Home » Blog » Berikut 11 Manfaat Apel Fuji untuk Ibu Hamil dan Bayi Sehat

Berikut 11 Manfaat Apel Fuji untuk Ibu Hamil dan Bayi Sehat

Manfaat apel fuji untuk ibu hamil

Manfaat apel fuji untuk ibu hamil dan bayi sangat bayak karena apel kaya zat gizi. Dalam sebuah apel fuji terdapat kandungan karbohidrat, serat, protein, air, vitamin A, B, C, asam folat, kalsium, zat besi, mangnesium, fosfor, kalium dan asam pantotenat. Selain kaya nutrisi, apel fuji punya rasa yang lebih manis dibanding jenis apel lain.

Sahabat sehat tentu tidak asing lagi dengan buah Apel Fuji. Apel fuji merupakan salah satu jenis apel yang sering dijumpai dipasaran. Apel dengan nama latin Malus sylvestris ini memiliki berat perbuah sekitar 300 gram dan memiliki kandungan kalori 58 kkal setiap 100 gram nya. 

Memiliki kandungan serat yang tinggi menjadikan apel ini sangat baik untuk kesehatan yakni mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama dan sangat bermanfaat untuk kesehatan usus.

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Selama kehamilan, ibu tentunya memiliki peningkatan kebutuhan zat gizi karena harus mencukupi kebutuhan dari ibu dan bayi yang dikandung. Peningkatan kebutuhan gizi juga dipengaruhi usia kandungan janin/bayi seiring perkembangannya.

Pemilihan makanan untuk ibu hamil sangat berpengaruh bagi pertmbuhan dan perkembangan janin agar kelak dapat lahir dengan sehat dan sempurna. Serta ibu juga tetap berada dalam kondisi yang sehat hingga waktu melahirkan.

Pemilihan makanan selama kehamilan tentu didasarkan pada kandungan yang ada pada makanan tersebut. Makanan yang akan dikonsumsi harus memiliki kandungan gizi yang beragam sangat dianjurkan, sebab akan menjaga kesehatan ibu dan bayi baik selama kehamilan hingga melahirkan.

Oleh karena itu, konsumsi makanan yang dipilih harus dapat memberikan kecukupan zat gizi di setiap harinya. Apel fuji menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi di masa kehamilan.

Kandungan zat gizi yang cukup beragam menjadikan buah ini dianjurkan sebagai salah satu makanan dalam pemenuhan zat gizi utamanya vitamin dan mineral bagi ibu dan bayi. 

Ibu hamil perlu asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Nutrisi yang diterima ibu hamil juga akan menjadi asupan nutrisi bayi dalam kandungannya. Maka dari itu, asupan nutrisi ibu hamil harus ditunjang dengan pilihan makanan yang sehat. 

Apel fuji segar dan menyehatkan sangat cocok menjadi pilihan makanan untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Apa saja manfaat apel fuji untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

DAPATKAN APEL FUJI PREMIUM DI SESA.ID

Manfaat Apel Fuji untuk Ibu Hamil

Kandungan zat gizi yang terkandung dalam apel fuji tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi saat dalam kandungan. Berikut beberapa manfaat yang dapat ibu dapatkan saat mengonsumsi apel fuji.

1. Mencegah Dampak Buruk Zat Berbahaya dalam Tubuh

Penyebab janin cacat saat lahir salah satunya karena kerusakan bawaan terhadap DNA. Polusi, radikal bebas dan zat kimia dalam makanan yang dikonsumsi ibu hamil bisa menjadi pemicu kerusakaan DNA pada janin. 

Manfaat apel fuji untuk ibu hamil dan bayi sangat banyak karena kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dan vitamin lengkap pada apel ikut bekerja dalam memaksimalkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang terjaga dengan baik membantu penyerapan nutrisi makanan dan mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh.

apel fuji sunmoon

Apel Fuji Sunmoon

2. Sumber Protein Alami

Ibu hamil dan bayi dalam kandungan memerlukan asupan protein yang cukup. Protein berperan penting membantu sel-sel dalam tubuh saling terhubung dengan baik. Protein juga diperlukan dalam proses perkembangan janin dalam pembentukan otot. 

Mengonsumsi buah apel fuji yang kaya protein akan memberikan rasa kenyang lebih lama pada ibu hamil. Jika dibandingkan makanan manis yang tinggi kandungan gula, tentu apel merupakan pilihan yang jauh lebih baik dan menyehatkan.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Memilih makanan saat masa kehamilan jadi hal yang butuh perhatian lebih. Ibu hamil seringkali mengalami kehilangan nafsu makan. Hal ini bisa disebabkan karena perubahan hormon atau morning sickness. 

Banyak makanan yang enak justru dilarang saat masa kehamilan. Cita rasa apel yang segar akan membantu mengembalikan nafsu makan dan mencegah rasa mual pada ibu hamil. Ibu hamil tetap bisa menikmati rasa apel fuji yang enak dan nutrisi untuk bayi dalam kandungan tetap terjaga. 

 

manfaat apel fuji untuk ibu hamil

Apel Fuji

4. Mencegah Preeklamsia

Preeklamsia merupakan kondisi tekanan darah ibu saat hamil berada diatas nilai normal dan disertai proteinuria atau kondisi urin mengandung protein. Preeklamsi yang tidak segera ditangani dapat menjadi eklamsi yang memiliki gejala ekejang-kejang dan meningkatkan risiko kematian ibu saat melahirkan. 

Biasanya preeklampsia dialami oleh ibu hamil pada usia di atas 40 tahun atau di bawah 20 tahun. Mengatasi preeklampsia dengan menjaga daya tahan tubuh ibu hamil dan mengontrol tekanan darah. Konsumsi apel fuji yang mengandung kalium dapat menurunkan risiko preeklamsia pada ibu hamil. Ibu hamil dianjurkan menghindari makanan penyebab darah tinggi dan hindari pemicu stres.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Imunnitas menjadi hal wajib yang harus diperhatikan ibu ketika hamil. Peningkatan imunitas selama masa kehamilan bertujuan untuk menjaga kondisi ibu dan bayi tetap sehat. Menjaga imunitas dapat dilakukan dengan mengonsumsi apel fuji karena mengandung tinggi vitamin C dan antioksidan.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin c dan antioksidan sangat berpengaruruh terhadap pembentukan imunitas atau daya tahan yang baik.

Nah, dengan imunitas yang terjaga ibu dan bayi akan memiliki kondisi kesehatan yang stabil dan hal ini juga dapat membantu untuk mempercepat proses penyembuhan apabila sudah terpapar penyakit.

6. Mencegah Anemia

Anemia dimasa kehamilan berkaitan dengan rendahnya kadar zat besi dalam tubuh. Padahal zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Ibu hamil memiliki peningkatan risiko tinggi terkena anemia loh.

Oleh karena itu, untuk mencegah kondisi kekurangan zat besi, ibu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi salah satu contohnya yakni apel fuji. Kandungan zat besi pada apel fuji.

Apel fuji

Apel Fuji Premium

7. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Apel fuji memiliki kandungan serat yang cukup banyak terlebih saat ibu mengosumsi dengan kulitnya. Serat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Serat yang dimiliki apel yaitu termasuk jenis serat tidak larut air, serat ini sangat bermanfaat untuk mencegah ibu dari sembelit. Selain itu Apel mengandung  pectin yang merupakan prebiotik yang bermanfaat unutk bakteri baik di usus.

8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Apel mengandung mineral kalsium yang penting untuk membantu perkembangan bayi dan kesehatan ibu. Hal itu berkaitan dengan peran kalsium yang membantu dalam pembentukan tulang, gigi dan juga saraf bayi yang dikandunng.

Selain itu, kalsium juga berguna untuk kesehatan ibu untuk menguatkan tulang selama kehamilan. Apabila pemenuhan kalsium tidak maksimal ibu dapat memiliki risiko terkena osteoporosis saat lansia.

9. Mencegah dan Mengatasi Kram Otot

Apel memiliki kandung mineral yang beragam seperti kalsium, kalium dan magensium. Mineral ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi kram yang sering dialami ibu saat hamil. Kram pada kehamilan umumnya disebabkan adanya perubahan hormon, peningkatan berat badan dan asupan mineral yang masih kurang.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi ibu mencukupi kebutuhan mineral selama kehamilan. Salah sat sumber mineral yang dapat dikomsumsi yakni buah apel fuji yang memiliki berbagai kandungan mineral. 

10. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Keseimbangan cairna khususnya pada volume darah di masa kehamilan meningkat sebanyak 45%. Berkaitan dengan hal tersebut, ibu perlu meningkatkan asupan cairan dan mineral seperti kalium, untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Akibat yang ditimbulkan apabila keseimbangan cairan tidak terjaga yakni dehidrasi atau kekurangan cairan maupun penumpukan cairan.

Konsumsi buah seperi apel fuji merupakan sumber mineral kalium dan mengandung air yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, konsumsi apel fuji dapat menjadi pilihan tepat selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan mineral. 

11. Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Buah apel fuji ternnyata mengandung vitamin B9 atau lebih dikenal dengan asam folat. Asam folat memiliki peranan yang sangat penting di masa kehamilan. Peran penting dari asam folat yakni membantu mencegah cacat lahir terutama pada perkembanganotak dan saraf bayi seperti, spina bifida dan anensefali.

Konsumsi apel fuji dapat membantu ibu saat hamil dalam memenuhi kebutuhan asam folat harian. Dengan tercukupinya asupan folat selama kehamilan, akan membantu pembetukan kecerdasaan anak dan perkembangan saraf yang optimal pula. 

Buah apel fuji ternyata memiliki kandungan zat gizi yang sangat bermanfaat bagi ibu saat hamil. Manfaat tersebut bukan hanya dirasakan oleh ibu, melainkan juga untuk perkembangan bayi yang tengah dikandung.

Apel Fuji RRC

Marengo, Katherine. 2020. 7 Nitritious Fruits You’ll Want to Eat During Pragnancy. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat#hydration [7 Januari 2022]

Mukhija, Megha. 2018. Eating Apples During Pregnancy. https://parenting.firstcry.com/articles/eating-apple-during-pregnancy-health-benefits-and-more/ [7 Januari 2022]

Nugroho, T., 2012. Patologi Kebidanan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Purwaningtyas, M.L. and Prameswari, G.N., 2017. Faktor kejadian anemia pada ibu hamil. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development)1(3), pp.43-54.

Sikumbang, N.E.S., 2016. Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Pentingnya Asam Folat Dalam Kehamilan. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda2(1), pp.1-7.

sumber gambar:

pexels.com

sesa.id