Home » Blog » 6 Manfaat Udang untuk MPASI Si Kecil

6 Manfaat Udang untuk MPASI Si Kecil

manfaat udang untuk mpasi

Udang merupakan salah satu jenis makanan laut yang populer di kalangan keluarga Indonesia. Selain mudah untuk mengolahnya dan memiliki citarasa yang lezat, udang merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh walaupun pada sebagian orang tidak dikarenakan memiliki alergi udang.

Saat mengonsumsi udang, ada baiknya dalam batas wajar karena mengonsumsi udang secara berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Kandungan Nutrisi dalam Udang

Udang merupakan salah satu makanan laut yang kaya nutrisi. Dalam 85 gram udang matang, terkandung 84 kalori dan 20 gram protein. Udang juga mengandung berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Tak hanya itu, udang juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, antioksidan, dan yodium yang baik untuk tubuh. Fakta menariknya, kandungan lemak dalam udang tergolong cukup rendah. Cangkang udang juga bisa diolah menjadi chitosan.

Bagi anak-anak, udang adalah makanan ajaib. Misalnya, makan sekitar 350 gram udang per minggu dapat membantu anak-anak menyerap makanan dan nutrisi dengan lebih baik, dapat meningkatkan pencernaan anak, buang air besar dan memberinya tulang yang kuat.

Manfaat Udang untuk Anak-anak

Setelah mengetahui kandungan nutrisi udang di atas, udang boleh dijadikan menu pilihan protein hewani untuk Si Kecil sejak memulai MPASI. Jadi, apa saja manfaat udang untuk mpasi anak? Simak pembahasannya di bawah ini.

Meningkatkan Daya Kognitif Anak

Udang mengandung DHA yang membantu meningkatkan perkembangan kognitif dan penglihatan anak. Selain itu, mengonsumsi udang pada anak dapat membantu otaknya memproses informasi dengan cepat dan fleksibel.

Mencegah Sel Kanker

Udang kaya akan nutrisi penting untuk tubuh seperti vitamin B12, asam lemak omega-3 yang memperkuat pembuluh darah arteri. Asam lemak omega-3 juga membantu mengurangi 37 persen risiko kanker usus besar. Dalam 100 gram udang mengandung lebih dari 1/3 kebutuhan selenium harian bagi anak berusia bayi. Selenium dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan menghilangkan sel abnormal di dalam tubuh.

Meningkatkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Udang kaya akan vitamin D yang tidak hanya menyerap kalsium dan mineral lainnya, tetapi juga bekerja keras untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D juga mencegah anak-anak menderita rakhitis dan membantu mereka mencapai tinggi badan yang sebenarnya dan massa tulang maksimum.

Membantu Mencegah Penyakit Gondok

Selain protein, udang juga mengandung kadar yodium yang cukup tinggi. Yodium merupakan bahan baku yang penting dalam produksi hormon tiroid. Hormon ini sangat berperan dalam proses metabolisme tubuh. Tanpa asupan yodium yang cukup, si Kecil berisiko mengalami penyakit gondok.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Selain itu, udang kaya akan Vitamin A yang berperan penting dalam penglihatan dan pertumbuhan sel, jaringan, dan tulang anak serta melindunginya dari infeksi. Vitamin B12 yang terkandung pada udang juga dapat memastikan bahwa otot dan penglihatan anak kuat.

Menekan Risiko Penyakit Jantung

Kadar asam lemak omega-3 pada udang yang tinggi itu menguntungkan untuk tubuh si Kecil, karena dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menekan kadar trigliserida yang ada dalam tubuh.

 

Untuk itu, si Kecil harus mengatur porsi makan dengan baik agar menghindari terkena penyakit kolesterol di usia dini. Sebisa mungkin, hindari memasukkan terlalu banyak bahan makanan pada saat bersamaan. Jumlah udang yang setara dengan satu ons tergantung pada ukurannya, tetapi satu atau dua udang adalah jumlah cukup untuk balita.

Itulah beberapa manfaat udang untuk Si Kecil. Jangan lupa memasak udang untuk Si Kecil dengan benar-benar matang, dipotong kecil-kecil atau dihaluskan, dan juga tetap waspada terhadap tanda-tanda reaksi alergi yang muncul. Dapatkan beragam udang segar untuk mendukung #SehatSekarang si Kecil hanya di sesa.id!

Photo by Elle Hughes from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.