https://stemation.org/

https://stemation.org/

Manfaat Kolagen untuk Kulit dapat Menghaluskan Kulit
Skip to content
Home » Blog » Inilah Manfaat Kolagen untuk Kulit dapat Menghaluskan Kulit

Inilah Manfaat Kolagen untuk Kulit dapat Menghaluskan Kulit

Manfaat kolagen untuk kulit

Pernahkah Sahabat Sehat berpikir, apa manfaat kolagen untuk kulit sehingga menyebabkannya jadi salah satu protein yang wajib dikonsumsi. Dalam data riset, kolagen berperan penting untuk membangun jaringan di tubuh meliputi tulang, kulit, mata, rambut dan sistem pencernaan.

Kolagen sendiri berasal dari asam amino yang memiliki sifat keras dan tidak mudah larut di dalam air. Dengan kolagen, satu per tiga protein di dalam tubuh manusia bisa tercukupi. Sahabat Sehat bisa mendapatkan nutrisi kolagen dari berbagai macam olahan makanan dan buah-buahan.

Jika disebutkan, kolagen berasal dari olahan makanan laut, ayam, putih telur, kaldu tulang, buah, bawang putih serta tomat dan paprika. Semua itu bisa memberikan manfaat kolagen untuk kulit dan tubuh Sahabat Sehat, karena kandungan di dalamnya juga kaya akan nutrisi lainnya.

Dengan mengonsumsinya setiap hari, kulit bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Kolagen mudah ditemukan di olahan makanan Indonesia, sehingga Sahabat Sehat bisa mengonsumsinya. Untuk kesehatan kulit, kaum wanita harus memperbanyak kolagen di dalam makanannya.

DAPATKAN SUPLEMEN COLLAGEN DI SUPERMARKET SEHAT SESA.ID

4 Manfaat Kolagen untuk Kulit

Pada dasarnya, Sahabat Sehat bisa mengonsumsi suplemen produk kecantikan yang mengandung kolagen di dalamnya. Berikut ini keempat manfaat kolagen bagi kulit wanita yang perlu Sahabat Sehat ketahui. Penjelasan singkat mengenai alasannya bisa sahabat lihat di bawah ini.

  1. Memperbarui Jaringan Alami Kulit yang Hilang

Di dalam kulit, ada berbagai jaringan yang membuatnya tampak mulus. Jika usia sudah tua, beberapa jaringan akan mengalami penurunan kualitas dan hilang. Peran kolagen di sini akan sangat penting karena sifatnya seperti lem yang menyatukan seluruh jaringan alami.

Penuaan dini bisa dihindari karena jaringan dalam kulit akan terus diperbarui. Kaum wanita tentunya akan merasa awet muda jika mengonsumsi kolagen secara terus menerus. Inilah manfaat kolagen untuk kulit yang sangat dinanti oleh Sahabat Sehat.

Neocell Collagen Joint Complex - suplemen kolagen

Neocell Collagen Joint Complex

  1. Menghaluskan Kerutan di Kulit

Karena jaringan diperbarui, kerutan di bagian kulit sahabat akan hilang. Kulit menjadi lebih halus dan mulus ketika protein di dalamnya sudah menutup jaringan yang rusak. Bahkan, kulit juga menjadi semakin sehat karena jaringannya akan terus disuplai oleh protein.

Untuk kaum remaja, produk kecantikan yang mengandung kolagen dapat membuat kulit jadi lebih mulus. Manfaat kolagen untuk kulit mampu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Hal ini juga berlaku untuk wanita berkarier dan berkeluarga, agar bisa lebih percaya diri.

BACA JUGA: Jenis Jenis Suplemen Kolagen Apa Saja? dan Perannya Terhadap Tubuh, Selengkapnya

  1. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Selain menghaluskan kerutan, kolagen juga dapat meningkatkan elastisitas kulit. Kelembaban kulit pastinya akan terus terjaga ketika jaringannya selalu dalam kondisi baik. Karena kulit itu lembap, elastisitasnya menjadi meningkat sehingga jadi lebih kenyal saat disentuh.

Wanita tentunya jadi lebih senang ketika kulitnya bisa lebih kenyal saat disentuh. Ketika kulit lembap, nutrisi di dalamnya pasti sudah cukup untuk menjaga kesehatan jaringan. Terlebih lagi, manfaat kolagen untuk kulit lainnya juga bisa Sahabat Sehat rasakan.

  1. Proses Penyembuhan Luka Cepat

Terakhir, kolagen dapat mempercepat proses penyembuhan kulit Sahabat Sehat secara cepat. Hal ini disebabkan oleh jaringan kolagen yang langsung menutup sel-sel rusak. Di saat luka kulit menyembuhkan diri, terdapat empat tahapan yang harus dilalui sebelum akhirnya sembuh.

Keempat tahapan itu adalah tahap pembekuan darah, inflamasi (peradangan), proliferatif (pembentukan jaringan baru) dan diakhiri penguatan jaringan. Karena kadar kolagen tinggi, kulit jadi semakin cepat sembuh dengan masa pembentukan jaringan yang cepat.

BACA JUGA: Mengenal Whey Protein Manfaat serta Dosis Konsumsi Yang Aman

Manfaat Lain Kolagen untuk Tubuh Sahabat Sehat

Selain manfaat kolagen untuk kulit, Sahabat Sehat juga harus tahu manfaat lainnya. Kolagen juga dapat mempengaruhi kesehatan jaringan di dalam tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kolagen lainnya yang bisa Sahabat Sehat pahami agar tahu keistimewaan kandungan proteinnya.

  1. Mengurangi Sakit dan Nyeri Sendi

Kolagen ternyata bisa mengurangi rasa sakit sendiri akibat terlalu banyak menjalani aktivitas. Para atlet pasti mengonsumsi 5g kolagen setiap hari untuk menghilangkan rasa sakit akibat olahraga. Sahabat Sehat bisa menirunya dengan mengonsumsi kolagen ketika sedang nyeri sendi.

Persendian sakit karena terlalu banyak menahan beban dan tekanan berat. Oleh sebab itu, terjadi peradangan dan rasa nyeri timbul di bagian persendian. Manfaat kolagen untuk kulit juga berpengaruh bagi sendi karena jaringannya sanggup memperbaiki kendala utamanya.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sahabat wajib mengonsumsi olahan makanan dan suplemen kolagen, karena kandungannya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Alasannya karena penumpukan di dinding arteri, kolesterol dan kekakuan arteri bisa terkontrol dengan bantuan kolagen.

Riset medis beranggapan, kolagen dapat membentengi dinding pembuluh darah agar risiko penyakit arteri menjadi berkurang. Oleh sebab itu jantung bisa jadi lebih sehat karena saluran arteri dan pembuluh darahnya sudah terkontrol kesehatannya dengan kolagen.

Selain kedua manfaat tersebut, kolagen masih memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh kita. Sahabat Sehat harus rajin mengonsumsi olahan yang mengandung kolagen agar bisa dirasakan khasiatnya. Karena kandungan protein banyak manfaat kolagen untuk kulit jadi prioritas utama.

 

 

Link :

https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/potential-health-benefits-of-collagen-and-thing-it-cant-do/