Home » Blog » Ragam Makanan Superfood untuk Mpasi Si Kecil

Ragam Makanan Superfood untuk Mpasi Si Kecil

superfood untuk mpasi
Photo by RODNAE Productions from Pexels

 

Superfood untuk Mpasi – Dalam masa tumbuh kembangnya, orang tua wajib memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi si Kecil. Nutrisi yang bergizi dan seimbang tak hanya menjadi menjadi asupan energi untuk si Kecil namun untuk tumbuh kembang otak dan tubuhnya. Saat ini, orang tua sudah tidak asing lagi dengan istilah superfood.

 Superfood adalah jenis makanan yang kaya akan nutrisi seperti vitamin dan mineral. Superfood sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si Kecil walau hanya dikonsumsi sedikit sesuai dengan porsinya.

Di usia 6 bulan ke atas, si Kecil mulai diperkenalkan dengan MPASI. Sebagai orangtua yang ingin tumbuh kembang anaknya optimal, pasti bersemangat menyiapkan superfood untuk mpasi yang kaya akan nutrisi. Namun, pemilihan superfood juga tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan usia si Kecil.

Superfood untuk MPASI si Kecil

Makanan super ini memang sebagian besar berupa makanan nabati meski beberapa jenis ikan dan susu juga masuk ke dalamnya. Jenis makanan sehat ini disebut superfood karena mendukung pertumbuhan anak. Nah, untuk Sahabat Sehat yang saat ini tengah mempersiapkan MPASI atau untuk anak-anak yang usianya lebih dari itu, berikut ini beberapa jenis superfood yang disarankan untuk lebih sering dikonsumsi:

  Sayuran

Sayuran kaya akan nutrisi vitamin dan mineral yang dibutuhkan si Kecil untuk dukung tumbuh kembangnya. Namun sayang, banyak anak yang kurang menyukainya. Ada beragam sayuran yang bisa menjadi pertimbangan Sahabat Sehat yang ingin memperkenalkan sayuran pertama kalinya:

  • Wortel organik. Wortel kaya akan beta-karoten yang berguna untuk kesehatan mata.
  • Labu madu. Selain kaya akan beta-karoten, nilai plus dari labu madu adalah si Kecil mudah mencerna sayuran ini dan jarang menyebabkan alergi.
  • Kentang organik. Umbi yang kaya akan vitamin C dan juga merupakan sumber potasium sehingga baik untuk tumbuh kembang si Kecil.
  • Ubi. Umbi sumber potasium, vitamin C, dan serat yang baik. Ubi kejinggaan juga menyimpan banyak beta-karoten.
  • Lobak organik. Lobak merupakan makanan yang kaya akan pati dan serat. Sayuran ini juga kaya akan vitamin C dan E, sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh si Kecil.
  • Brokoli. Sayuran kribo ini kaya akan vitamin C, beta-karoten, asam folat, besi, potasium, dan fitonutrien yang merupakan antikanker. Sayuran ini paling baik dikukus, karena jika direbus airnya akan mengambil vitamin C di dalamnya. Untuk menambah rasa, Bunda dapat mengombinasikan dengan ubi manis atau labu madu.

Buah

Buah memiliki rasa manis alami. Buah termasuk dalam superfood ang baik untuk si Kecil, sehingga cocok dikenalkan pada awal MPASI. Berikut beberapa buah yang patut Sahabat Sehat perkenalkan pada si Kecil:

  • Buah Berries. Buah berries disebut-sebut sebagai superfood teratas. Buah yang kaya akan flavonoid ini efektif melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Buah berries juga mendukung perkembangan otak anak. Kabar baiknya lagi, nutrisi yang sama ini bisa ditemukan pada jenis beri lainnya, termasuk blueberry, stroberi dan cranberry.
  • Pepaya. Buah yang kaya akan vitamin C dan beta-karoten ini juga mengandung serat yang larut air sehingga dapat membantu sistem defekasi (buang air besar) dan membantu sistem pencernaan.
  • Melon Jingga. Melon jenis ini sangat bergizi dan memiliki rasa manis yang mudah disukai si Kecil. Melon jingga mengandung vitamin C dan beta-karoten yang baik untuk tubuh.

Telur Ayam Kampung

Telur ayam kampung merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Selain tinggi kandungan protein, telur juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B, vitamin D, Omega-3, zat besi, dan selenium. Namun, harus diperhatikan bila anak alergi segera hentikan dan bawa ke dokter terdekat.

Ikan

Ikan kaya protein dan rendah lemak, sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi bayi. Tak hanya itu, ikan juga banyak mengandung vitamin B dan asam lemak omega 3 serta EPA dan DHA yang baik untuk kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung, dan membantu perkembangan otak. Jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi bayi antara lain tuna dan salmon.

Daging Merah

Daging merah tentunya tinggi protein dan merupakan sumber zat besi terbaik. Apalagi zat besi dari ASI Bunda pada si Kecil diatas 6 bulan sudah berkurang.Oleh karena itu,si Kecil diatas 6 bulan sudah harus diberikan makanan yang kaya zat besi.

Nah, itulah daftar makanan bergizi alias superfood yang bisa diberikan untuk membantu tumbuh kembang si Kecil. Agar memudahkan mengonsumsinya, Sahabat Sehat bisa membuatnya dengan cara puree. Penuhi kebutuhan superfood untuk dukung #SehatSekarang si Kecil dengan berbelanja di sesa.id!
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.