Home » Blog » 3 Manfaat Senam di Masa Pandemi bagi Anak – anak

3 Manfaat Senam di Masa Pandemi bagi Anak – anak

manfaat senam di masa pandemi

manfaat senam di masa pandemi  – Semenjak pemerintah pusat mengumumkan pandemi covid-19 setahun silam, membuat kegiatan belajar mengajar kini dilakukan secara online.

Rasa jenuh mungkin sangat dirasakan oleh anak – anak apalagi untuk anak dalam usia tubuh, karena setiap hari di rumah mereka harus tetap mengerjakan tugas – tugas yang diberikan oleh guru. 

Oleh karena itu sebagai orang tua, sahabat sehat bisa mengenalkan manfaat senam di masa pandemi agar mengurangi kejenuhan si kecil karena berbulan – bulan tidak keluar rumah, meskipun tetap di rumah anak – anak terus bergerak aktif agar imun tetap terjaga.

Senam berirama untuk anak merupakan gerakan berirama yang sistematis dan berencana dengan iringan musik yang energik agar gerakan lebih bersemangat.

Manfaat senam untuk anak

Walaupun menggunakan senam bertujuan untuk menghilangkan rasa jenuh anak – anak yang tidak pernah keluar rumah, namun terdapat pula manfaat yang bisa anak kita dapatkan yaitu untuk mengembangkan dan melatih sistem motorik kasar mereka.

Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan dan mengkoordinasi otot besar seperti lengan, kaki, atau badan.

Memanfaatkan senam untuk melatih motorik anak agar si kecil dapat tumbuh menjadi anak yang aktif, lincah, sehat dan tidak mudah sakit.

Dengan melakukan gerakan – gerakan senam dapat membantu pertumbuhan jasmani anak sehingga si kecil memiliki daya tahan tubuh, kekuatan otot yang baik hingga kelincahan tubuh. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini yang mengharuskan tubuh senantiasa sehat agar tak mudah terjangkit virus.

Anak harus tetap aktif

Di usia 6 – 10 tahun sudah kodratnya anak – anak akan selalu aktif baik bergerak maupun belajar, jadi kemungkinan orang tua akan sulit untuk mengajak berolahraga.

Satu lagi manfaat senam di masa pandemi bersama anak, kegiatan senam bersama anak untuk melatih fokus dan kedisiplinan. Namun harus tetap terasa nyaman dan menyenangkan misalnya dengan bebaskan si kecil memilih musik yang ia sukai sebagai pengiring kegiatan senam.

Kegiatan senam berirama untuk anak ini juga dapat melatih kepekaan pada irama yang menunjang perkembangan motorik kasar si kecil. Berikan contoh gerakan – gerakan senam yang mudah dan santai tidak perlu yang terlalu susah dan harus disesuaikan dengan usai si anak, yang penting mereka dapat mengikuti kegiatan senam dengan senang dan gembira tanpa terpaksa.

Melatih kedisiplinan dan meningkatkan konsentrasi anak

Secara rutin ajak si kecil untuk senam di pagi hari, karena sinar mentari pagi yang baik untuk tubuh, selain itu dengan melakukan kegiatan olahraga ringan dapat membantu meningkatkan fokus saat bersekolah secara online.

Melakukan aktivitas senam bersama tidak perlu terlalu sering cukup dua atau tiga hari sekali dalam waktu 15 menit agar anak – anak tidak cepat bosan dan dari situ akan tumbuh perlahan bibit kedisiplinan yang bisa menjadi kebiasaan baik hingga dewasa nanti. 

Itulah manfaat senam di masa pandemi yang bisa didapatkan oleh anak – anak sahabat sehat semua, dengan rutin melakukan aktivitas senam diharapkan sistem motorik anak akan berkembang baik, serta dapat meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari penyakit.

Selain itu anak – anak bisa belajar untuk disiplin sejak dini yang akan terbawa hingga dewasa, selain itu fokus anak dalam belajar juga dapat meningkat karena tubuh telah aktif berkeringat, dan siap menerima pelajaran baru dari guru.

Referensi : gaya hidup sehat
Photo by Yan Krukov from Pexels