Home » Blog » Hobi Masak? Ini 10 Makanan Pedas Kekinian yang Bisa Kamu Bikin Di Rumah

Hobi Masak? Ini 10 Makanan Pedas Kekinian yang Bisa Kamu Bikin Di Rumah

makanan pedas kekinian

makanan pedas kekinianMakanan pedas sangat digemari banyak orang. Maka tak heran jika di setiap kota di Indonesia memiliki menu makanan pedas khasnya masing masing – masing. Termasuk varian baru makanan pedas kekinian yang digemari oleh generasi muda.

Mungkin banyak sahabat sehat disini termasuk penggemar dan biasa makan makanan pedas? Bagi sahabat sehat yang memiliki hobi memasak dan ingin membuatnya untuk sendiri atau untuk orang terdekat. Berikut ini makanan pedas yang bisa kamu bikin di rumah.

Rica – rica ayam

Hampir semua orang di Indonesia pasti tahu dan mengenal betul makan pedas yang satu ini. Yup, rica – rica ayam dengan berbahan dasar daging ayam yang dimasak dengan bembu – bumbu pedas yang akan membakar lidah. Ayam yang sebagai bahan dasar bisa juga diganti dengan daging, ikan, udang, atau cumi – cumi. Makanan khas dari Manado ini menjadi kuliner yang terkenal hingga ke penjuru Indonesia.

Ayam geprek

Masih dengan bahan dasar ayam, ayam geprek menu makanan pedas kekinian yang sangat akrab bagi lidah orang Indonesia. Makanan dari ayam goreng tepung yang digeprek atau di tumbuk kasar bersama sambal. Bahkan juga bisa ditambahkan topping saus dari mayones, saus barbeque, atau varian saus lain untuk menambahkan cita rasa pedasnya.

Seblak

Seblak yang pertama kali diperkenalkan di Bandung, Jawa Barat. Menu kudapan pedas ini begitu digemari oleh pecinta makanan pedas. Seblak memiliki bahan yang beragam, seperti mie, kerupuk, baso, hingga sosis, dan cita rasa kencur yang kuat pada kuahnya membuat siapa saja ngiler saat mencium aromanya.

Mie dok dok

Hanya dengan bermodal mie instan, menjadi menu yang wajib ada di warmindo atau warung burjo di Jogja. Mie dok dok a la warmindo memiliki kuah kental dan gurih ini hanya bahan dasar mie instan dengan bahan penunjang lain seperti sosis, baso, dan telur. Kamu bisa membuatnya di rumah, karena dari persiapan hingga siap disajikan hanya perlu 15 menit saja.

Ceker setan

Makanan pedas berkuah lainnya adalah ceker setan. Ceker ayam yang dimasak dengan bumbu khas dan kental hingga membuat pedasnya meresap, dengan tekstur yang kenyal akan membuat ketagihan. Bahkan ceker setan menjadi salah satu jajanan favorit yang bisa kamu sajikan sebagai lauk.

Pentol mercon

Jajanan kaki lima yang satu ini mudah dijumpai dan begitu digemari. Dengan bentuk bulat polos dan kecil seperti bakso serta tambahan saus kacang yang melumurinya, pentol mercon sudah siap disajikan. Disebut pentol mercon karena jajanan ini terasa seperti membakar mulut dan tenggorokan.

Sosis bakar pedas

Makanan pedas kekinian yang satu ini terbuat dari olahan daging yang dibakar dengan ditusuk dan dibumbui atau saus pedas serta mayones. Sosis bakar pedas menjadi tren jajanan kekinian yang banyak dijajakan oleh pebisnis kuliner. Makanan pedas ini bisa disantap sebagai cemilan atau di makan bersama dengan nasi hangat.

Tahu isi jeletot

Tahu isi jeletot adalah tahu yang diisi dengan sayuran dan sambal cabai yang membuat penikmatnya merasakan sensasi pedas di setiap gigitan. Dimasak hingga garing dan renyah, membuatnya menjadi sajian favorit. Biasanya tahu isi jeletot memiliki ukuran yang lebih besar dari tahu isi lainnya.

Fire chicken

Seperti namanya fire chicken adalah ayam goreng yang berlumur saus merah pedas. Tak hanya itu tingkat kepedasannya bisa disesuaikan. Untuk mengimbanginya bisa ditambahkan saus keju lembut. Fire chicken bahkan bisa jadi ide bisnis kuliner makanan pedas kekinian

  • Mie aceh

Sajian mie dari Aceh dengan sensasi pedas dengan bumbu rempahnya akan membuat tubuh menjadi terasa hangat. Sangat cocok disantap saat hujan dan cuaca yang dingin. Mie pedas ini bisa ditambah dengan bahan penunjang seperti ayam, daging, atau olahan seafood.

Referensi: Grid