Home » Blog » 18 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

18 Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Dalam artikel berikut yang akan dibahas ialah makanan yang harus dihindari saat diet menurunkan berat badan. Untuk mencapai tujuan menurunnya berat badan banyak hal yang perlu dilakukan dan yang terpenting konsisten melakukanya.

Sahabat sehat sebetulnya diet dalam arti yang lebih luas memiliki makna pengaturan pola makan untuk tujuan tertentu. Bukan  hanya menurunkan berat badan. Dalam ilmu gizi, dikenal diet untuk penyakit tertentu, diet untuk menaikkan berat badan, dan juga diet untuk menurunkan berat badan.

DAPATKAN MAKANAN SEHAT DAN PRODUK SEGAR DI SESA.ID

Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

1. Pasta putih dan roti

Sahabat sehat pasta putih atau roti yang dibuat orang menggunakan tepung gandum halus biasanya memiliki tinggi kalori dan karbohidrat tetapi rendah serat, protein, dan nutrisi lainnya.

Dalam melakukan upaya diet menurunkan berat badan sebaiknya hindari konsumsi jenis makanan ini. Dikarenakan kalori yang tinggi akan lebih mudah menambah berat badan.

2. Nasi Putih

Selanjutnya nasi putih makanan pokok yang satu ini sangat lazim di Indonesia hal ini membuat agak susah orang untuk tidak makan nasi.

Sebuah studi tahun 2016 di Iran mengidentifikasi hubungan antara konsumsi nasi putih dan obesitas pada remaja perempuan. Nasi putih juga memiliki indeks glikemik yang tinggi , yang artinya dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah seseorang setelah memakannya.

Nasi Putih

3. Energi dan Granola Bar

Untuk jenis makanan seperti granola bar ini memiliki kandungan gula yang tinggi sebanyak permen pada umumnya. Dan sebaiknya sahaba sehat dapat mengurangi nya ketika lagi menjalani diet sehat.

Sahabat sehat dapat mengganti cemilan dengan makanan yang lebih rendah gula agar berhasil melakukan diet turunkan berat badan seperti telur rebus, kacang campur.

4. Manisan Buah Kering

Buah buahan basah biasanya memiiliki serat dan nutrisi yang bermanfaat dan umumnya rendah kalori, namun tidak dengan buah kering bisa lebih padat kalori.

Karena kandungan air yang lebih sedikit buah kering merupakan sumber fruktosa yang terkonsentrasi. Dan akibatnya buah kering jadi lebih banyak kalori dan gula.

5. Yogurt Manis

Anggapan sebagian orang yogurt sebagai makanan sehat untuk menurunkan berat badan. Yoghurt Yunani, khususnya, mengandung protein, dan kultur bakteri dalam yogurt dapat membantu pencernaan. Namun, dengan begitu banyak jenis yogurt yang tersedia, penting untuk membaca label nutrisi .

6. Es Krim

Es krim salaha satu makanan penutup yang memiliki kandungan tinggi gula serta berkalori tinggi, tentu ini tidak baik untuk diet. Dan juga eskrim itu menawarkan sangat sedikit protein dan tanpa serat.

Disarankan jangan mudah untuk melebihi ukuran porsi es krim yang disarankan, yang biasanya setengah cangkir.

7. Daging Olahan

Sebaiknya ketika sedang diet dan ingin konsumsi daging pastikan tidak memakan daging olahan dikarenakan kandungan pada dagin yang sudah diolah cendrung padat kalori.

Selain itu daging olahan seperti, bacon, dendeng, hot dog serta ham memiliki tinggi garam dan rendah nutrisi. International Agency for Research on Cancer (IARC) menggolongkan daging olahan sebagai karsinogen yang artinya dapat menyebabkan kanker .

daging olahan ham

8. Minuman Manis

Minuman manis umumnya mengandung gula tambahan yang terlalu tinggi dan memiliki kandungan rendah nutrisi. Banyak minuman seperti berikut ini

  • Jus Buah
  • Soda
  • Minuman Olahraga
  • Kopi Kemasan
  • Minuman kemasan lainnya

9. Makanan Panggang

Kue kering dan beberapa makanan penutup lainnya merupakan contoh makanan panggan seringkali mengandung gula tambahan yang sangat tinggi termasuk fruktosa.

Tahukah sahabat sehat Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa peserta yang menelan fruktosa mengalami rasa lapar dan keinginan yang lebih besar untuk makanan daripada mereka yang menelan glukosa, jenis gula lain.

10. Kentang Goreng

Banyak restoran memasak kentang goreng mereka dalam penggorengan untuk memberikan tekstur yang renyah, tetapi metode memasak ini menambahkan banyak lemak dan kalori.

Meskipun demikian, karena mereka kekurangan serat dan protein, kentang goreng tidak membantu seseorang merasa kenyang untuk waktu yang lama.

Tips nya saat makan di luar, orang yang ingin menurunkan berat badan harus memilih salad, buah segar, atau acar sebagai pelengkap daripada kentang goreng.

11. Restoran Hamburger

Hamburger dari restoran, terutama restoran cepat saji, seringkali tinggi lemak dan kalori. Daging sapi tanpa lemak dan giling dapat menjadi bagian dari diet sehat jika seseorang memasaknya di rumah tanpa tambahan lemak atau minyak.

12. Kerupuk dan Keripik

Kerupuk dan keripik sering kali tinggi kalori dan mungkin juga mengandung tambahan lemak, garam, dan gula.

Pilihan camilan yang lebih sehat termasuk wortel mentah atau seledri dengan hummus atau sebagian kecil kacang panggang tanpa tambahan garam atau gula.

13. Permen Bar

Sahabat sehat tahukah kamu bahwa permen batangan umumnya tidak sehat karena kandungan kalori, gula dan lemaknya yang tinggi.

14. Alkohol

Minuman beralkohol padat kalori dan umumnya tinggi gula, tetapi mengandung sedikit atau tanpa protein dan serat. Menurut Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan AlkoholismeSumber Tepercaya:

  • bir 12 ons (oz) biasa mengandung sekitar 153 kalori
  • bir 12 ons ringan mengandung sekitar 103 kalori
  • segelas anggur merah 5 ons mengandung hampir 125 kalori
  • segelas 1,5 ons minuman keras sulingan 80-bukti mengandung rata-rata 97 kalori

15. Cookies

Cookies salah satu jenis makanan yang sebiknya sahabat sehat hindari juga dikarenakan mengandung tepung, gula dan kalori yang tinggi.

cookies makanan yang harus dihindari saat diet

16. Roti

Sama halnya dengan cookies roti yang terbuat dari tepung juga memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Dimana jenis zat ini harus dikurangi jika ingin diet sehat berhasil.

17. Donat

Begitu juga dengan donat yang dibeli di toko donat komersial yang saat ini dijual kebanyakan memiliki kandungan kalori serta gula yang tinggi.

18. Pizza

Makanan cepat saji ini sangat banyak diketahui dan sangat populer, namun pizza yang dijual dan dibuat secara komersial sangat tidak sehat.

Pizza memiliki kandungan sangat tinggi kalori dan sering mengandung bahan-bahan yang tidak sehat seperti tepung yang sangat halus dan daging olahan.

https://www.sehatq.com/artikel/makanan-yang-harus-dihindari-saat-diet

https://www.kompas.com/sains/read/2021/01/30/202300723/11-makanan-yang-harus-dihindari-saat-ingin-menurunkan-berat-badan?page=all

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324564

https://www.healthline.com/nutrition/11-foods-to-avoid-for-weight-loss#TOC_TITLE_HDR_10

Sumber Gambar:

unsplash.com