Home » Blog » 6 Manfaat Teh Organik bagi Tubuh dan Lingkungan

6 Manfaat Teh Organik bagi Tubuh dan Lingkungan

teh organik

Hayoo, siapa diantara Sahabat Sehat yang menyukai teh?  Sejak dulu, teh menjadi pilihan untuk bersantai di sore hari ataupun penyemangat saat pagi hari.Kini beberapa perkebunan atau perusahaan menggunakan prinsip organik. Melalui sistem pertanian inilah mulai dikenal teh organik.

Tak ada salahnya mencicipi nikmatnya teh organik yang sedang tren di kalangan masyarakat. Teh organik di klaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Simak beberapa manfaat teh organik bagi kesehatan.

Apa Sih Teh Organik Itu?

Teh organik adalah tanaman teh yang ditanam dengan metode penanaman organik pada lahan pertanian bebas dari substansi pestisida, herbisida, dan juga bahan kimia lainnya selama tiga tahun dan diawasi oleh otoritas negara tersebut. Teh yang dihasilkan lahan organik akan  menghasilkan tanaman herbal bermutu tinggi dan tentu saja tidak mengandung senyawa yang berbahaya bagi tubuh.

Produk organik tidak boleh mengandung nano partikel yang direkayasa. Ada beberapa prinsip budidaya teh organik, yakni harus meningkatkan kesehatan tanah, tanaman, serta manusia dan hewan, harus didasarkan pada sistem ekologi yang hidup, dan harus melindungi kesehatan dan kesejahteraan generasi saat ini dan lingkungan.

Teh organik memiliki rasa yang lebih sedikit daripada teh non-organik karena pengaruh pupuk yang berbeda. Hal ini dapat terjadi karena kombinasikan dengan berbagai bunga, rempah, dan buah-buahan sehingga menghasilkan rasa yang berbeda-beda tergantung kombinasi herbalnya.

Manfaat Teh Organik

Teh organik menarik minat masyarakat karena terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan. Konsumsi teh organik bisa menjadi langkah tepat untuk hidup sehat dalam jangka panjang, sebab teh yang ditanam dengan prinsip organik memiliki banyak kelebihan. Berikut beberapa manfaat teh organik bagi kesehatan:

  • Menikmati Sensasi Teh Alami
    Teh organik sudah pasti menunjukan bahwa proses penanaman tanaman dasarnya tidak menggunakan bahan kimia, baik anti hama maupun pupuk yang dipakai. Alhasil menikmati seduhan teh jenis ini membantu tubuh menikmati sumber makanan yang 100 persen alami dan bebas zat berbahaya yang memicu masalah kesehatan.
  • Aman dan Tersertifikasi
    Keamanan dalam hal kualitas teh organik sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya soal keamanan benar-benar terjamin mengingat sebelum dipasarkan sudah dicek kualitasnya secara detail. Produk yang aman nantinya akan memiliki sertifikat internasional, jika tidak aman tentu sertifikat ini tidak akan dikantongi bukan? Konsumsi teh versi organik dari merek yang tepat akan menjamin memperoleh produk teh yang super aman.
  • Kaya akan Antioksidan
    Komposisi bahan yang 100 persen terbuat dari alam menjadikan teh jenis ini mampu menghadirkan lebih banyak manfaat. Rupanya hasil ini terbukti nyata karena memang pada teh dari tanaman organik mengandung antioksidan lebih tinggi. Bagi yang ingin tubuhnya lebih kuat terhadap serangan penyakit dan kulit sehat bercahaya tentu memerlukan asupan antioksidan yang tinggi. Kabar baiknya asupan antioksidan ini bisa disuplai maksimal oleh teh dengan label organik.
  • Rasa yang Lebih Nikmat
    Satu lagi efek dari pemakaian bahan alami dan bebas zat kimia secara langsung menjadikan rasa seduhan teh jenis ini lebih baik. Aromanya lebih enak dan menenangkan kemudian saat masuk ke tenggorokan akan terasa lebih nikmat.
  • Tubuh Terlindung dari Bahan Kimia Berbahaya
    Teh yang ditanam dengan metode konvensional biasanya menggunakan pestisida untuk mengusir hama. Namun, teh organik tidak menggunakan bahan kimia berbahaya untuk mengusir hama. Paparan pestisida pada tubuh dapat menyebabkan diare, gangguan kesehatan anak, bahkan gangguan pertumbuhan janin.
  • Ramah Lingkungan
    Penggunaan bahan kimia pada perkebunan teh perlu diakui turut andil dalam polusi udara dan juga tanah. Sehingga selama teh non organik ini masih diminati maka perkebunannya akan terus berjalan. Polusi udara dan tanah memiliki efek jangka panjang akan memicu masalah kesehatan dan risiko mengidap penyakit degeneratif semakin tinggi. Beralih ke teh organik bisa membantu menurunkan polusi dan masalah lingkungan lain akibat penggunaan bahan kimia pada lahan pertanian.

Menyadari efek positif mengkonsumsi teh organik dibanding yang non organik, maka bisa dimulai dari sekarang. Berikut beberapa produk teh organik rekomendasi SESA yang patut Sahabat Sehat coba lho! Ada Numi Organic Tea, Sonnentor, Javara dan Bankitwangi.

Produk-produk teh organik ini sudah tersertifikasi USDA Organic, Non-GMO Project, Fair Trade Certified, B-Corporation Certified, dan official partner Carbon-Free.org sehingga Sahabat Sehat tak perlu khawatir akan kualitas dan keamanannya. Selain itu, produk-produk tersebut sudah menggunakan compostable tea bag sehingga aman untuk lingkungan. Yuk, konsumsi teh organik untuk memotivasimu #SehatSekarang hanya di sesa.id!