Home » Blog » Efek Kelebihan Hormon Esterogen bagi Wanita

Efek Kelebihan Hormon Esterogen bagi Wanita

kelebihan hormon estrogen

Hormon Estrogen Wanita – Kalau diibaratkan, hormon dalam tubuh manusia itu seperti jungkat-jungkit. Saat hormon berada dalam keadaan seimbang, maka tubuh Anda akan bekerja sebagaimana mestinya. Namun saat hormon tidak seimbang, tubuh Anda kemungkinan besar akan mengalami masalah.

Nah, itulah sebabnya, bagi kaum wanita yang memiliki kelebihan hormon estrogen di dalam tubuhnya akan rentan mengalami kondisi kesehatan tertentu. Lantas apa yang terjadi bila seseorang memiliki kelebihan hormon esterogen? Simak penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Kelebihan Hormon Estrogen pada Wanita

Umumnya, hormon yang mendominasi wanita adalah hormon estrogen. Hormon diproduksi dalam jumlah yang banyak karena memiliki peran penting dalam tubuh wanita. Nah, dominasi hormon esterogen dapat terjadi jika kadar esterogen dalam tubuh terlalu banyak. Dalam dunia medis hal ini disebut dengan estrogen dominance atau hiperesterogenisme.

Peningkatan hormon estrogen ini biasanya sering terjadi dan cenderung mudah berubah serta naik dan turun secara alami. Biasanya hormon estrogen ini meningkat saat menjelang menstruasi dan pada saat wanita hamil.

Menjelang menstruasi kadar estrogen akan terus meningkat sampai menjelang fase tengah siklus. Setelah itu hormon ini akan mengalami penurunan secara alami di masa menjelang selesai menstruasi dan setelah melahirkan.

Ketika seseorang memasuki masa menopause atau seorang wanita berhenti menstruasi, kadar estrogen juga turun. Namun, pada beberapa orang, hormon estrogen dalam tubuh tidak berkurang. Nah, inilah penyebab hormon berlebih pada tubuh manusia. Pengobatan untuk gejala menopause, yang menyebabkan estrogen mencapai tingkat yang tidak normal. Obat lainnya yang meningkatkan kadar estrogen, yaitu:

  • Kontrasepsi hormonal
  • Antibiotik tertentu
  • Obat herbal tertentu
  • Fenotiazin

Selain itu, bahan kimia seperti terpapar kandungan metal, menggunakan plastik yang mengandung cadmium dan BPA, menggunakan kosmetik yang mengandung paraben, phtalates, dan fragrance, dan makanan tertentu seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan GMO,  makanan dan minuman yang terkontaminasi pestisida, protein hewani, kacang kedelai, serta makanan dan minuman yang mengandung susu juga dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh manusia.

Efek Kelebihan Hormon Estrogen pada Wanita

Kelebihan hormon estrogen pada tubuh dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti:

  1. Sakit kepala dan rambut rontok
  2. Badan terasa lemas dan sulit tidur
  3. Menstruasi tidak teratur
  4. Suasana hati atau mood yang mudah berubah
  5. Tangan dan kaki sering terasa dingin
  6. Susah tidur
  7. Perut terasa kembung
  8. Payudara terasa padat dan nyeri
  9. Gairah seks menurun
  10. Sering merasa lelah
  11. Benjolan fibrokistik pada payudara

Cara Mengatasi Kelebihan Hormon Estrogen

Kadar estrogen yang terlalu banyak menumpuk di dalam tubuh akan menyebabkan banyak masalah kesehetan. Walaupun umumnya dialami wanita, para pria juga harus waspada dengan penumpukan kadar estrogen di dalam tubuhnya. Untungnya, Sahabat Sehat dapat menurunkan level estrogen di rumah melalui perubahan diet dan gaya hidup. Simak cara menurunkan kadar estrogen dalam tubuh yuk!

1. Konsumsi Lebih Banyak Makanan Organik

Meskipun pestisida dan zat kimia lain yang digunakan dalam produksi makanan tidak selalu menghasilkan estrogen yang lebih banyak, namun biasanya memiliki efek seperti estrogen ketika diserap tubuh. Memakan makanan organik akan mencegah masuknya zat kimia ini ke dalam tubuh.

Cek resep makanan organik ini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Managed by SESA.id (@sesahealthyfood)

2. Konsumsi Lebih Banyak Serat

Liver membuang estrogen ke dalam asam empedu, dan asam empedu melewati usus selama proses pencernaan. Serat makanan dapat membantu mengurangi estrogen di dalam empedu. Makanan kaya serat antara lain buah-buahan organik, sayuran organik, dan serealia utuh.

Baca juga 6 sayuran hijau dan manfaatnya untuk kesehatan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Managed by SESA.id (@sesahealthyfood)

Minum Teh Hijau

Teh hijau dipercaya dapat membantu mengurangi produksi estrogen dalam tubuh karena mengandung phytochemical.

Coba teh hijau dari Numi Organic Tea.  Teh hijau organik ini terbuat dari daun teh hijau utuh. Daun teh hijau dipetik kemudian dikukus dan digulung dalam bulatan kecil.

Ketika teh diseduh, daun teh akan mengembang seutuhnya dan menghasilkan teh penuh aroma. Sahabat Sehat juga bisa menikmati rasa teh lainnya, yang pasti akan membantu mood jadi lebih baik.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sesa.id (@sesaindonesia)

Ubah Gaya Hidup dan Pola Makan

Mulailah mengurangi mengonsumsi junk food dan daging merah tinggi lemak. Jangan lupa rajin berolahraga 15-30 menit dalam satu hari untuk menurunkan berat badan Sahabat Sehat. Kelola stres dengan baik agar tidak meningkatkan kadar hormon estrogen.

Konsultasi Dokter

Agar kondisi kelebihan hormon estrogen dapat diobati dengan baik, Sahabat Sehat perlu berkonsultasi dengan dokter endokrinologi. Tak lupa, ubah gaya hidup dan pola makan dengan lebih memilih makanan dan minuman yang organik serta alat-alat rumah tangga seperti Greenpan atau Klean Kanteen, yang bebas dari heavy metals, BPA, dan zat kimia berbahaya lainnya.

Temukan beragam makanan dan minuman organik serta alat rumah tangga hingga kebutuhan kecantikan untuk #SehatSekarang -mu hanya di sesa.id!