Home » Blog » 8 Makanan Penambah Hb Ibu Hamil

8 Makanan Penambah Hb Ibu Hamil

makanan penambah hb ibu hamil

Di masa kehamilan penting bagi seorang ibu untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu cara menjaganya adalah dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang bernutrisi tinggi, agar janin di dalam rahim ikut tumbuh dengan sehat. Makanan penambah HB ibu hamil berikut ini bisa jadi alternatif makanan sehat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu dan anak.

Saat hamil imunitas di dalam tubuh umumnya mudah menurun. Hal ini bisa mengakibatkan seorang ibu berisiko mengalami anemia, di mana kadar hemoglobin (Hb) di dalam sel darah merah berada di bawah normal.

Anemia tergolong normal dialami oleh bumil, tapi pada kasus lainnya anemia tingkat berat bisa menimbulkan sejumlah komplikasi seperti infeksi pada bayi, persalinan prematur, hingga pendarahan hebat pasca persalinan. Selama periode kehamilan, tubuh akan memproduksi darah lebih banyak dari biasanya untuk membantu tumbuh kembang janin.

Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen tersebar ke seluruh tubuh. Hb sangat dibutuhkan tubuh agar semua fungsinya berjalan optimal terutama di masa kehamilan.

Oleh karena itu konsumsi makanan sehat sangat diperlukan para ibu hamil guna memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikut adalah deretan makanan penambah Hb ibu hamil.

DAPATKAN MAKANAN SEGAR PENAMBAH HB IBU HAMIL DI SESA.ID

Daftar Makanan Penambah Hb Ibu Hamil

  1. Daging Sapi

Daging sapi adalah sumber zat besi yang vital bagi tubuh. Zat besi merupakan bahan utama untuk memproduksi Hb di masa kehamilan. Kebutuhan zat besi harian yang disarankan adalah sekitar 27 mg perhari.

Para ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi daging sapi tanpa lemak. Namun pastikan jika daging yang dikonsumsi telah dimasak sampai matang agar daging tidak terkontaminasi oleh bakteri jahat.

Australia Wagyu Shabu Shabu

Australia Wagyu Shabu Shabu

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang baik untuk meningkatkan produksi Hb saat hamil. Makanan biji-bijian ini kaya akan asam folat, zat besi, dan vitamin yang mana baik untuk kesehatan ibu hamil. Jenis-jenis kacang yang memiliki gizi tinggi diantaranya, kacang merah, kacang kedelai, dan almond.

  1. Daging Ayam

Sama halnya dengan daging sapi, daging ayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Setiap 100 gram daging ayam memiliki zat besi sekitar 0,7 miligram. Kandungan zat besi yang tinggi sangat baik untuk meningkatkan kadar Hb dalam darah.

Sebelum mengonsumsi ayam, sebaiknya cuci dulu sampai bersih dan masak hingga benar-benar matang agar terhindar dari mikroorganisme.

  1. Bayam

Bayam termasuk ke dalam jenis sayuran hijau yang kaya akan zat besi. Tidak hanya itu, bayam juga mengandung asam folat tinggi yang mana baik bagi tubuh di masa-masa kehamilan. Mengonsumsi bayam setiap hari bisa menetralisir Hb rendah atau anemia.

Para bumil bisa mengolah bayam menjadi makanan enak dengan cara mencampurkan buah maupun sayuran sehat lainnya tanpa menggunakan mayones.

  1. Brokoli

Sayuran lain yang mengandung nutrisi tinggi lainnya adalah brokoli. Sayuran hijau satu ini juga dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat.

Brokoli lengkap memiliki kandungan zat besi, magnesium, vitamin A, serta vitamin C di dalamnya yang turut memproduksi hemoglobin. Dengan berbagai nutrisi baik di sekelilingnya, brokoli dipercaya mampu mengatasi anemia dan mencegah cacat lahir pada bayi.

Brokoli Organik

Brokoli Organik

  1. Udang Makanan Penambah HB ibu Hamil

Makanan laut juga tidak kalah nutrisinya dengan sayur-sayuran. Salah satunya adalah udang. Di dalam udang mengandung zat besi dalam jumlah besar. Takaran 100 gram udah dapat mengandung 3 mg zat besi yang mana sangat baik untuk meningkatkan Hb.

Udang Jerbung

Udang Jerbung

  1. Jeruk

Jenis buah-buahan tidaklah kalah bergizi dengan sayur-sayuran maupun daging ternak, seperti halnya jeruk. Sudah jadi rahasia umum jika jeruk merupakan sumber vitamin C bagi dikonsumsi untuk tubuh, dan juga berfungsi membantu proses penyerapan zat besi lebih baik. Selain jeruk, buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi adalah lemon, mangga, dan semangka.

  1. Beras merah

Selain menjadi alternatif beras putih dan kaya karbohidrat, beras merah juga memenuhi asupan zat besi harian. Dalam 100 gram beras merah terdapat 0,4 mg zat besi yang baik untuk memproduksi Hb. Beras merah diketahui bisa membentuk sel darah pada janin serta menetralisir kolesterol yang masuk ke dalam tubuh. Untuk para ibu hamil dianjurkan mengganti konsumsi nasi putih ke nasi merah.