fbpx
Skip to content
Home » Blog » Inilah Alasan Kenapa Ibu Hamil Sering Pusing

Inilah Alasan Kenapa Ibu Hamil Sering Pusing

kenapa ibu hamil sering pusing

Sahabat Sehat, kenapa ibu hamil sering pusing saat trimester satu dan tiga? Mari ketahui jawaban tepatnya dari artikel ini. Mengalami pusing saat memasuki masa kehamilan adalah hal wajar, tetapi tetap dibutuhkan penanganan tepat agar gejalanya tidak semakin parah.

Ketika terjadi gejala pada kepala, pasti sulit sekali beraktivitas seperti biasa, bahkan untuk berjalan saja sampai sempoyongan. Jika orang biasa saja mengalami ketidaknyamanan, lebih-lebih lagi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh bumil saat mengandung 9 bulan.

DAPATKAN KEBUTUHAN IBU SEHAT KOMPLIT DI SESA.ID

Kenapa Ibu Hamil Sering Pusing

Ada berbagai alasan kenapa bumil kerap mengalami sakit kepala ketika sedang mengandung. Setiap orang memiliki penyebab berbeda-beda. Untuk mencari tahu penyebab tepatnya apa, mari lihat apa saja pemicu rasa sakit di kepala saat kehamilan tersebut:

  1. Kurang Cairan

Dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh menyebabkan rasa sakit kepala kerap melanda saat masa kehamilan. Untuk mencegah terjadinya sakit kepala akibat kurang cairan, Sahabat Sehat bisa mengantisipasi dengan rajin konsumsi air putih sebanyak 10 gelas per hari.

  1. Tiba-tiba Berdiri

Kondisi perubahan tubuh secara cepat, seperti tiba-tiba berdiri juga menjadi alasan kenapa ibu hamil sering pusing. Untuk membuat tubuh beradaptasi dengan baik, sebaiknya berdiri secara perlahan agar aliran darah ke jantung tidak kaget dan rasa pusing bisa diatasi.

  1. Kurang Darah

Kurang darah atau biasa dikenal sebagai anemia juga menjadi salah satu alasan kenapa tubuh mudah merasa lemas dan kepala cenderung sakit. Biasanya ketika memasuki masa kehamilan, Sahabat Sehat akan mendapatkan penambah darah dari bidan maupun dokter.

  1. Kurang Energi

Membawa bobot lebih dari semestinya membuat tubuh mudah merasa lelah dan kesulitan fokus melakukan berbagai aktivitas. Untuk mencegahnya, Sahabat Sehat bisa mengonsumsi asupan makanan serta minuman bernutrisi baik untuk menambah asupan energi tubuh.

  1. Perubahan Hormon

Hormon ketika masa kehamilan berbeda dengan hormon saat tidak mengandung janin. Ketika mengandung, pembuluh darah akan memberikan jalur aliran darah ke janin, tetapi di sisi lain aliran darah ke otak menjadi berkurang sehingga terjadilah pusing.

  1. Terlalu Lama Berdiri

Alasan lain kenapa ibu hamil sering pusing karena terlalu lama berdiri. Pada usia kehamilan tertentu, Sahabat Sehat memang dianjurkan untuk lebih banyak duduk untuk menghindari sakit di kepala maupun kram di perut. Terlalu lama berdiri bisa memicu banyak gejala.

  1. Terlalu Lama Berbaring

Terlalu lama berbaring juga tidak baik karena ketika beralih posisi dengan cepat, bisa saja rasa sakit di kepala melanda begitu saja. Ketika sedang mengandung, berbagai kegiatan fisik mesti sesuai dengan kadarnya, tidak terlalu lama dan tidak juga terlalu sebentar.

BACA JUGA: 

Cara Mengatasi Rasa Pusing Saat Hamil

Berbagai alasan kenapa ibu hamil sering pusing di atas menjadi acuan penanganan apa yang tepat untuk mengurangi bahkan menghilangkan gejala. Setiap penyebab harus diselesaikan dengan cara berbeda, namun umumnya ada beberapa upaya harus dilakukan, seperti:

  1. Konsumsi Zat Besi

Asupan zat besi pada tubuh dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah secara sempurna. Asupan zat besi alami bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan, seperti ikan, biji-bijian, kacang-kacangan dan juga daging merah untuk konsumsi setiap hari.

Brokoli Organik

Brokoli Organik

Grass Feed Beef Stir Fry

Daging Sapi Grass Fed

  1. Biarkan Tubuh Aktif Bergerak

Sebuah kesalahan besar ketika mengandung justru tidak banyak bergerak atau sama sekali tidak berolahraga. Ketika waktunya memungkinkan, pastikan Sahabat Sehat tetap aktif bergerak sesuai kadarnya untuk mencegah rasa sakit pada kepala.

  1. Atur Pola Makan

Pertanyaan terkait kenapa ibu hamil sering pusing? Bisa saja disebabkan hal yang sepertinya sepele, yakni memiliki pola makan tidak teratur. Saat mengandung, sebaiknya lebih tegas untuk menjalankan pola hidup sehat, termasuk mengatur waktu makan secara ketat.

  1. Hindari Stress

Bukan rahasia umum jika stress menjadi pemicu berbagai penyakit, salah satunya saat kehamilan. Sebisa mungkin hindari penyebab stress, baik fisik maupun psikis untuk menjamin kesehatan bayi. Karena jika ibu stress, bayi juga bisa merasakannya.

Menjaga kesehatan pada saat mengandung memiliki lebih banyak tantangan daripada tidak mengandung. Hal ini karena ketika menjalani kehamilan, gaya hidup mempengaruhi kesehatan dua nyawa sekaligus, yakni nyawa ibu yang mengandung dan nyawa janin.

Obat Medis yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Sahabat Sehat, kira-kira kenapa ibu hamil sering pusing tidak boleh minum obat medis sembarangan? Karena ada beberapa kandungan obat yang membahayakan untuk kesehatan janin. Jadi, pastikan lebih dulu Sahabat Sehat melakukan konsultasi dengan dokter obgyn.

Nama obatnya apa tergantung resep dari dokter, tetapi biasanya dua obat yang aman untuk dikonsumsi saat mengandung adalah paracetamol dan sumatriptan. Penggunaan paracetamol bisa untuk menahan nyeri dan mengurangi gejala sakit pada area kepala.

Sementara penggunaan sumatriptan dengan kandungan serotoninnya membantu para pasien migrain mengurangi rasa tidak nyaman. Pusing biasanya bisa sembuh dengan ibuprofen, namun saat hamil sebaiknya hindari konsumsi ibuprofen untuk kesehatan si kecil.

Ada banyak penyebab kenapa saat kehamilan, kondisi ibu bisa saja tidak fit. Berbagai alasan kenapa ibu hamil sering pusing harus ditangani secara tepat agar gejalanya tidak semakin parah.

  • https://www.alodokter.com/5-penyebab-pusing-saat-hamil-ini-mudah-dihindari
  • https://www.alodokter.com/mengatasi-rasa-pusing-saat-hamil#:~:text=Pada%20trimester%20kedua%2C%20pertumbuhan%20dan,ibu%20hamil%20sering%20merasa%20pusing.
  • https://hellosehat.com/saraf/sakit-kepala/obat-sakit-kepala-untuk-ibu-hamil/