Home » Blog » Diet? Yuk, Konsumsi Makanan Padat Nutrisi dan Rendah Kalori!

Diet? Yuk, Konsumsi Makanan Padat Nutrisi dan Rendah Kalori!

makanan padat nutrisi

Mengatur pola makan dan memilih jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga berat badan yang seimbang. Pola makan yang tepat dapat membantu mencegah penambahan berat badan. Walaupun setiap makanan memiliki nilai kalorinya sendiri-sendiri, asupan kalori yang berlebih dapat meningkatkan berat badan. Untuk itu, Sahabat Sehat harus cerdas dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Peningkatan berat badan dapat menjadi masalah kesehatan serius. Salah satunya obesitas. Untuk itu, penting bagi Sahabat Sehat mengonsumsi makanan yang tidak hanya membuat perut terasa kenyang namun kalori dan kandungan gizi serta nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Banyak yang tertipu dengan makanan yang hanya memuaskan perut sementara namun tidak memberikan nilai gizi dan nutrisi yang penting sehingga perut kembali lapar.

Beragam Makanan Padat Nutrisi dan Rendah Lemak

Makan asal kenyang adalah pemahaman yang salah. Sebab, tidak semua jenis makanan yang mengenyangkan pasti menyehatkan. Sebaiknya perhatikan asupan kalori, nutrisi, dan gizi yang masuk ke dalam tubuhmu. makanan rendah kalori yang padat nutrisi tentunya menjadi pilihan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebab nutrisi tubuh kamu juga harus tetap terpenuhi agar kesehatan selalu terjaga. Berikut ada beberapa jenis pilihan makanan rendah kalori namun padat nutrisi yang cocok dikonsumsi saat Sahabat Sehat ingin menurunkan berat badan, di antaranya:

Buah Beri

Tak bisa dipungkiri, keluarga buah beri, seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry memiliki kalori yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi ketika Sahabat Sehat menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, buah beri juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, tingginya serat yang terkandung dalam buah beri mampu meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi rasa lapar.

Telur Organik

Siapa yang tidak mengenal telur? Makanan padat nutrisi namun rendah kalori ini juga mengandung beragam vitamin dan mineral penting untuk tubuh.  Sarapan dengan telur dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang karena kaya akan protein yang terkandung di dalamnya. Jangan lupa, kombinasikan dengan sayur-sayuran agar menambah manfaat mengonsumsi telur organik. Sebaiknya, konsumsilah telur rebus agar menghindari minyak yang dapat meningkatkan kadar lemak jahat jika digoreng.

Ikan Kod

Mengonsumsi ikan tanpa lemak saat Sahabat Sehat sedang menjalankan program penurunan berat badan adalah pilihan yang tepat. Konsumsilah ikan kod. Kalori yang terkandung dalam ikan kod lebih rendah daripada salmon, tuna, sarden, makarel, dan ikan lainnya. Selain itu, ikan kod juga mengandung vitamin B12, niasin, dan selenium. Untuk mengurangi kadar lemak jahat jika ikan kod digoreng, akan lebih baik bila Sahabat Sehat mengonsumsi ikan kod dengan cara direbus, dipepes, atau dibuat sup.

Konjac

Obesitas dapat mengganggu kesehatan tubuh. Risiko mengalami penyakit seberti diabetes, penyakit kardiovaskular hingga kanker, menjadi lebih tinggi pada orang-orang dengan berat badan berlebih. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah mengatur pola makan, menghindari makanan siap saji, hingga mengolah sendiri makanan yang tinggi serat namun rendah karbohidrat.

Kini, makanan diet sudah berkembang dan memiliki banyak varian lho Sahabat Sehat. Cobain yuk, pasta sehat dari Skinny Pasta. Pasta sehat yang satu ini aman dikonsumsi bagi Mamas yang sedang diet. Skinny Pasta merupakan produk alternatif pasta yang terbuat dari bahan dasar alami yaitu Konjac – tumbuhan alami yang mengandung serat.

Mengandung hanya 9-29 kalori per 100gr yang bebas dari GMO, allergen dan addictive, sehingga aman untuk dikonsumsi. Skinny Pasta juga tidak mengandung gluten, sugar, fat, maupun cholesterol lho,Sahabat Sehat! Tak hanya itu saja, pasta yang satu ini juga tidak mengandung produk dairy, keto dan vegan friendly.

Yoghurt

Yoghurt dapat menjadi salah satu makanan padat nutrisi dan rendah kalori yang bisa Sahabat Sehat pilih. Namun, Sahabat Sehat harus cermat dalam memilih yoghurt yang akan dikonsumsi. Pilihlah yoghurt yang tanpa lemak dan tanpa rasa. Ingin lebih kenyang dan bernutrisi? Sahabat Sehat dapat menambahkan buah-buahan seperti kiwi, pisang, ataupun stroberi. Tak hanya itu, lengkapi dengan kacang-kacangan seperti almon atau kenari untuk menambah gizi dan nutrisi yoghurtmu.

 

Saat ingin menurunkan berat badan, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, rendah kalori sekaligus membatasi asupan jumlah kalori. Sebab, jika tidak mendapat nutrisi yang cukup, program menurunkan berat badan Sahabat Sehat malah akan menjadi bumerang bagi tubuh dan menimbulkan masalah kesehatan yang berdampak buruk bagi diri sendiri. Yuk, penuhi kebutuhan #SehatSekarang -mu dengan beragam makanan padat nutrisi dan rendah kalori hanya di sesa.id!