Home » Blog » Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat dan Risiko Kopi Hijau untuk Diet

Wajib Tahu, Ini 5 Manfaat dan Risiko Kopi Hijau untuk Diet

kopi hijau untuk diet

Belakangan ini kopi hijau cukup populer dihubungkan dengan program penurunan berat badan. Benarkah kopi hijau untuk diet dapat efektif menurunkan berat badan?

Kopi hijau sebenarnya adalah jenis kopi yang diproses tanpa pemanggangan biji kopi. Berdasarkan cara pengolahannya tersebut maka kandungan asam klorogenat pada kopi hijau atau green coffee lebih terjaga dari jenis kopi biasa.

Kandungan asam klorogenat yang tinggi pada green coffee inilah yang memberi manfaat sebagai penghancur lemak. Oleh sebab itu kopi hijau semakin populer dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Sahabat Sehat, tertarik mencoba kopi hijau untuk diet? Sebelum mencobanya mari simak dulu manfaat dan risiko kopi hijau untuk diet!

Membantu Proses Metabolisme Tubuh

Diet akan efektif jika sistem metabolisme tubuh bekerja secara optimal. Asam klorogenat pada kopi hijau membantu melancarkan metabolisme lemak dalam hati sehingga penimbunan lemak bisa dicegah. Jika proses metabolisme lancar maka proses pembakaran lemak dan pembuangan zat sisa dalam tubuh bisa berjalan lebih optimal.  

Menurunkan Kadar Gula Darah

Nutrisi pada kopi hijau untuk diet membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan menjaga kadar insulin dalam darah tetap stabil. Hal ini membantu Sahabat sehat dari risiko obesitas sekaligus mengurangi risiko diabetes. Sahabat Sehat, supaya mendapat manfaat kopi hijau untuk menjaga kadar gula darah sebaiknya tetap perhatikan asupan kalori dalam tubuh dari bahan makanan lainnya.   

Menjaga Mood Tetap Stabil

Ketika menjalani diet kemungkinan ada dampak pada perubahan suasana hati. Sebab, perubahan pola makan ketika diet juga ikut mempengaruhi perubahan sistem hormon dalam tubuh yang berhubungan dengan mood seseorang. Kandungan kafein pada kopi hijau menjaga mood tetap stabil dan lebih fokus dalam beraktivitas selama menjalani program diet sehat. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Diet sehat tidak hanya menjaga berat badan tetap stabil tapi juga perlu memperhatikan kesehatan organ dalam tubuh. Jantung adalah organ tubuh vital yang perlu dijaga kinerjanya selama Sahabat Sehat menjalani diet. Nutrisi kopi hijau untuk diet tidak hanya membakar lemak dalam tubuh tapi ikut mengontrol kadar kolesterol sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.

Menjaga Tubuh Tetap Berenergi 

Ketika menjalani diet, khususnya bagi pemula tubuh akan cenderung lebih mudah lemas dan lelah. Hal ini dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi seimbang selama program diet berlangsung. Mengonsumsi kopi hijau untuk diet membantu memberi tambahan asupan energi sehingga tubuh tetap terasa bugar. 

Setelah mengetahui manfaat dari kopi hijau untuk diet, mari kita bahas tentang risikonya. Kopi hijau yang dikonsumsi berlebihan dapat memicu rasa sakit kepala, sakit lambung, gangguan pencernaan, gelisah hingga insomnia.

Takaran aman untuk mengonsumsi kopi hijau per hari dalam program diet adalah 400 mg. Sebaiknya kopi hijau dikonsumsi tanpa tambahan gula atau pemanis yang tinggi kalori agar bisa lebih optimal membantu program diet. 

Bagi Sahabat Sehat yang sensitif terhadap kafein sebaiknya tidak mengonsumsi kopi hijau untuk diet terlalu banyak. Diet sehat dengan kopi hijau harus tetap diseimbangkan dengan asupan makanan bergizi seimbang dan pola hidup sehat ya, Sahabat Sehat.

Jangan khawatir bagi Sahabat Sehat yang tidak punya banyak waktu menyiapkan makanan diet, kini makanan diet sehat mudah didapatkan di sini. Sesa punya banyak pilihan makan diet sehat siap santap dengan bahan berkualitas dan lezat. 

 

Referensi: Alodokter

Photo by Maksim Goncharenok from Pexels