fbpx
Skip to content
Home » Blog » Makanan yang Mengandung Kolagen Bermanfaat untuk Tubuh

Makanan yang Mengandung Kolagen Bermanfaat untuk Tubuh

Makanan yang mengandung kolagen akan bermanfaat untuk tubuh manusia. Tidak hanya menjaga kesehatan kulit saja, kolagen juga dikonsumsi untuk menjaga tubuh agar tetap fit dan juga prima.

Sangat penting untuk mengonsumsi makanan mengandung kolagen karena pada beberapa kasus di usia 25 tahun hingga 30 tahun kolagen di dalam tubuh akan berkurang sebesar 1,5% setiap tahunnya.

Sahabat Sehat belum mengetahui apa saja makanan yang harus dikonsumsi untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini secara lengkap akan dijelaskan daftar makanan yang bisa Sahabat Sehat konsumsi untuk menjaga kolagen di dalam tubuh masing-masing.

DAPATKAN MAKANAN SUMBER KOLAGEN DI SESA.ID

Alasan Penting Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Kolagen

Kolagen biasanya dikenal sebagai salah satu kandungan yang banyak dikonsumsi untuk merawat kulit. Tetapi tidak hanya bermanfaat untuk kulit, makanan ini juga memiliki manfaat lainnya yang sangat penting untuk kesehatan tubuh Sahabat Sehat.

Makanan yang mengandung kolagen ini merupakan protein alami yang ada di dalam tubuh manusia dalam jumlah yang melimpah. Biasanya kolagen akan banyak ditemukan pada bagian kulit, ligamen, otot, dan juga tendon serta tulang.

Tetapi Sahabat Sehat harus tahu, seiring bertambahnya usia, jumlah kolagen yang ada di dalam tumbuh akan semakin berkurang. Inilah alasan terpenting Sahabat Sehat harus rajin mengonsumsi makanan mengandung kolagen untuk menjaga jumlah kolagen dalam tubuh.

Hal ini harus dilakukan karena sangat berguna untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh Sahabat Sehat dan tubuh Sahabat Sehat dapat menerima manfaat dari kolagen. Simak manfaatnya berikut ini.

Manfaat Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Tubuh

Rajin mengonsumsi kolagen atau protein alami ini akan sangat menjadi penyokong kondisi tubuh tetap prima dan sehat. Selain itu, rajin mengonsumsi makanan-makanan mengandung kolagen memiliki beberapa manfaat sebagai berikut.

  1. Makanan yang mengandung kolagen dapat mengurangi selulit

Manfaat mengonsumsinya untuk tubuh yang pertama adalah mengurangi selulit. Selulit adalah istilah yang sering digambarkan kondisi penyakit yang terjadi pada kulit yang bergelombang yang biasanya muncul pada bagian tertentu seperti perut, bokong, dan pinggul.

Makanan yang mengandung kolagen yang banyak akan dicerna di dalam tubuh, lalu tubuh bertugas untuk menyerap kolagen untuk tubuh Sahabat Sehat. Itulah mengapa makanan-makanan ini banyak direkomendasikan.

  1. Massa otot di tingkatkan

Manfaat makanan mengandung kolagen untuk tubuh lainnya adalah jadi kandungan utama untuk bisa mengembangkan massa otot. Karena kolagen memiliki kandungan protein yang tinggi.

  1. Mendukung kesehatan pada organ jantung

Kolagen berperan besar di dalam tubuh Sahabat Sehat, termasuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Tanpa adanya kolagen di dalam tubuh dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan seperti aterosklerosis.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Kolagen untuk Kulit dapat Menghaluskan Kulit

Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen

Bukan hanya berfungsi untuk berikan energi saja, tetapi Sahabat Sehat juga wajib untuk tetap kuat dan selalu menjaga asupan makanan yang sehat. Termasuk menjaga jumlah kolagen agar tidak berkurang pada tubuh Sahabat Sehat.

Daftar makanan ini menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satu penambah kolagen yang sering dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen adalah sebagai berikut ini.

  1. Ikan

Makanan yang pertama adalah ikan yang memiliki kandungan kaya dengan vitamin D. Menurut para ahli kolagen yang ada di dalam ikan ini paling mudah untuk di cerna oleh tubuh manusia dibandingkan dengan makanan lainnya yang mengandung dalam kolagen ini.

makanan yang mengandung kolagen Salmon Premium Fillet Fresh

Ikan Salmon

  1. Daging ayam

Daging ayam memiliki kolagen dan protein yang tinggi, tetapi tidak semua bagian ayam memiliki kandungan kolagen yang sama. Bagian tubuh ayam yang memilki kolagen yang tinggi adalah bagian leher ayam dan juga tulang muda.

Ayam Kampung Natural

Ayam Kampung Organik

  1. Buah-buahan mengandung sitrus

Buah-buah bersitrus jadi sumber kolagen baik untuk tubuh. Buah-buahan bersitrus jika dikonsumsi akan membantu dalam memproduksi kolagen. Beberapa buah-buahan mengandung sitrus dan kolagen adalah jeruk, anggung, lemon, dan semua yang memilikinya.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau membantu dalam menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan kulit karena mengandung kolagen. Sayuran-sayuran yang bisa dikonsumsi sebagai sumber kolagen adalah bayam, daun kale, dan masih banyak profil lainnya.

makanan vegetarian Bayam Hijau Organik

Bayam Hijau

  1. Putih telur

Puti telur memiliki manfaat yang sangat dibutuhkan saat seseorang sedang mengurangi porsi makanan atau diet. Putih telur ini akan membantu Sahabat Sehat dalam membantu menjaga kebutuhan kolagen di dalam tubuh.

BACA JUGA: Inilah 6 Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil Berdasarkan Jenisnya

  1. Kacang-kacangan

Selanjutnya kacang-kacangan adalah salah satu makanan kecil tetapi memiliki tinggi protein. Makanan yang memiliki protein yang tinggi akan memiliki asam amino yang tinggi juga. Situasi seperti inilah yang akan membantu dalam membentuk kolagen dalam tubuh manusia.

  1. Paprika

Sedikit yang mengetahui bahwa paprika memiliki banyak keisitimewaan salah satunya sebagai makanan yang mengandung kolagen. Selain itu, makanan yang sudah dikenal untuk mencegah penuaan ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan juga capsaicin.

Jadi, paprika yang memiliki kolagen dapat membantu Sahabat Sehat dalam mendapatkan kulit yang cerah sehat dan terawat. Itulah mengapa makanan ini bisa menjadi rekomendasi yang benar.

Semua jenis makanan ini diharapkan untuk bisa menjaga dan meningkatkan kandungan kolagen di dalam tubuh. Makanan yang mengandung kolagen ini sebaiknya dikonsumsi secara teratur sesuai dengan sebenarnya.

  • https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/665/mengenal-kolagen-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan
  • https://www.alodokter.com/berbagai-manfaat-kolagen-untuk-kesehatan
  • https://nutrilite.co.id/healthy-lifestyle/uncategorized/7-makanan-kaya-kolagen-untuk-kulit-sehat