fbpx
Skip to content
Home » Blog » Kenapa Ibu Hamil Sering Sakit Pinggang

Kenapa Ibu Hamil Sering Sakit Pinggang

Kenapa Ibu Hamil Sering Sakit Pinggang

Kenapa ibu hamil sering sakit pinggang? Mungkin pertanyaan ini sering mengemuka ketika Sahabat Sehat membicarakan kondisi kehamilan seseorang. Saat hamil, memang banyak perubahan pada tubuh wanita yang terjadi dan tidak dapat dihindari.

Mulai dari perubahan bentuk tubuh, perasaan yang tidak karuan, hingga adanya rasa sakit muncul, seperti sakit pada bagian pinggang atau punggung. Ada banyak hal yang menyebabkan munculnya rasa sakit ini.

Kali ini kami akan membahas mengenai alasan mengapa ibu hamil mengalami sakit pada pinggang dan bagaimana cara mengatasi atau meredakannya.

DAPATKAN KEBUTUHAN ORGANIK IBU HAMIL DI SESA.ID

Alasan Kenapa Ibu Hamil Sering Sakit Pinggang

Sebenarnya merasakan nyeri pada bagian pinggang merupakan sebuah keluhan umum pada wanita yang tengah berbadan dua. Akan tetapi, ketika merasakannya memang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara meredakannya, terlebih dahulu Sahabat Sehat harus tahu dahulu apa saja penyebabnya, yaitu:

  1. Penambahan Berat Badan

Sudah lumrah ketika hamil seorang wanita akan mengalami penambahan berat badan. Umumnya 11 hingga 15 kg. Karena berat badan yang bertambah inilah, membuat beban tulang belakang semakin berat sehingga menimbulkan rasa sakit.

Selain itu, berat janin dalam kandungan terus bertambah setiap harinya sehingga menekan pembuluh darah juga saraf punggung. Ini juga turut membuat bagian pinggang serta punggung merasakan nyeri.

  1. Terjadinya Perubahan Postur Tubuh

Selain karena penambahan berat badan, sering sakit pinggang juga disebabkan oleh perubahan postur. Karena penyesuaian tubuh terhadap postur baru menyebabkan bagian punggung dan pinggang tegang lalu menimbulkan nyeri.

BACA JUGA: 

 

  1. Adanya Perubahan Hormon

Satu lagi yang rentan terjadi pada seorang ibu hamil, yaitu perubahan hormon. Ketika hamil hormone relaxin akan diproduksi sehingga membuat ligament di daerah panggul lebih rileks.

Namun, ada akibat lain dari produksi hormon ini, yakni ligament menjadi lebih kendur sehingga ketidakstabilan dan rasa nyeri terjadi pada bagian belakang tubuh.

  1. Pemisahan Otot

Kenapa ibu hamil sering sakit pinggang, terutama ketika masa kehamilan 5 hingga 7 bulan. Hal ini memang tidak bisa dihindarkan, sebab adanya pemisahan otot pada rahim.

Ketika rahim mengembang, maka dua otot paralel di tulang rusuk kemaluan akan terpisah di sepanjang jahitan tengah. Ini akan menyebabkan rasa sakit pada punggung dan pinggang semakin meningkat.

  1. Stres

Tidak dapat dipungkiri mengalami kehamilan memang bisa menimbulkan stres dan ini akan memicu ketegangan otot terutama pada bagian belakang leher hingga pinggang.

Cara Mengurangi Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Memang, mengalami nyeri pada bagian belakang tubuh sudah wajar pada ibu hamil dan pada beberapa orang akan terasa lebih menyakitkan. Jika Sahabat Sehat mengalami hal ini, maka berikut beberapa cara untuk menguranginya:

  1. Perbaiki Postur Tubuh

Kenapa ibu hamil sering sakit pinggang salah satu alasannya karena perubahan postur. Oleh sebab itu, dengan memperbaiki postur tubuh dapat menguranginya. Ada beberapa postur tubuh yang baik untuk mengurangi rasa sakit, yaitu:

  • Berdiri tegak dan jangan membungkuk.
  • Posisikan bahu rileks dengan sedikit ke belakang.
  • Ketika hendak berdiri, sedikit lebarkan kaki agar mendapatkan bantuan dorongan saat bangun dari duduk.
  • Sebaiknya, tidak berdiri terlalu lama.
  • Pilih kursi dengan sandaran punggung untuk duduk.
  1. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Kenapa ibu hamil sering sakit pinggang salah satu alasannya karena tumpuan tubuh kurang nyaman. Tumpuan tubuh adalah kaki dan agar kaki merasa nyaman perlu memastikan penggunaan alas kaki nyaman.

Hindari menggunakan sepatu dengan hak tinggi, gantilah menggunakan sepatu hak rendah, datar, dan pastikan solnya lembut, tidak keras, serta nyaman dipakai. Pilih sepatu yang ukurannya pas dan tidak menyakiti kaki.

  1. Hindari Mengangkat Benda Berat

Ketika sedang hamil pastikan untuk tidak mengangkat benda-benda berat, Sahabat Sehat bisa meminta bantuan orang lain untuk mengangkat benda-benda berat. Kalaupun terpaksa harus mengangkatnya gunakan teknik yang benar.

Agar aman pastikan untuk menumpukan dorongan pada kaki bukan punggung. Angkatlah dari posisi berjongkok bukan menunduk, karena berbahaya untuk Sahabat Sehat.

  1. Tidur Miring dan Gunakan Bantal Hangat

Posisi tidur yang salah juga bisa menjadi penyebab kenapa ibu hamil sering sakit pinggang. Oleh sebab itu, perhatikan posisi tidur, pastikan tidur dengan posisi miring dan menekuk satu atau dua lutut.

Kemudian untuk mengurangi nyeri dan menyamankan posisi dapat menempatkan bantal menyangga lulut yang ditekuk. Pada bagian pinggang dan punggung gunakan bantal hangat sehingga membantu meredakan nyeri.

Apabila Sahabat Sehat mengalami nyeri mendadak, coba beri kompres dingin pada bagian nyeri untuk membantu meredakan rasa sakit.

  1. Tetap Aktif

Kehamilan bukan berarti Sahabat Sehat hanya berbaring di kasur saja, kecuali mengalami kasus khusus. Justru harus tetap aktif melakukan berbagai aktivitas fisik. Tentu saja pilih aktivitas yang aman sehingga tidak membahayakan diri sendiri.

Misalnya berjalan kaki di pagi dan sore hari, melakukan peregangan otot, atau melakukan pekerjaan rumah ringan. Dengan aktif bergerak akan membuat punggung kuat serta meringankan sakit pinggang selama masa kehamilan.

Pada dasarnya mengalami sakit pada bagian punggung serta pinggang merupakan hal lumrah pada ibu hamil. Namun, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Sahabat Sehat perlu melakukan usaha untuk meredakannya.

Ketahui apa yang menjadi penyebabnya. Dengan mengetahui alasan kenapa ibu hamil sering sakit pinggang, maka bisa menentukan bagaimana penanganan yang tepat.

 

  1. https://www.halodoc.com/artikel/sakit-pinggang-saat-hamil-ini-cara-mengatasinya#:~:text=Sakit%20pinggang%20saat%20hamil%20umumnya,alami%20tubuh%20dalam%20mempersiapkan%20persalinan.
  2. https://www.sehatq.com/artikel/penyebab-sakit-pinggang-saat-hamil-dan-cara-mengatasi