Makanan yang dipilih baiknya memiliki zat gizi yang beragam namun juga tetap mempertimbangkan pembatasan jumlah kalori. Dengan pemilihan makanan yang tepat, bukan hanya akan menurunkan berat badan, namun juga membuat tubuh memiliki status gizi yang ideal dan sehat.

Buah-buahan menjadi salahsatu menu wajib yang tersaji saat melaukan diet sehat. Salah satu buah yang populer sebagai makanan yang mendukung proses diet penurunan berat badan yakni Apel Fuji.

Hal ini karena, kandungan kalori yang rendah, memiliki citarasa yang manis dan segar, sehingga membuat buah apel kerap menjadi pilihan makanan. Apel umumnya dapat dikonsumsi untuk sarapan, maupun selingan sehat setiap hari.

Selain itu kandungan serat yang tinggi membuat seseorang  kenyang lebih lama dan menghindari kegagalan diet atau cheating.

Kalori Apel Fuji

Kalori Apel Fuji

Kelebihan Apel Fuji

Berikut merupakan kelebihan buah apel fuji yang bisa sahabat sehat pilih sebagai teman saat melakukan diet yang nikmat tanpa menyiksa. Yuk simak penjelasan berikut.

1. Memiliki Kandungan Zat Gizi yang Beragam

Makanan yang dipilih saat melakukan diet harus memiliki kandungan zat gizi yang lengkap dan beragam. Sahabat dapat memilih Apel Fuji sebab, memiliki zat gizi baik makro dan mikro yang dibutuhkan tubuh. Buah umumnya menjadi sumber vitamin dan mineral.

Apel Fuji sendiri mengandung vitamin seperti vitamin A, B kompleks, dan C serta sumber mineral seperti kalsium, kalium, fosfor, mangan dan kalium. Selain itu kandungan serat dan antioksidan juga tinggi dalam apel fuji yang penting dalam menjaga imunitas dan kesehatan pencernaan.

Apel Fuji Premium

Apel Fuji Premium

2. Rendah Kalori

Prinsip utama dari diet penurunan berat badan yakni defisit kalori atau kalori yang dikonsumsi lebih sedikit dari kalori yang dikeluarkan. Apel fuji merupakan salah satu makanan yang sesuai karena mengandung kalori yang rendah namun mengandung tinggi serat dan air sehinggaakan menjaga sahabat sehat kenyang lebih lama.

Hal ini penting karena, dengan rasa kenyang yang lebih lama, sahabat tidak memilih untuk makan makanan yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

3. Kandungan Serat yang Tinggi

Apel fuji memiliki kandungan serat yang tinggi  terutama saat dikonsumsi bersama bagian kulitnya. Sehingga, konsumsi apel dengan kulit sangat dianjurkan untuk mendapatkan manfaat serat yang optimal.

Selain memberi efek kenyang lebih lama, serat yang tinggi juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan sebab, menjadi media perkembangan bakteri baik  dan dapat terhindar dari penyakit gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit.

Apel dengan ukuran sedang memiliki hampir 4,5 gram atau memenuhi sekitar 15-18% kebutuhan serat harian. Namun pastikan pencucian dilakukan dengan bersih untuk menghilangkan berbagai kotoran dan pestisida pada buah.

Manfaat apel fuji organik

Apel Fuji

4. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Menurut peneliti dari New York State Academy of Nutrition and Dietetics, apel dapat membantu dalam penurunan berat badan dengan mencegah kenaikan glukosa darah dan lonjakan insulin. Zat Antosianin yang menjadi peran utama dalam proses ini.

Dalam apel zat antosianin dapat membantu jaringan adiposa dan otot rangka menggunakan glukosa darah untuk energi sehingga glukosa yang disimpan dihati akan digunakan dengan optimal. Hal ini sangat baik, karena kadar insulin akan stabil seiring penggunaan glukosa darah sebagai sumber energi utama.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Apel fuji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang sudah sahabat sehat banyak diketahui, vitamin C sangat berpengaruh untuk menjaga imunnitas tubuh dari segala macam penyakit. Selain kandungan vitamin C, kandungan antioksidan pada apel fuji memiliki peran yang sama pentingnya untuk menjaga daya tahan tubuh dan melawan radikal bebas.

Antioksidan tersebut seperti flavonoid, polifenol dan bioflavonoid. Dengan imunitas yang baik, diharapkan dapat menjaga diri dari paparan virus dan mempercepat penyembuhan apabila telah terpapar penyakit.

Pelaksanaan diet dengan pengaturan pola makan yang sehat diharapkan dapat dilaksanakan jangka panjang. Oleh karena itu, pemilihan bahan makanan yang sehat sangat dianjurkan dan berpengaruh pada keberhasilan diet.

Pemilihan bahan makanan yang tinggi zatgizi bukan hanya penurunan berat badan saja, namun juga memberikan manfaat lain yang meningkatkan kesehatan tubuh.

Apel fuji yang banyak dijumpai ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh karena kandungan zat gizinya yang beragam. Konsumsi apel fuji saat diet juga menjadi pilihan yang sangat tepat karena memiliki berbagai kelebihan yang dapat menjadi penndorong keberhasilan diet sahabat.

Penyajian apel fuji dapat sahabat konsumsi langsung maupun diolah menjadi sajian yang menarik sehingga pelaksanaan diet menjadi lebih menyenangkan dan tetap sehat.

Banner Buah

Dewi, G.K. and Adriyanti, E.Z., 2020. Hubungan Body Image dan Diet Terhadap Status Gizi Remaja Putri Di Smk Analis Kesehatan Tunas Medika. Jurnal Pangan Kesehatan dan Gizi Universitas Binawan1(1), pp.11-17.

Fatsecret Indonesia. 2022. Apel Fuji. https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/apel-fuji?portionid=584777&portionamount=100,000 [7 Januari 2022]

Hickman, Kiersten. 2021. 7 Ways Apples Can Help You Lose Weight, Say Dietitians. https://www.eatthis.com/ways-apples-can-help-you-lose-weight/ [8 Januari 2022]

https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2352939317300623

Kubala, Jilian. 2019. What to Know About Apples.     https://www.medicalnewstoday.com/articles/267290#benefits [8 Januari 2021]