Home » Blog » 2 Cara Memasak Spageti yang Rendah Kalori agar Berat Badan Turun Selama Pandemi

2 Cara Memasak Spageti yang Rendah Kalori agar Berat Badan Turun Selama Pandemi

cara memasak spageti

cara memasak spageti – Banyak orang akhirnya memutuskan untuk diet dengan berbagai cara karena manfaat yang ditawarkan cukup banyak salah satunya kesehatan. Pola makan yang buruk tentu akan berdampak pada berat badan sehingga meningkatkan risiko penyakit berbahaya. 

Cara diet pun beragam mulai dari olahraga hingga mengatur pola makan sehat. Diet yang direkomendasikan oleh ahli gizi adalah diet dengan rendah kalori.

Diet rendah kalori ini merupakan diet yang hanya memasukkan makanan berdasarkan kebutuhan normal. Namun, tetap memperhatikan kandungan energi, mineral, serat dan vitamin.

Umumnya setiap orang memiliki kebutuhan masing-masing, normalnya sekitar 2000 kalori untuk orang dewasa sedangkan untuk yang memiliki penyakit obesitas disarankan hanya mengurangi kebutuhan kalori sedikit. 

Pengurangan kalori juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Jadi harus dengan perhitungan agar tubuh dapat bekerja maksimal. 

Hal yang harus diperhatikan adalah membatasi pola makan dan menetapkan tujuan. Meskipun diet, Sahabat sehat masih bisa mengonsumsi makanan apapun asalkan gizinya seimbang seperti spaghetti.

Apakah cara masak spaghetti juga akan berpengaruh? Bagaimana cara memasak spaghetti rendah kalori untuk diet? Perhatikan 2 resep spaghetti rendah kalori di bawah ini: 

Sebelum membuat olahan spaghetti pastikan untuk mencari produk pasta dengan keunggulan yang beragam seperti rendah kalori, bisa dimana vegan, tinggi protein dan bebas gluten.

Selain itu kamu bisa menyesuaikan rasanya edamame, kacang hijau atau kacang hitam. Kamu bisa menemukannya di https://sesa.id/brand/explore-cuisine.html

Spaghetti kerang 

Bagi kamu yang suka kerang, kamu bisa menambahkannya dengan kerang. Sahabat sehat tahu, kerang itu salah satu makanan yang rendah kalori? Jadi sangat cocok untuk kamu pecinta seafood tapi takut dietnya gagal.

Selain itu, kerang laut memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi juga. Jumlah kalori per sajian spaghetti kerang sekitar 270. Bagaimana cara membuat spaghetti? Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini: 

  1. Siapkan semua bahan seperti spaghetti dari bahan organik, minyak zaitun, bawang putih, dan kerang. Jika ingin menambahkan paprika atau keju parmesan juga bisa. Semua bahan tersebut memiliki kalori yang rendah. 
  2. Didihkan air untuk memasak mie, tunggu hingga lunak dan tiriskan
  3. Iris bawang putih dan paprika 
  4. Panaskan minyak dan tumis bawang putih sampai harum. 
  5. Masukkan kerang dan tutup penggorengan. Tunggu hingga kerangnya masak. 
  6. Masukkan spaghetti dan koreksi rasa. 
  7. Spaghetti siap disajikan. 

Spaghetti with Greek-yogurt tomato sauce

Sahabat sehat juga tidak boleh melewatkan menu spaghetti diet ini. spaghetti dibuat dengan campuran yogurt. Greek Yogurt ini memiliki kandungan protein cukup tinggi sehingga akan membuat rasa kenyang yang lebih lama.  Selain itu kamu perlu menyiapkan beberapa bahan seperti: 

  1. Spaghetti 
  2. Olive oil 
  3. Bawang putih
  4. Bawang Bombay
  5. Cabai kering
  6. Tomat 
  7. Greek yogurt 
  8. Keju parmesan 

Cara membuat spaghetti memang cukup simple. Hanya perlu menambahkan beberapa bahan agar lebih lezat. Mulailah dengan mendidihkan air untuk spaghetti sekalian memanaskan olive oil. Setelah itu, masukkan irisan bawang putih, bawang Bombay, dan cabai kering. Goreng hingga harum. 

Tambahkan potongan tomat dan masukkan air sedikit. Tutup dan biarkan hingga matang. Jika sudah, masukkan spaghetti ke dalam saus pasta. Tambahkan yogurt greek dan aduk rata. Spaghetti with greek yogurt tomato sauce sudah siap dihidangkan. Jangan lupa taburkan keju parmesan akan lebih enak. 

Bagaimana sahabat sehat? mudah bukan? Diet itu bukan tidak makan sama sekali. Namun harus sesuai dengan kalori tubuh yang dibutuhkan. Resep spaghetti di atas bisa jadi alternatif untuk menu diet rendah kalori, protein tinggi dan rendah lemak juga tentunya. 

Referensi: Grid

Gambar oleh joshuemd dari Pixabay