Home » Blog » 5 Manfaat Makanan Pedas untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat

5 Manfaat Makanan Pedas untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat

makanan pedas

Makanan Pedas – Makanan pedas menjadi salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Sebab, makanan dengan citarasa pedas ini memang menggugah selera. Bahkan dengan rasa pedas ini bisa menambah napsu makan bagi sebagian orang. 

Namun, ada juga beberapa orang yang menganggap makanan ini adalah makanan yang membuat perut mereka sakit. Ada yang mules, dan lainnya. Meskipun tidak semua orang mengalami hal ini, biasanya rasa pedas ini sering dikaitkan dengan beberapa penyakit. 

Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat yang juga bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi makanan yang pedas? Bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang pedas ini justru baik bagi kesehatan. 

Inilah Sebagian Manfaat Makanan Pedas

Nah, mau tahu apa sajakah manfaat mengonsumsi makanan pedas? Berikut ini beberapa manfaatnya:

  • Membantu Membakar Kalori

Manfaat mengonsumsi makanan yang pedas pertama pastinya mampu untuk membakar kalori. Sebab, banyak orang yang memakan makanan yang pedas akan berkeringat. Proses keluarnya keringat ini sama dengan kalori yang akan terbakar di dalam tubuh. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan yang pedas secara berlebihan yaa!

  • Membantu Melindungi Jantung

Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapakan dengan mengonsumsi makanan yang pedas adalah membantu untuk melindungi jantung. Sebab, di dalam makanan pedas sendiri mampu untuk membunuh beberapa kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Kandungan capsaicin di dalam cabai juga mampu melawan peradangan yang mengakibatkan peradangan pada jantung. 

  • Membantu Menghilangkan Rasa Sakit

Mengonsumsi makanan yang pedas juga dapat membantu Anda untuk menghilangkan rasa sakit yang ada pada tubuh. Capsaicin yang ada di dalam cabai sendiri juga merupakan salah satu unsur utama demi menghilangkan sejumlah rasa sakit yang ada pada tubuh Anda. 

  • Memiliki Banyak Nutrisi

Manfaat tambahan lain yang bisa Anda dapatkan adalah kaya akan nutrisi. Cabai sendiri menjadi salah satu makanan yang sangat baik apalagi nutrisinya untuk tubuh. Di dalam kandungan cabai sendiri ada vitamin A dan C yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh. 

  • Membuat Lebih Bahagia

Mengonsumsi makanan dengan rasa pedas juga bisa membuat Anda bahagia. Pasalnya, di dalam makanan yang pedas mampu membuat otak memproduksi hormon serotonin. Hormon ini nantinya bisa membuat Anda jauh lebih siap untuk menghadapi stress, depresi, kecemasan, kemarahan bahkan stress. 

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengonsumsi Makanan Pedas!

Pada saat Anda akan mengonsumsi makanan dengan rasa pedas, maka Anda juga harus memperhatikan makanan yang akan dimakan. Usahakan untuk tidak berlebihan ketika memakan makanan yang pedas. Hal ini mampu membuat Anda mendapatkan masalah kulit seperti iritasi yang berada di bagian bibir. 

Selain itu, mengonsumsi makanan dengan rasa yang pedas sebelum tidur ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Adanya gangguan pencernaan ini bahkan bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur dengan nyenyak.

Jadi, perhatikan porsi makan pedas yang akan Anda konsumsi. Seimbangkan juga dengan buah dan juga sayur untuk mendapatkan gizi yang seimbang. 

Jadi, itulah sebagian efek makanan pedas atau manfaat dari mengonsumsi makanan dengan rasa pedas. Di musim pandemi seperti saat ini, pastikan untuk tidak sembarangan dalam mengonsumsi makanan baik dengan rasa yang pedas maupun tidak.

Bahkan akan lebih baik jika Anda memasak sendiri makanan pedas yang akan dikonsumsi untuk memastikan makanan tersebut aman untuk dikonsumsi. 

Sumber: Kompas

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay