fbpx
Skip to content
Home » Blog » 15 Bahan Makanan Vegetarian Rendah Kalori Cocok untuk Diet Sehat, Selengkapnya

15 Bahan Makanan Vegetarian Rendah Kalori Cocok untuk Diet Sehat, Selengkapnya

Makanan vegetarian

Ada banyak cara yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara paling ampuh adalah tentu saja dengan menjaga pola makan sehari-hari. Saat ini gaya hidup sehat telah banyak diterapkan oleh masyarakat luas. Salah satunya konsumsi makanan rendah kalori dan makanan vegetarian yang lebih baik dan tidak meningkatkan berat badan.

Saat ini  Sebagian dari mereka kini beralih mengonsumsi makanan ‘hijau’. Sebenarnya apa sih makanan vegetarian itu, berikut pengertian masakan atau makanan vegetarian dari wikipedia. Masakan vegetarin adalah makanan yang memenuhi standar vegetarian dengan tidak memasukan daging dan produk produk yang berasal dari hewan.

Makanan seperti sayuran umumnya kaya akan nutrisi-nutrisi bermanfaat bagi tubuh. Sama seperti halnya buah-buahan maupun kacang-kacangan, sayuran juga tergolong memiliki kalori rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi ketika menjalankan program diet.

Kita tentu sudah tidak asing dengan term vegetarian. Istilah ini merujuk pada gaya hidup yang menerapkan pola makan tanpa mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan, seperti daging ternak maupun laut. Pola makan vegetarian meliputi jenis-jenis makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan sampai biji-bijian.

DAPATKAN MAKANAN VEGETARIAN RENDAH KALORI DAN SEHAT DI SESA.ID

15 Makanan Vegetarin Rendah Kalori dan Aman untuk Diet Sehat

Berikut adalah 15 makanan vegetarian untuk diet sehat. Dari daftar makanan-makanan di bawah, manakah makanan vegetarian favorit kamu?

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran bernutrisi tinggi. Di dalam bayam lengkap mengandung vitamin A, vitamin C, Vitamin E, vitamin K, zat besi, magnesium, sampai asam folat. Sayuran yang lekat dengan karakter kartun Popeye ini biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Sama halnya dengan sayuran hijau pada umumnya, bayam memiliki nilai kalori yang terbilang rendah. Bayam juga tinggi akan serat, yang mana serat berperan aktif dalam memberikan efek rasa kenyang lebih lama untuk perut. Hal ini menjadikan bayam sebagai salah satu makanan favorit untuk diet.

makanan vegetarian Bayam Hijau Organik

Bayam Hijau Organik

  1. Brokoli

Brokoli jadi salah satu pilihan tepat bagi yang sedang menjalani diet vegetarian. Sayur ‘kribo’ ini terbukti mengandung beragam nutrisi di antaranya vitamin A,B,C,D,K, kalsium, serat, zat besi, antioksidan dan mineral yang mana kesemuanya diperlukan oleh tubuh.

Brokoli kaya akan serat dan karbohidrat, sehingga baik untuk pencernaan dan mencegah makan secara berlebihan. Kandungan protein yang ada di dalamnya juga bisa jadi pengganti kebutuhan protein bagi vegetarian yang tidak sama sekali mengonsumsi protein dari daging ternak maupun laut.

Brokoli Organik

Brokoli Organik

  1. Jamur

Jamur bisa jadi alternatif makanan pengganti buat kamu yang sedang diet. Makanan ini memiliki jumlah kalori yang rendah, selain itu juga kaya akan serat, sehingga hanya dengan mengonsumsi jamur bisa menimbulkan efek rasa kenyang yang lebih lama.

Jamur juga sering dijadikan sumber protein pengganti, yang lazimnya ada di daging ternak. Tidak heran, jamur juga jadi opsi pengganti daging karena memiliki tekstur dan rasa yang hampir serupa. Tapi jika dibandingkan dengan makanan pengganti daging lainnya, kandungan protein di dalam jamur tergolong relatif rendah.

  1. Kacang Kedelai

Makanan jenis biji-bijian ini bisa membantu menurunkan berat badan karena tinggi akan protein. Utamanya, kandungan kedelai terdiri dari protein, karbohidrat, dan lemak dalam jumlah yang cukup. Oleh karena hal tersebut kedelai disebut-sebut sebagai makanan protein nabati terbaik.

Kacang kedelai juga memiliki serat tinggi. Kandungan serat dan protein ini bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian, tanpa harus mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Kedelai juga memiliki kandungan komplit meliputi vitamin E, B2, B3, B5, B6, dan sedikit vitamin C.

  1. Bok Choy

Bok Choy mungkin terdengar asing bagi masyarakat kita, tapi sayuran hijau ini memiliki kandungan gizi tinggi dan lengkap, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh pejuang diet. Bok Choy sendiri dipercaya dapat menurunkan beran badan.

Di dalamnya terdapat nutrisi penting seperti serat dan karbohidrat. Keduanya mampu memberikan efek kenyang lebih lama di perut, sehingga nafsu makan menjadi terkontrol. Selain itu, bok choy juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, dan karena hal tersebut, dapat meminimalisir perut buncit dan berat badan tetap terkontrol.

  1. Kembang Kol

Kembang kol merupakan salah salah satu sayuran yang mudah ditemukan. Sayuran ini umumnya disajikan di dalam sayuran tumis atapun sop. Meski demikian, kembang kol mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Terkenal kaya akan kandungan serat, kembang kol juga termasuk jenis sayuran yang memiliki jumlah kalori rendah. Sehingga kembang kol bisa jadi opsi yang baik sebagai pengganti karbohidrat harian seperti nasi, yang mana baik untuk orang yang sedang menjalani diet.

  1. Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat setelah nasi. Banyak orang yang sedang diet beralih dari nasi ke kentang sebagai makanan utama harian. Karena bisa dikombinasikan dengan berbagai makanan lain, serta bisa diolah menjadi apa saja, membuat kentang menjadi menu favorit saat sedang diet.

Dalam 100 gram kentang rebus saja, mengandung sekitar 88 kalori dan 20 gram karbohidrat. Jika dibandingkan dengan nasi, kentang jauh sedikit memiliki jumlah kalori daripada nasi.

Meski demikian, cara memasak kentang juga harus diperhatikan. Kentang sebaiknya disajikan dengan cara direbus bukan digoreng. Kenapa? Karena jika goreng, kalori kentang akan naik drastic, dan hal tersebut tentu tidak baik buat kesehatan.

  1. Alpukat

Alpukat termasuk buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Buah berbiji ini merupakan salah satu buah bernutrisi tinggi. Karena nutrisinya tersebut, alpukat disebut-sebut sebagai superfood. Kandungan gizinya melimpah, meliputi 20 vitamin dan mineral yang berbeda.

Selain itu, alpukat mengandung serat dan lemak sehat. Karena seratnya tersebut, alpukat baik dikonsumsi untuk mencegah rasa lapar dan mengenyangkan tubuh. Sehingga membuat orang yang mengonsumsinya bisa mengontrol nafsu makannya dengan baik dan teratur.

Alpukat Mentega

Alpukat

  1. Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang dianggap bisa menurunkan berat badan berlebih. Kelebihan tomat terletak pada kalorinya yang tergolong rendah dibanding makanan-makanan lainnya. Hal tersebut membuat kamu tidak perlu lagi khawatir penumpukan kalori saat mengonsumsi makanan harian.

Penambahan berat badan terkadang disebabkan karena kesulitan mencerna makanan. Dalam hal ini tomat turut membantu melancarkan pencernaan. Di dalam tomat juga terdapat beragam sumber nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan protein.

  1. Sawi

Sawi merupakan salah satu sayuran hijau yang mudah ditemukan. Sayuran hijau ini umumnya disajikan ke dalam sup sebagai pelengkap makanan utama. Tidak bisa disangkal jika sawi memiliki nutrisi penting baik untuk tubuh. Di antaranya zat besi, kalsium, magnesium, kalium, hingga folat.

Sawi dipercaya mampu menurunkan berat badan. Dalam 100 gram sawi hijau hanya terkandung sekitar 11 kalori, dimana angka tersebut tergolong  memiliki kalori rendah.

Sawi bisa menjadi pilhan sayuran yang tepat jika dikonsumsi secara rutin. Kandungan di dalam seratnya pum berfungsi membuat perut merasa kenyang lebih lama. Sehingga membuat pejuang diet lebih mudah mengontrol nafsu makan.

  1. Asparagus

Asparagus adalah salah satu sayuran berbunga yang terdapa bermacam varietas seperti hijau, putih serta ungu. Semua jenis asparagus sehat dan rendah kalori, asparagus mengandung berbagai vitamin dan mineral, serta senyawa tanaman antioksidan dan anti-inflamasi.

Dalam penelitan menunjukan bahwa sayur asparagus mengandung senyawa fenolik seperti flavonoid, serta senyawa yang mengandung belerang seperti asam asparagus. Asparagus salah satu sayur rendah kalori hanya memiliki 38 kalori dan kaya vitamin K 67% dan Folat 21%.

  1. Mentimun

Mentimun atau timun salah satu bahan makanan yang sangat banyak ditemukan di Pasaran dan hingga sangat mudah mendapatkanya. Timun banyak digunakan sebagai campuran berbagai menu makanan seperti salad, pecel dan makanan lainnya. Timun mengandung banyak air sehingga sangat sedikit mengandung kalori dan tentu saja bisa saja jadi piliha menu diet sehat.

  1. Jamur Putih

Jamur putih salah satu varietas jamur yang banyak dikonsumsi oleh para vegetarian karena banyak digunakan sebagai pengganti daging. Jamur mengandung beberapa nutrisi penting seperti vitamin B dan selenium. Jamu memiliki rendah kalori sekitar 44 kalori per cangkir yang dimasak.

  1. Zucchini / Zukini

Zucchini atau zukini adalah jenis labu musim panas hijau, memiliki rasa yang lembut sehingga membuatny jadi tambahan serbaguna untuk resep.  Zukini cukup rendah kalori dengan hanya 27 per cangkir matang (180 gr).

  1. Paprika

Sayuran yang satu ini memilki beberapa pilihan warna dan bentuk ukuran, ada warna merah, orange, kuning serta hijau. Paprika bisa dijadikan sebagai bahan makanan vegetarian yang ditambahkan pada berbagai olahan sayuran.

Paprika menunjukan berdasarkan penelitian bahwa memiliki sangat tinggi antioksidan, seperti vitamin c dan likopen, terdapat 24 kalori dalam paprika merah 1 mangkok (92 gr).

makanan vegetarian - banner makanan sehat dan bergizi

https://www.healthline.com/nutrition/foods-vegans-eat

https://www.healthline.com/nutrition/zero-calorie-foods

Gambar:

sesa.id

pexels.com