Home » Blog » 15 Kandungan Telur Ayam yang Penting Bagi Tubuh

15 Kandungan Telur Ayam yang Penting Bagi Tubuh

Memahami kandungan telur ayam tentu sangat penting karena ini adalah salah satu konsumsi utama di Indonesia. Jadi kita akan bahas secara total apa saja kandungan di dalamnya saat dikonsumsi.

Sebagai salah satu komoditas yang cukup besar di Indonesia tentu saja ini menjadi mudah untuk kita konsumsi. Dari segi harga juga tidak terlalu tinggi sehingga masyarakat juga umum mengkonsumsinya.

Banyak orang hanya memahami bahwa telur ayam ini adalah salah satu sumber protein tinggi bagi tubuh. Memang ini adalah statement yang benar namun kandungan lainnya juga banyak manfaatnya.

Sehingga kita perlu mengetahuinya agar mampu memanfaatkan secara optimal agar konsumsinya juga sesuai fungsi. Ini adalah salah satu aspek yang jika dipahami akan memberikan banyak manfaat.

DAPATKAN TELUR AYAM KAMPUNG DI SESA.ID

15 Kandungan Telur Ayam yang Bagus untuk Tubuh

Ada sekitar lima belas manfaat yang memang bisa kita dapatkan dengan cara mengkonsumsinya. Kami akan menjelaskan secara detail sehingga Sahabat Sehat bisa memperkaya pengetahuan.

BACA JUGA: Ciri Telur Ayam yang Normal Adalah, Berikut Tipsnya

1. Riboflavin

Ini merupakan salah satu kandungan yang perlu ada apabila kita ingin pertumbuhan tubuh berjalan secara optimal. Keberadaan riboflavin dalam tubuh menjadi katalis untuk memperlancar pertumbuhan.

Jadi ketika dikonsumsi dalam jumlah ideal oleh anak usia dini ini bisa membantu mereka untuk tumbuh tinggi. Kandungan seperti itu juga banyak ditemukan dalam kandungan telur ayam sehingga sangat bermanfaat.

Telur Puyuh

Telur Puyuh

 

2. Cholecalciferol

Keberadaan cholecalciferol sangat penting apabila kita hendak menjaga ketahanan tubuh dari serangan radikal bebas. Cholecalciferol ini jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi juga memiliki banyak manfaat.

Kita paling mudah bisa menemukannya dalam telur ayam sehingga relatif mudah bagi konsumen. Untuk hidup sehat kita bisa mulai mengkonsumsi makanan dengan kandungan bagus.

3. Tocopherol

Apabila menginginkan kulit bagus dan regenerasi sel optimal maka ini dapat menjadi opsi terbaik. Tocopherol dapat merangsang regenerasi sel kulit sehingga akan terlihat muda.

Bagi Sahabat Sehat yang peduli terhadap penampilan tentunya menggunakan tocopherol adalah salah satu cara aman. Ini bisa kita peroleh dari mengkonsumsi telur dalam jumlah yang cukup.

4. Pantothenic Acid

Pantothenic acid banyak terdapat pada kuning ayam sehingga manfaatnya bisa kita rasakan secara mudah. Keberadaannya juga tidak mudah hancur ketika diolah sehingga tetap bermanfaat saat dikonsumsi.

Mengkonsumsi asupan pantothenic acid secara seimbang bisa menjaga kebugaran tubuh dalam jangka waktu lama. Jadi ini memang bagus bagi mereka yang aktif sepanjang hari.

telur-ayam-kampung

Telur Ayam Kampung

5. Cobalamin

Untuk menjaga metabolisme tubuh dibutuhkan cobalamin dalam jumlah seimbang setiap hari. Hal tersebut bisa Sahabat Sehat penuhi dengan mengkonsumsi telur terutama yang berasal dari ayam.

Ini tentu saja sangat mudah dilakukan karena memang jumlahnya juga banyak dan bisa kita cari secara cepat. Harga dari telur ayam yang murah membuat asupan cobalamin tentu mudah diperoleh.

6. Vitamin A

Untuk menjaga kesehatan mata kita memerlukan asupan vitamin a dalam jumlah tidak sedikit. Salah satu asupan makanan yang mengandung vitamin tersebut adalah kandungan telur ayam.

Memang ini tidak harus dijadikan sumber utama karena persentasenya tidak terlalu tinggi. Namun sebagai substitusi dan pelengkap tentu saja akan cukup sempurna ketika dikonsumsi.

BACA JUGA: Ternyata Segini Kandungan Kalori Apel Fuji, Buah tepat untuk Diet Sehat

7. Zat Besi

Demi mencegah penyakit tulang maka konsumsi dari zat besi untuk tubuh juga perlu diperhitungkan. Jumlah tinggi dapat kita peroleh melalui berbagai macam sayuran hijau.

Namun ternyata telur juga memilikinya sehingga kita bisa mendapatkan nutrisi yang relatif lengkap. Sehingga konsumsi bahan ini secara rutin tentu dapat menjadi salah satu hal baik.

8. Fosfor

Kesehatan mata dan tulang juga dapat kita peroleh dari kandungan fosfor sebuah bahan makanan. Salah satu yang memiliki kandungan tersebut tentu saja telur ayam jadi konsumsinya memang bagus.

Ini adalah salah satu kandungan yang cukup jarang orang perhatikan padahal sekarang kebutuhannya relatif tinggi. Untuk menjaga mata, gigi, dan tulang kita perlu mengkonsumsinya secara seimbang.

Telur Omega 3

Telur Omega 3

9. Asam Folat

Khusus untuk ibu hamil asupan asam folat akan memberikan manfaat sangat besar. Ini dapat mensupport perkembangan janin dan otaknya sehingga bisa lahir secara sehat nantinya.

Penggunaan asam folat sendiri juga bagus untuk regenerasi sel sehingga cepat digantikan oleh yang baru. Kondisi seperti ini bisa membuat kita selalu terlihat lebih muda.

10. Yodium

Menjaga saluran pencernaan bagian atas yaitu mulut tentu perlu diperhatikan oleh setiap orang. Salah satu asupan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tersebut adalah yodium.

Ini bisa mencegah terjadinya penyakit gondok dan meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga ketika kita konsumsi dalam jumlah ideal tentu saja bisa memberikan dampak positif.

11. Selenium

Selenium mampu digunakan sebagai salah satu pengganti sel tulang yang keropos. Sehingga ketika kita konsumsi ini juga akan membantu phospor dan kalsium dalam menjaga kesehatan tulang.

Telur Bebek Asin Matang

Telur Bebek Asin Matang

12. Protein

Telur memiliki kandungan protein menjadi salah satu nilai jual tertinggi dari bahan ini karena memang kandungan telur ayam cukup banyak. Protein memiliki banyak manfaat sehingga ketika dikonsumsi juga bagus.

13. Lemak

Sebagai salah satu asupan nutrisi sumber energi lemak tetap kita butuhkan dalam jumlah tertentu. Jadi jangan takut karena konsumsi lemak dapat dipecah menjadi energi dalam jumlah besar.

14. Karbohidrat

Untuk energi kita beraktivitas sehari-hari selalu dibutuhkan asupan karbohidrat secara terukur. Jadi kita nantinya tidak cepat lelah meskipun tetap aktif dalam jangka waktu cukup lama.

telur-ayam-kampung-selenium

Telur Kampung Selenium SESA

15. Air

Salah satu persentase tertinggi dalam telur adalah air sehingga kita bisa menjadikannya sebagai sumber mineral. Akan cukup optimal apabila dikonsumsi secara teratur.

Apabila ingin mencari telur dan makanan sehat lainnya Sahabat Sehat bisa mengunjungi langsung sesa.id. Atau langsung saja mengunduh dan memasang aplikasi ini melalui Apps di Playstore dan Appstore.

Dengan banyaknya kandungan manfaat tadi tentu saja kita bisa menjadikan bahan ini sebagai salah satu konsumsi rutin. Memang kandungan telur ayam sangat bermanfaat sehingga peningkatan konsumsi perlu dilakukan.

  1. https://health.kompas.com/read/2020/01/23/083400668/11-kandungan-gizi-dalam-telur-ayam-dan-manfaatnya-bagi-tubuh
  2. https://ternakpedia.com/976/kandungan-gizi-telur-ayam/
  3. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-dan-risiko-makan-telur/

 

Sumber Gambar: 

sesa.id